10 Top Destinasi Wisata Surabaya

Surabaya, sebuah ibukota dari Propinsi Jawa Timur yang memiliki berbagai destinasi wisata pilihan untuk dinikmati. Apalagi kedudukannya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta menjadikan kota ini memiliki berbagai tempat wisata modern yang bisa dikunjungi. Banyak sekali tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan, mulai dari wisata mall, wisata sejarah, wisata budaya bahkan wisata kuliner, semua tersaji lengkap di Kota Surabaya. 10 top destinasi wisata Surabaya sengaja mengulas sedikit tempat wisata yang bisa anda kunjungi.

Surabaya memiliki banyak obyek wisata alternative yang menarik selain mall atau pusat perbelanjaan. Banyak taman kota yang disulap menjadi tempat hiburan menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga, teman atau sahabat. Dengan berbagai macam pilihan tempat wisata menjadikan Kota Surabaya tidak pernah berhenti dikunjugi oleh para wisatawan, meskipun hanya sekedar bernostalgia dengan Kota Surabaya.

Informasi 10 tempat wisata di Surabaya ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur dalam rangka pelepasan mudik bersama Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun jangan khawatir, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, tempat wisata ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi destinasi wisata di Surabaya.

10 Top Destinasi Wisata Surabaya

Terdapat 10 destinasi wisata di Surabaya, yang bisa dikunjungi, anatara lain:
  1. Taman Harmoni Keputih.
  2. Museum Sampoerna.
  3. Museum Surabaya.
  4. Masjid Al-Akbar.
  5. Kebun Binatang Surabaya.
  6. Monumen Kapal Selam.
  7. Tugu Pahlawan.
  8. Suroboyo Carnival Park.
  9. Taman Bungkul.
  10. Kenjeran Park.

1. Taman Harmoni Keputih.

Sejak Bu Risma menjabat sebagai Walikota Surabaya, banyak sekali perkembangan yang menarik apalagi dengan dibangunnya berbagai taman di Surabaya, yang menjadikan Kota Surabaya menjadi lebih asri. Salah satu taman yang bisa menjadi alternative wisata di akhir pekan adalah Taman Harmoni, yang berlokasi di Jalan Keputih Tegal Timur II No. 249, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya. Taman ini menjadi salah satu taman hits di Surabaya yang sering dikunjungi warga Kota Surabaya untuk menikmati santai, khususnya pada libur akhir pekan.

Taman Harmoni;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Taman Harmoni (Sumber gambar: instagram.com/lovesuroboyo/)
Taman Harmoni memiliki banyak spot instagrammable yang sangat pas untuk anda yang memiliki hobi selfi atau berswafoto. Selain spot menarik, di taman ini juga terdapat aneka permainan yang pas untuk anda yang membawa anak kecil.

2. Museum Sampoerna.

Museum Sampoerna atau disebut juga dengan House of Sampoerna menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Museum ini berada di Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Pabean Cantikan, Surabaya. Sebenarnya House of Sampoerna adalah komplek rumah pemilik perusahaan rokok Sampoerna yang sangat terkenal di Indonesia.

Museum Sampoerna ;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Museum Sampoerna (Sumber gambar: phinemo.com)
Museum Sampoerna dibuka secara gratis sejak tahun 2003, untuk anda yang ingin mengetahui sejarah perusahaan rokok Sampoerna  yang dirintis oleh Mr. Liem. Di museum ini terdapat banyak koleksi foto, beserta artikel, lukisan dan juga benda kuno lainnya yang merupakan peninggalan perusahaan rokok Sampoerna.

3. Museum Surabaya.

Surabaya memiliki berbagai museum yang menceritakan kisah tentang Surabaya, salah satunya adalah Museum Surabaya yang berlokasi di Jalan Tunjungan No. 1, Genteng, Surabaya. Museum Surabaya dulunya adalah Gedung Siola yang pernah menjadi saksi bisu perang kemerdekaan, dan pernah menjadi pusat perkulakan terbesar di Kota Surabaya.

Museum Surabaya;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Museum Surabaya (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Tuban.

Dengan bergantinya era, pada tahun 2015 Museum Surabaya Siola sudah menjadi destinasi wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah.

4. Masjid Al-Akbar.
Destinasi wisata di Kota Surabaya sangat lengkap, bahkan Surabaya juga memiliki wisata religi, yaitu Masjid Nasional Al – Akbar, yang berlokasi di Jalan Masjid Al Akbar Timur No. 1, Kecamatan Pagesangan, Surabaya. Sebagai salah satu wisata religi dan juga menjadi tempat ibadah umat muslim, masjid ini selalu ramai dikunungi, baik pada hari biasa maupun saat hari libur.

Masjid Nasional Al – Akbar;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Masjid Nasional Al – Akbar (Sumber gambar: gomuslim.co.id)
Berdiri sejak 4 Agustus 1995, dan berdiri di atas lahan 22.300 meter persegi. Masjid ini menjadi kebanggaan warga Kota Surabaya dan masyarakat Jawa Timur, sungguh sayang bila anda sampai di Kota Surabayan, namun belum singgah di masjid ini.

5. Kebun Binatang Surabaya.
Satu lagi tempat wisata legendaris di Kota Surabaya yang sayang kalau dilewatkan, yaitu Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang berlokasi di Jalan Setail No. 1, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Tempat wisata ini menjadi tujuan wisata paling sederhana yang bisa anda kunjungi, dengan berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya, berarti anda telah melakaakn beberapa aktivitas wisata dalam satu lokasi, yaitu wisata edukasi, wisata alam dan juga bersantai dengan keluarga. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau menjadikan KBS menjadi tujuan utama untuk berwisata dengan keluarga.

Kebun Binatang Surabaya;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Kebun Binatang Surabaya (Sumber gambar: instagram.com/surabayatourism/)
Selain menikmati informasi tentang flora dan fauna yang ada di Kebun Binatang Surabaya, anda juga bisa memberikan kesenangan untuk putra dan putri anda, karena di KBS juga sudah disediakan berbagai wahana, seperti wahana kidz zoo, wahana kereta unta, tunggang gajah dan banyak sekali wahana  dan aktifitas yang bisa dilakukan di Kebun Binatang Surabaya.

6. Monumen Kapal Selam.
Selain berbagai tempat wisata menarik di atas, masih ada satu lagi yang menarik perhatian, yatu Moumen Kapal Selam atau lebih sering disebut dengan singkatan “Monkasel”, yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 39, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya. Maksud dibangunnya Monkasel adalah untuk menujukkan bukti bahwa Surabaya memiliki kekuatan maritim yang hebat.

Moumen Kapal Selam;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
KRI Pasopati 410 di Monumen Kapal Selam Surabaya. Foto: Gmap/Dieta Singarimbun
Kapal selam yang dipergunakan sebagai monumen ini adalah salah satu armada Divisi Timur yang merupakan KRI Pasopati 410, yang merupakan tipe SS Whiskey Class, yang bertugas di Angkatan Laut sejak 29 Januari 1962.

7. Tugu Pahlawan.
Kota Surabaya adalah kota Pahlawan, yang tentunya memiliki kisah sejarah yang luar biasa, Tugu Pahlawan menjadi monument kebanggaan warga Kota Surabaya yang sengaja dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang dilakukan antara pemuda Surabaya (Arek Suroboyo) melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang akan menjajah kembali Indonesia.

Tugu Pahlawan;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Tugu Pahlawan (Sumber gambar: ksmtour.com)
Monumen yang berdiri di tengah kota dan berada di Jalan Pahlawan Surabaya, menjadi salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan, yang berdiri di atas tanah lapang dengan luas 1,3 hektar di Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya.

8. Suroboyo Carnival Park.
Satu lagi tempat wisata yang bisa anda nikmati di malam hari, yaitu Suroboyo Carnival Park, yang berlokasi di Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No. 333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya. Sebagai sebuah tempat wisata alternative, tempat wisata ini memberikan berbagai wahana pilihan yang beraneka ragam.

Suroboyo Carnival Park;10 Top Destinasi Wisata Surabaya
Suroboyo Carnival Park (Sumber gambar: traveloka.com)
Terdapat banyak pilihan wahana permainan yang disediakan, sekitar 50 wahana permainan mulai dari gondola, blueshake, cinema 4 dimensi dan berbagai wahana pilihan lainnya.

9. Taman Bungkul.
Surabaya adalah surganya taman, diantara taman legendaris yang selalu menjadi tujuan warga Kota Surabaya adalah Taman Bungkul, yaitu sebuah taman yang berada di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Taman ini adalah sebuah ruang terbuka hijau yang berada di tengah Kota Surabaya.

Taman Bungkul;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Taman Bungkul (Sumber gambar: gotripina.com)
Nama Taman Bungkul sendiri berasal dari nama Bungkul yang merupakan tokoh berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Surabaya, yaitu Ki Ageng Supo atau sering disebut dengan gelarnya Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Nganjuk.

Tidak hanya keindahan tamannya yang menarik, di Taman Bungkul juga terdapat berbagai fasilitas menarik yang disediakan, seperti amphitheater, jogging track, dan juga playground area. Selain menikmati keindahan taman, anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada disekitar taman.

10. Kenjeran Park.
Satu lagi tempat wisata yang harus anda kunjungi, yaitu sebuah kawasan wisata yang berada di daerah Kenjeran, yaitu Kenjeran Park, yang berlokasi di Jalan Sukolilo, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Surabaya. Terdapat beberapa spot wisata yang bisa dinikmati di area Kenjeran park, yaitu Kwasan Kenpark, Waterpark dan Atlantis Land.

Kenjeran Park;10 Top Destinasi Wisata Surabaya;
Kenjeran Park (Sumber gambar: nativeindonesia.com)
Sebagai sebuah kawasan wisata, yang menarik ditempat ini adalah banyaknya spot foto menarik, dan juga terdapat tempat peribadatan umat Budha dan Konghucu, yaitu Pagoda Tian Ti, Patung Budha Empat Wajah, Patung Dewi Kwan Im dan juga Klenteng Sanggar Agung.

Menarik sekali membicarakan tentang 10 top destinasi wisata Surabaya, terlebih masih banyak lagi destinasi wisata pilihan selain 10 tempat tersebut yang bisa menjadi referensi anda untuk menikmati wisata di Surabaya.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel