10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo

10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo - Traveling masih menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tentunya banyak sekali daerah di Jawa Timur yang bisa menjadi tujuan untuk menikmati traveling, dan yang menarik, setiap daerah pasti memiliki daya tarik sendiri-sendiri yang membuat pecinta traveling tertarik untuk datang menikmati keseruan wisata di daerah tersebut. Kali ini Kabupaten Sidoarjo menjadi tujuan menikmati traveling, dan tentu saja Sidoarjo memiliki banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan juga wisata kuliner.

Satu yang sangat diingat tentang Sidoarjo adalah bencana alam yang menimpa Sidoarjo yaitu bencana Lumpur Lapindo yang sangat dahsyat yang sampai sekarang tidak bisa dihentikan efek semburannya, yang mengakibatkan banyak pemukiman warga, area pertanian dan juga kawasan industri di tiga kecamatan menjadi tenggelam. Terlepas dari itu semua, Sidoarjo masih memiliki daya tarik tersendiri yang membuat para traveler dan juga para pecinta kuliner rela datang untuk menikmati keunikan Sidoarjo.

Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang memiliki sejuta pesona menakjubkan dan masih banyak wisata tersembunyi yang masih bisa dikembangkan. Dari sekian banyak tempat wisata, untuk sementara hanya diambil 10 destinasi wisata, hal ini juga didasarkan atas informasi yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun meskipun informasi ini sudah disampaikan bebrapa tahun kemarin, namun jangan khawatir, informasi ini masih sangat relevan sebagai referensi traveling anda ke Sidoarjo.

10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo

Berikut 10 tujuan wisata di Sidoarjo, yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Museum Mpu Tantular
  2. Kawasan Ekowisata Tlocor – Pulau Lusi
  3. Tambak Ikan Kalanganyar.
  4. Delta Fishing.
  5. Lumpur Sidoarjo.
  6. Kawasan Religi Mbah Ali Mas’ud.
  7. Candi Pari dan Sumur.
  8. Makam Dewi Sekardadu.
  9. Teluk Permisan.
  10. Riverside Mangrove Porong – Selat.

1. Museum Mpu Tantular.

Museum Mpu Tantular menjadi salah satu museum yang bisa dikunjungi, museum ini berada di Jalan Buduran atau di sebelah barat jembatan layang, Sidoarjo. Sebelumnya museum ini berada di Jalan Taman Mayangkara No. 6 Surabaya, yang saat ini menjadi Gedung Perpustakaan Bank Indonesia. Banyak hal yang bisa dilakukan di museum ini selain berwisata, yaitu mendapatkan informasi sajarah, karena terdapat banyak koleksi etnografi, seperti koleksi emas, biologi, geologi, numismati dan juga seni rupa.

Museum Mpu Tantular:10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Museum Mpu Tantular (Sumber gambar: wisesatravel.com)
Selain berbagai koleksi tersebut, terdapat juga koleksi benda purbakala mulai dari zaman Paleolithicum dan juga Neolithicum, seperti brbagai fosil gading gajah, tengkorak manusia purba dan fosil lainnya.

2. Kawasan Ekowisata Tlocor – Pulau Lusi

Sebagai daerah yang disebut dengan kota udang, tidak banyak yang tahu kalau Sidoarjo juga memiliki pula sendiri yang disebut dengan “Pulau Lusi”. Pulau Lusi memiliki sejarah dengan terjadinya Lumpur Lapindo. Berdasarkan informasi, pulau ini terbentuk karena endapan di aliran sungai yang mengarah ke laut lepas dan aliran ini membawa material dari Lumpur Lapindo.

Pulau Lusi;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Pulau Lusi (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Untuk menuju Pulau Lusi, anda harus menaiki kapal dari Kawasan Ekowisata Tlocor. Untuk mengunjungi Pulau Lusi, sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

3. Tambak Ikan Kalanganyar.

Satu lagi daerah yang harus dikunjungi yaitu “Tambak Ikan Kalanganyar” yang berada di Desa Kalanganyar, Sidorajo. Kalanganyar sendiri adalah sebuah desa penghasil ikan bandeng, terasi, udang windu dan juga olahan ikan bandeng dan juga krupuk. Selain itu, Kalanganyar juga terkenal memiliki pariwisata pemancingan.

Tambak Ikan Kalanganyar;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Tambak Ikan Kalanganyar (Sumber gambar: potret-pariwisata.blogspot.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Surabaya.

Selain kolam pancing, yang terkenal dari Kalanganyar adalah ikan bandeng yang dihasilkannya terkenal sangat gurih dan memiliki rasa paling enak di banding ikan bandeng di seluruh wilayah Sidoarjo.

4. Delta Fishing.
Anda hobi memancing? Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang hobi memancing, yaitu Delta Fishing, yang berlokasi di Jalan Mbah Sholeh No. 1, Prasungtambak, Prasung, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Sebagai wisata keluarga, obyek wisata ini tidak pernah sepi dari pengunjung, selain itu obyek wisata ini memiliki suasana dan pemandangan alam yang alami dan sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga.

Delta Fishing;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo
Delta Fishing (Sumber gambar: datawisata.com)
Sebagai tempat pemancingan, obyek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu para pengunjung bisa menikmati ikan hasil tangkapan para pemancing yang dimasak dengan dibakar atau pun digoreng. Selain itu Delta Fishing memiliki fasilitas kolam renang dan wahana permainan untuk anak.

5. Lumpur Sidoarjo.
Lumpur Sidoarjo atau yang lebih dikenal dengan Lumpur Lapindo adalah sebuah daerah yang berada di Desa Ketapang, Kecamatan Tangulangin, Sidoarjo. Dengan berkembangnya waktu, lumpur ini menjadi sebuah tempat yang digunakan sebagi tempat wisata yang saat ini mulai ramai dikunjungi para wisatawan baik hari biasa atau pada hari libur.

Lumpur Sidoarjol:10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Lumpur Sidoarjo (Sumber gambar: qureta.com)
Di Lumpur Lapindo ini anda juga bisa melihat puluhan patung unik yang sangat mirip dengan orang yang tenggelam dalam kubangan lumpur, yang menjadikan daya tarik tersendiri, seolah menjadi tanda kesedihan atas bencana lumpur ini.

6. Kawasan Religi Mbah Ali Mas’ud.
Mbah Ali Mas’ud adalah seorang tokoh agama yang memiliki jasa sangat besar yang membantu masyarakat yang sedang tertimpa masalah. Mbah Ali Mas’ud atau sering dipanggil dengan Mbah ‘Ud adalah seorang Kyai yang memiliki nama lengkap Kyai Ali Mas’ud yang sangat populer di antara warga masyarakat Sidoarjo dan Gresik Utara, khususnya daerah Manyar, Bunga dan Sedayu.

Kawasan Religi Mbah Ali Mas’ud;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Kawasan Religi Mbah Ali Mas’ud (Sumber gambar: jawapos.com)
Kawasan Religi Mbah Ali Mas’ud ini berada di pemakaman umum Desa Pagerwojo, Jalan KH. Ali Mas’ud No. 20 RT.9 RW. 03, Prapatan, Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo.

7. Candi Pari dan Candi Sumur.
Candi Pari dan Candi Sumur merupakan dua candi di Sidoarjo yang menjadi wisata sejarah andalan di Sidoarjo. Kedua candi ini terletak di Jalan Purbakala, Porong, Candipari Kulon, Desa Candipari, Kecamatan Porong, Sidorajo. Candi Pari andalah candi yang dibangun tahun 1371 Masehi di masa Raja Hayam Wuruk. Di sebelah selatannya terdapat Candi Sumur, berdasarkan informasi, kedua candi ini dibangun dalam waktu yang bersamaan.

Candi Pari ;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Candi Pari (Sumber gambar: sanjayatour.com)
Ada yang menyebut, Candi Pari sebagai candi lanang dan Candi Sumur sebagi candi wedok. Yang menarik, di Candi Pari terdapat kolam renang Candi Pari, anda bisa mencoba berenang untuk anda yang hobi berenang.

8. Makam Dewi Sekardadu.
Sidoarjo selain memiliki berbagai tempat wisata pilihan, juga memiliki wisata religi, salah satu diantaranya adalah “Makam Dewi Sekardadu”. Makam ini sering disebut degan Pesarean Putri Ayu Dewi Sekardadu. Tempat wisata religi ini berada di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Sidoarjo. Putri Ayu Dewi Sekardadu adalah putri dari Prabu Menak Sembuyu, Raja Kerajaan Blambangan, Banyuwangi pada abad ke-14.

Makam Dewi Sekardadu;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Makam Dewi Sekardadu (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Pasuruan.

Tempat wisata religi ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, baik hari biasa maupun hari libur. Makam Dewi Sekardadu ini memang berbeda dengan tempat wisata religi lainnya, di tempat ini, makam Dewi Sekardadu masih dikelilingi hutan mangrove, tambak ikan payau yang mengelilingi area makam sekitar 100 m2.

9. Teluk Permisan.
Teluk Permisan adalah sebuah teluk yang berbatasan langsung dengan Selat Madura. Di teluk ini merupakan tempat para nelayan mencari ikan. Teluk Permisan memiliki pemdangan dan panorama yang indah, sangat pas untuk anda yang ingin menikmati suasana laut dengan suasana teluk.

Teluk Permisan;10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo;
Teluk Permisan (Sumber gambar: instagram.com/rivanhendri)

10. Riverside Mangrove Porong – Selat.
Mangrove adalah tumbuhan yang banyak hidup disekitar pantai dan biasanya dekat dengan muara sungai. Tumbuhan mangrove sendiri memiliki banyak manfaat seperti mencegah abrasi dan intrusi air laut. Salah satu keberadaan mangrove dan juga menjadi tempat wisata di Sidoarjo adalah “Riverside Mangrove Porong

Riverside Mangrove Porong;
Riverside Mangrove Porong (Sumber gambar: kompas.id)
Riverisde Mangrove ini menjadi sebuah destinasi wisata populer yang harus anda kunjungi saat menikmari wisata ke Sidoarjo.

Berbicara tentang traveling memang tidak ada habisnya, begitu banyak tujuan traveling yang bisa dituju. Semoga “10 Top Destinasi Wisata Sidoarjo” ini bisa memberikan ide tujuan traveling yang akan anda lakukan di Sidoarjo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel