10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro

10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro - Hobi menikmati traveling bagi sebagian orang adalah hobi yang sangat menyenangkan. Dari berbagai tujuan traveling, JawaTimur adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata, begitu banyak pilihan tempat wisata menarik Jawa Timur yang bisa anda kunjungi. Tentunya untuk mengunjungi berbagai tempat wisata dibutuhkan sebuah perencanaan yang matang, termasuk persiapan bekal, dan dan waktu yang cukup. Salah satu daerah yang bisa menjadi pertimbangan untuk dikunjungi adalah Kabupaten Bojonegoro, yang memiliki berbagai ragam pilihan wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata alam.

Kabupaten Bojonegoro adalah salah satu daerah di bagian utara Jawa Timur, di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tuban, dengan Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Nganjuk di sebelah selatan, dan dengan Kabupaten Blora di sebelah barat.

Menarik sekali mengikuti perkembangan informasi traveling, dan informasi tempat wisata Bojonegoro ini juga pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat acara pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, meskipun pernah disampaikan, namun informasi ini masih sangat relevan menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata di Bojonegoro.

10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro

Berikut beberapa destinasi wisata di Bojonegoro yang bisa dikunjungi, antara lain:
  1. Kayangan Api.
  2. Dander Water Park.
  3. Waduk Pacal.
  4. Teksas Wonocolo.
  5. Negeri Atas Angin.
  6. Alun-alun Bojonegoro.
  7. Go Fun Theme Park.
  8. Wisata Air Growgoland.
  9. Desa Wisata Mojodeso.
  10. Wisata Edukasi Gerabah Rendeng Malo.

1. Kayangan Api.

Kayangan Api adalah sebuah wisata alam dengan daya tarik utamanya adalah api abadi, disebut api abadi karena nyala apinya tidak pernah padam sejak zaman dahulu. Bahkan berdasarkan informasi, api ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit.

Kayangan Api;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Kayangan Api (Sumber gambar: wisatabojonegoro.com)
Wisata Api Abadi ini berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Secara penelitian ilmiah, api abadi ini timbul dikarenakan terdapat gas alam, dan gas alam ini terkena nyala api, karena banyaknya gas tersebut, membuat nyala api tidak pernah padam dan semakin membesar apada sore dan malam hari.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Lamongan.

Di tempat wisata ini anda juga akan menjumpai sebuah sumur tua dengan kedalaman dua meter, air di dalam sumur ini pun tidak pernah kering dan selalu muncul dalam keadaan mendidih dengan bunyi “blekutuk”, sehingga sumur ini dinamakan “Sumur Blukutuk”.

2. Dander Water Park.

Wana Tirta Wisata Dander Park atau biasa disebut dengan Dander Water Park adalah sebuah tempat wisata di Bojonegoro yang berada di Jalan Alang-alang Kemangi, Kelurahan Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro. Konsep tempat wisata ini adalah taman bermain air atau “water park and outbond”.

Dander Water Park;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Dander Water Park (Sumber gambar: wisatabojonegoro.com)
Selain memberikan wahana permainan air, di temat ini juga terdapat taman bunga yang indah dan juga dipenuhi dengan banyak pohon besar dan rindang, membuat nyaman saat bersantai bersama keluarga.

3. Waduk Pacal.

Waduk Pacal menjadi salah satu pilihan menikmati wisata di Bojonegoro, tempat wisata yang berlokasi di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro ini, memberikan sebuah tempat wisata sederhana di Bojonegoro. Waduk Pacal sebenarnya adalah peninggalan Belanda yang sudah ada sejak tahun 1933, waduk ini salah satu bangunan besar yang masih berfungsi sampai saat ini.

Waduk Pacal;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Waduk Pacal (Sumber gambar: ihategreenjello.com)
Selain keindahan pemandangan alam yang ada disekitar waduk, kemegahan dan kokohnya bangunan waduk peninggalan Belanda dan air yang melimpah, serta hutanjati menjadi daya tarik tersendiri Waduk Pacal ini.

4. Teksas Wonocolo.
Teksas Wonocolo adalah sebuah daerah penambangan minyak yang dilakukan secara tradisional.  Teksas sendiri adalah singkatan dari “Tekad Selalu Aman dan Sejahtera”, yang berada di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Bojonegoro. Wonocolo atau sering disebut dengan Teksas Wonocolo adalah daerah yang telah dipilih sebagai Geosite dalam Petroleum Geoheritage Bojonegoro, karena di daerah ini terdapat batu-batuan yang telah mewikili system petroleum dan juga adanya pengambilan minyak secara tradisional di sumur peninggalan Zaman Belanda.

Teksas Wonocolo;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Teksas Wonocolo (Sumber gambar: genpi.co)
Keunikan penambangan minyak ini adalah proses pengambilannya yang dilakukan secara tradisional dengan mesin mobil, menggunakan rig-rig dari kayu jati. Saat ini Teksas Wonocolo juga menjadi sebuah wisata edukasi dan juga terdapat rumah singgah yang menjadi sebuah learning center tentang minyak dan cara melakukan eksploitasi di Wonocolo.

5. Negeri Atas Angin.
Siapa yang mengira kalau Bojonegoro memiliki keindahan alam yang luar biasa, salah satunya dalah Negeri di Atas Angin, yang berada di Desa Deling, Kecamatan Sekar, Bojonegoro. Tempat wisata ini menjadi salah satu wisata favorit karena banyak memiliki spot yang indah.

Negeri di Atas Angin;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Negeri di Atas Angin (Sumber gambar: desabisa.com)
Bahkan berdasarkan cerita masyarakat, di atas bukit tersebut, yaitu Bukit Cinta, menjadi tempat bertemunya Dewi Sekar Sari dan Raden Ata, satu sepasang kekasih yang dipertemukan saat pelarian ketika terjadi perang pada jaman Kerajaan Pajang dan Kerajaan Mataram.

6. Alun-alun Bojonegoro.
Berbicara tentang keindahan tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro, maka Alun-alun Bojonegoro, sangat sayang kalau dilewatkan. Di alun-alun ini terdapat wisata yang disebut dengan Wisata Ngadem. Disebut wisata ngadem, karena di alun-alun ini anda akan mendapatkan suasana yang nyaman ditambah dengan udaranya yang sejuk, apalagi terdapat taman dengan bunga yang segar akan membuat hati terasa tenang.

Alun-alun Bojonegoro;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Alun-alun Bojonegoro (Sumber gambar: jurnaba.co)
Sebagai tempat wisata yang diperuntukkan masyarakat, tentunya banyak sekali fasilitas yang bisa digunakan secara gratis, seperti Wi-Fi gratis dan menikmati bersantai di Alun-alun Bojonegoro ini.

7. Go Fun Theme Park.
Satu lagi tempat wisata di Bojonegoro yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu “Go Fun Theme Park” yang berlokasi di Jalan Veteran Jambean, Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Bagi anda yang datang bersama keluarga, tidak ada salahnya mencoba menikmati wisata Go Fun Bojonegoro, karean tempat wisata ini adalah sebuah konsep wisata tematik yang menyediakan berbagai atraksi dan wahana menarik didalamnya.

Go Fun Theme Park;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Go Fun Theme Park (Sumber gambar: travelspromo.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Gresik.

Terdapat banyak wahana pilihan didalamnya, seperti Bom bom car, beruang madu, hamppy disco dan masih banyak wahana permainan lainnya. Selain itu juga terdapat berbagai pilihan games, kolam renang dan juga berbagai pilihan wisata belanja.

8. Wisata Air Growgoland.
Bojonegoro menjadi sebuah daerah yang memiliki wisata yang lengkap, dan Wisata Air Growgoland menjadi sebuah pilihan menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata ini berada di Dusun Grogolan, Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro. Dengan sungainya yang jernih dan pepohonan yang rindang akan membuat anda menikmati keindahan wisata di tempat wisata ini.

Wisata Air Growgoland;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Wisata Air Growgoland (Sumber gambar: kanalbojonegoro.com)
Daya tarik wisata air ini terletak pada sumber air Growgoland yang masih jernih, ditambah lagi, meskipun musim kemarau sumber mata air disini tetap besar dan jernih.

9. Desa Wisata Mojodeso.
Sebagai daerah yang memiliki banyak pilihan wisata, maka desa edukasi, yaitu Desa Wisata Mojodeso, wajib untuk dikunjungi. Wisata edukasi ini berada di Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Bojonegoro. Sebagai tempat pilihan wisata edukasi, maka tempat ini memberikan pilihan wisata utama, berupa edukasi dan wisata kuliner yang tentunya akan memuaskan para pengunjung akan dunia kuliner.

Desa Wisata Mojodeso;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Desa Wisata Mojodeso (Sumber gambar: wisatabojonegoro.com)
Di tempat ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan, misalnya pada pagi hari, para pengunjung akan diajak bersepeda untuk menikmati udara segar dan juga belajar tentang pengelolaan lingkungan, seperti melihat daur ulang sampah, proses membuat biopori, dan yang menarik adalah belajar melukis topeng.

10. Wisata Edukasi Gerabah Rendeng Malo.
Selain wisata eduksi Desa Wisata Mojodeso, masoh ada satu lagi “Wisata Edukasi Gerabah Rendeng Malo”, yang berlokasi di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Bojonegoro. Sesuai dengan nama wisatanya, maka yang diunggulkan di teMpat wisata ini adalah proses edukasi dalam pembuatan gerabah yang menjadi ciri khas tempat wisata ini.

Wisata Edukasi Gerabah Rendeng Malo;10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro;
Wisata Edukasi Gerabah Rendeng Malo (Sumber gambar: surabaya.tribunnews.com)
Menarik sekali membicarakan destinasi wisata di Jawa Timur. Semoga informasi “10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro”  ini bermanfaat untuk anda dan menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati traveling di Kabupaten Bojonegoro.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "10 Top Destinasi Wisata Bojonegoro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel