10 Top Destinasi Wisata Gresik

10 Top Destinasi Wisata Gresik - Nama kabupaten ini sangat sering disebut dengan kota industri dan saat ini juga mulai banyak berbenah, khususnya disisi pariwisatanya. Gresik sendiri sebenarnya memiliki banyak obyek wisata yang bisa dikembangkan, dan dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan media sosial, semakin banyak orang yang mengetahui bahwa Gresik memiliki berbagai obyek wisata menarik, seperti wisata religi, wisata sejarah, wisata budaya dan juga wisata kuliner.

Gresik adalah salah satu daerah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kota Surabaya dan juga Selat Madura di sebelah timur, disebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, di sebelah utara dengan Laut Jawa, dan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto dibagian selatan.

Destinasi wisata di Gresik saat ini sudah sangat menarik, dan tidak kalah dengan daerah lainnya, bahkan 10 destinasi wisata Gresik, juga pernah disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun jangan khawatir, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi destinasi wisata ini masih sangat relevan sebagai referensi untuk anda yang ingin berwisata ke Gresik.

10 Top Destinasi Wisata Gresik

Beikut 10 destinasi wisata pilihan di Gresik yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Pantai Kerrong.
  2. Taman Rusa Bawean.
  3. Gili Noko.
  4. Kastoba.
  5. Tanjung Ga’ang.
  6. Bukit Surowiti.
  7. Pantai Delegan.
  8. Mengare.
  9. Wisata Alam Gosari.
  10. Bukit Jamur.

1. Pantai Kerrong.

Gresik semakin berbenah dan mulai mengembangkan berbagai tempat didaerahnya yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Salah satunya adalah Pantai Kerrong yang berlokasi di Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Keindahan pantai dengan batu cadasnya menjadikan pantai yang ada di Pulau Bawean ini memiliki daya tarik  tersendiri.

Pantai Kerrong;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Pantai Kerrong (Sumber gambar: jawapos.com)
Pesonan keindahan panorama di Pantai Kerrong apalagi saat menjelang matahari terbenam telah memikat para traveler yang sengaja datang untuk menikmati keindahan pantai ini. Berdasarkan informasi, Pantai Kerrong memiliki luas 45 hektar, dan saat ini juga sedang dalam proses pembangunan beberapa infrastruktur seperti penangkaran penyu, kolam air asin dan juga waterboom.

2. Taman Rusa Bawean.

Pulau Bawean adalah salah satu pulau yang masuk sebagai bagian dari daerah Kabupaten Gresik, yang terletak di kawasan Laut Jawa,. Di Pulau Bawean juga hidup satwa endemic, yaitu Rusa Bawean (Axis Kuhlil), yang dilindungi. Rusa Bawean adalah rusa dari habitat asli Pulau Bawean.

Rusa Bawean;Taman Rusa Bawean;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Rusa Bawean (Sumber gambar: disparbud.gresikkab.go.id) 
Bahkan anda bisa melihat rusa yang sengaja ditangkarkan di penangkaran rusa Bawean di Desa Pudakit Timur, Kecamatan Sangkapura, Bawean. Penangkaran ini berada di kaki Gunung Gadung dengan luas 4 hektar.

3. Gili Noko.

Gili Noko adalah sebuah pulau dan pantai yang berada di sebelah barat Pulau Gili. Pantainya hampir menyerupai sebuah pulau kecil dan berada di tengah-tengah laut dengan hamparan pasir putih yang indah.  Pulau Gili Noko adalah hamparan pasir putih yang membentang sekitar 600 meter dan lebar 25  meter.

Gili Noko;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Gili Noko  (Sumber gambar: instagram.com/pulaubawean.id)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Surabaya.

Posisi Gili Noko ini bersebelahan dengan Pulau GiliTimur, apabila anda ingin menuju ke Pulau Gili Noko, anda bisa menggunakan perahu saat air pasang atau bisa berjalan kaki dari Pulau Gili bila air sudah surut.

4. Kastoba.
Ada yang menarik di Pulau Bawean, yaitu sebuah Danau dengan luas 725 hektar yang berada di tengah Pulau Bawean, “Danau Kastoba” berada di Dusun Candi, Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik. Danau ini menjadi icon wisata favorit di Pulau Bawean dan juga menjadi pembatas Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak.

Danau Kastoba;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Danau Kastoba (Sumber gambar: ksmtour.com)
Yang unik, terdapat pohon raksasa yang sudah berumur ratusan tahun di Danau Kastoba ini. Selain itu Danau Kastoba juga memiliki pemandangan yang indah dengan airnya yang bening.

5. Tanjung Ga’ang.
Satu lagi tempat wisata menarik di Pulau Bawean, yaitu Tanjung Ga’ang yang berlokasi di Dusun Somor-somor, Kelurahan Kumasa, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik. Tanjung Gaang menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi dengan keindahaannya yang luar biasa.

Tanjung Ga’ang;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Tanjung Ga’ang (Sumber gambar: facebook.com/Infojelajahjawatimur/ - foto by Topik Medic Baduy)
Daya tarik Tanjung Gaang terletak pada bukit karangnya yang indah, ditambah lagi, bukit yang berada di Tanjung Gaang juga mengandung batu marmer sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

6. Bukit Surowiti.
Satu lagi tempat wisata menarik di Gresik, yaitu Bukit Surowiti, yang merupakan salah satu obyek wisata reliji di Gresik dan terletak di Desa Surowiti, Panceng, Gresik. Di bukit ini juga merupakan tempat dimakamkannya Mpu Suna dan Raden Bagus Mataram. Selain itu yang menarik adalah Bukit Surowiti pernah menjadi petilasan pertapaan Sunan Kalijaga.

Bukit Surowiti;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Bukit Surowiti (Sumber gambar: timurjawa.com)
Selain bisa mendapatkan informasi tentang sejarah, di Bukit Surowiti anda juga bisa menikmati keindahan dan pesona pemandangan Bukit Suriwoti yang indah. Terdapat banyak spot foto bagus dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat pas untuk berswafoto.

7. Pantai Delegan.
Sebagai daerah yang juga berada di pesisir utara, tentunya Gresik juga memiliki wisata pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Delegan, yang berada di Rejodadi, Delegan, Campurejo, Panceng, Gresik. Sebagai salah satu pantai favorit di Gresik, pantai ini memiliki ombak yang tenang, dan dulu juga dikenal sebagai tempat bermain anak-anak karena memiliki pasir berwarna putih.

Pantai Delegan;10 Top Destinasi Wisata Gresik
Pantai Delegan (Sumber gambar: travelspromo.com)
Sebagai pantai yang menjadi destinasi wisata khususnya keluarga tentunya hal inilah yang menjadi daya tarik sebuah tempat wisata, yaitu tempat wisata yang ramah untuk anak. Di pantai ini, anak-anak bisa bermain pasir, membuat istana pasir dan juga berenang di bibir pantai.

8. Mengare.
Satu lagi tujuan wisata di Gresik, yang disebut dengan Mengare. Mengare sebenarnya adalah sebutan untuk sebuah pulau, yang berlokasi di Desa Watu Agung, Kecamatan Bungah, Gresik. Di pulau ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan, seperti menyusuri sungai, laut dan hutan mangrove.

Mengare;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Mengare (Sumber gambar: mytrip.co.id)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo.

Untuk menarik para wisatawan agar tertarik datang ke Gresik, maka dibuatlah sebuah destinasi khusus untuk menarik para wisatawan yang disebut dengan Exotic Mengere. Exotic Mengare menjadi sebuah destinasi wisata yang lengkap, karena di tempat wisata ini terdapat berbagai pilihan wisata seperti wisata sejarah, wisata alam, wisata pantai dan juga wisata kuliner.

9. Wisata Alam Gosari.
Wisata alam sepertinya mulai menjamur di berbagai daerah, begitu juga di Gresik. Di Gresik juga terdapat “Wisata Alam Gosari” atau yang disingkat dengan “WAGOS”, yang berada di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Wisata alam ini memiliki banyak spot foto yang menarik, sehingga tidak heran kalau WAGOS menjadi tempat wisata hits bagi warga Gresik.

Wisata Alam Gosari;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Wisata Alam Gosari (Sumber gambar: disparbud.gresikkab.go.id)
Dengan kondisinya yang masih sangat alami, ditambah banyaknya pepohonan hijau dan rindang menjadikan suasananya menjadi sangat nyaman. Terdapat berbagai spot foto yang cocok untuk anda apalagi untuk anda yang hobi berswafoto, seperti rumah hobit, rumah kerucut, dan juga spot foto lainnya.

10. Bukit Jamur.
Satu lagi tempat wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan, yaitu spot wisata baru yang unik, “Bukit Jamur” yang berlokasi di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik. Bukit Jamur sendiri sebenarnya adalah bebatuan yang terbentuk karena pengikisan, disebut Bukit Jamur karena bentuknya yang menyerupai tumbuhan jamur yang berdiri dengan kokoh.

Bukit Jamur;10 Top Destinasi Wisata Gresik;
Bukit Jamur (Sumber gambar: dakatour.com)
Sebenarnya dahulu, Bukit Jamur bukanlah sebuah tempat wisata, namun merupakan bekas proyek penambangan kapur yang telah lama ditinggal. Sebagai tempat wisata, tentunya banyak aktifitas yang bisa dilakukan selain bisa menikmati suasana dan berswafoto.

Tentunya sangat menarik membicarakan tempat wisata di suatu daerah, dan semoga informasi “10 Top Destinasi Wisata Gresik” ini bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referesni untuk anda yang ingin menikmati wisata Gresik.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel