10 Top Destinasi Wisata Sumenep

10 Top Destinasi Wisata Sumenep - Menikmati wisata di Pulau Madura menjadi sebuah keseruan tersendiri. Pulau Madura ternyata menyimpan kekayaan wisata yang luar biasa, mulai dari wisata religi, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata alam. Dan diantara kabupaten yang ada di Pulau Madura yang memiliki destinasi wisata menarik adalah Kabupaten Sumenep. Daerah ini menyimpan pesona dan panorama alam yang luar biasa, dan sangat banyak yang belum dieksplore.

Kabupaten Sumenep adalah kabupaten yag berada di ujung timur dari Pulau Madura, yang menarik, Sumenep memiliki berbagai pulau yang tersebar dengan jumlah sekitar 126 pulau dan hanya 48 pulau saja yang sudah dihuni. Dengan luas wilayah yang mencapai 2.093 kilometer persegi, kabupaten ini menjadi daerah di Pulau Madura yang paling luas.

Informasi 10 tempat wisata kali ini, didasarkan atas informasi dari Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun jangan khawatir, meskipun sudah pernah disampaikan, informasi ini masih sangat relevan untuk menjadi referensi wisata bagi anda yang berencana menikmati wisata di Kabupaten Sumenep.

10 Top Destinasi Wisata Sumenep

Berikut tempat wisata menarik di Kabupaten Sumenep yang bisa menjadi tujuan traveling, sebagai berikut:
  1. Pantai Sembilan 
  2. Gili Labak
  3. Pantai Lombang.
  4. Boekit Tinggi.
  5. Goa Soekarno.
  6. Gili Iyang.
  7. Museum Keraton Sumenep.
  8. Kampung Kasur Pasir.
  9. Tectona.
  10. Wisata Keris Aeng Tong-Tong.

1. Pantai Sembilan  

Pantai Sembilan menjadi tujuan awal bahasan traveling kali ini, pantai ini berada di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep. Keindahan pantai ini sudah menyihir para pecinta traveling untuk datang menikmati keindahan Pantai Sembilan. Pada awalnya nama pantai ini adalah Pantai Bringsang, setelah dilakukan foto udara ternyata bentuk pantai menyerupai dengan angka sembilan, akhirnya secara perlahan, pantai ini lebih popular disebut dengan Pantai Sembilan.

Pantai Sembilan;10 Top Destinasi Wisata Sumenep
Pantai Sembilan (Sumber gambar: genpi.id - gambar:Sukma Pamungkas)
Dahulu Pantai Sembilan adalah pelabuhan kecil tempat bersandarnya perahu penyeberangan yang menghubungkan Pulau Genting dengan pulau diseberangnya. Sesuai dengan namanya, daya tarik pantai ini terletak pada bentuknya yang menyerupai angka sembilan, apalagi dengan pasirnya yang berwarna putih dan deburan ombak yang tenang yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

2. Gili Labak.

Sumenep memang daerah yang memiliki banyak wisata pantai yang indah, dan salah satunya adalah Gili Labak, yang berlokasi di Jalan Pulau Gili Labak, Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Gili Labak sendiri adalah sebuah pulau kecil di Sumenep yang memiliki panorama pantai dan laut yang sangat indah. Apalagi dengan pasir putih yang indah dan lautnya yang berwarna biru jernih dan juga bersih.

Gili Labak;10 Top Destinasi Wisata Sumenep
Gili Labak (Sumber gambar: instagram.com/exploremadura/)
Dulunya pulau ini dinamakan Pulau Tikus karena menjadi sarang tikus, namun sejak dikelola secara profesional namanya berubah menjadi Gili Labak, selain itu juga untuk menyesuaikan penyebutan sesuai dengan budaya masyarakat Madura. Terdapat beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan disini, seperti menikmati keindahan Pulau Gili Labak, menjelajahi pantai, bermain ATV, berenang atau melakukan hob snorkeling.

3. Pantai Lombang.

Pantai Lombang, menjadi salah satu tujuan wisata pantai selanjutnya di Sumenep, yang berlokasi di Desa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep. Keindahan Pantai Lombang menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat favorit yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan, baik masyarakat Madura sendiri maupun wisatawan mancanegara. Deretan cemara udang yang tumbuh disepanjang pesisir pantai memberikan keindahan dan juga kesan tersendiri saat duduk menikmati keindahan pantai.

Pantai Lombang;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Pantai Lombang (Sumber gambar: instagram.com/irvansyah87) 
Selain bisa menikmati keindahan pantai, anda pun bisa menikmati pantai dengan berenang dan juga ber-snorkeling untuk menikmati keindahan pesona bawah laut Pantai Lombang.

4. Boekit Tinggi.
Selain wisata pantai, Kabupaten Sumenep juga mempunyai wisata alam lainnya, yaitu Boekit Tinggi Daramista, yang berlokasi di Desa Daramista, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep. Bukit ini menjadi salah satu obyek wisata yang sedang hits terutama di kalangan anak muda, selain karena keindahannya, juga banyaknya spot menarik untuk berfoto.

Boekit Tinggi Daramista;10 Top Destinasi Wisata Sumenep
Boekit Tinggi Daramista (Sumber gambar: dakatour.com) 
Meskipun untuk mencapai tempat wisata ini harus ditempuh dengan pengorbanan dan rasa capek yang luar biasa, namun perjuangan tersebut akan terbayarkan saat sudah mencapai puncak bukit dengan melihat keindahan pemandangan di atas Boekit Tinggi Dramista.

5. Goa Soekarno.
Satu lagi wisata alam di Sumenep yang terhitung masih baru, yaitu Gua Soekarno, yang berlokasi di Dusun Benteng Utara, Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep. Pada awalnya gua ini adalah gua biasa yang ditumbuhi semak belukar dan tidak terawat, dengan kejelian dari Kelompok Sadar Wisata Desa Panaongan yang mampu menyulap gua ini menjadi sebuah gua yang memiliki daya tarik tersendiri.

Gua Soekarno;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Gua Soekarno (Sumber gambar: lensahukum.co.id) 
Terdapat banyak cerita yang beredar atas asal usul nama Goa Soekarno, ada yang menyebut dulu Mantan Presiden Soekarno pernah tinggal sementara di gua ini hal ini dibuktikan dengan adanya foto Pak Karno di goa ini pada saat awal mula ditemukan, namun ada pula yang menyebut, nama Goa Soekarno diberikan, karena dulunya ada musafir (Kyai Sukardi) yang menetap di gua tersebut dan begitu mengidolakan Presiden Soekarno, hal ini terlihatdari banyaknya gambar Pak Karno di gua tersebut, hal inilah yang membuat gua ini disebut Goa Soekarno.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Bangkalan.

Keindahan gua, apalagi dengan hiasan lampu warna warni memberi kesan eksotis, dan juga terdapat berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung gua, dengan dibangunnya café di dalam gua yang menyediakan berbagai makanan dan minuman bagi para pengunjung.

6. Gili Iyang.
Satu lagi pulau indah di Kabupaten Sumenep yang sangat pas untuk dikunjungi, yaitu Gili Iyang, yang berlokasi di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Pulau yang berjarak 28 kilometer dari Sumenep ini disebut-sebut sebagai “pulau awet muda”,hal ini disebabkan di Pulau Gili Iyang, anda bisa menemukan penduduk yang berusia seratus tahun bahkan lebih, sehingga anda akan merasa awet muda saat berada di pulau ini.

Gili Iyang;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Gili Iyang (Sumber gambar: traveloka.com) 
Alasan masih banyaknya penduduk di Gili Iyang yang berusia panjang, hal ini disebabkan pulau ini mengandung kandungan oksigen yang sangat banyak di udara, dengan kadar oksigen mencapai 20%, tertinggi kedua setelah Jordania (Informasi dari Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jawa Timur).

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Populer di Madura.

Tingginya kadar oksigen di Gili Iyang disebabkan masih banyaknya pohon rindang yang tumbuh subur dan tidak banyak kendaraan bermotor yang ada di Gili Iyang. Dengan kenyamanan yang bisa anda dapatkan di Gili Iyang, anda pun bisa menikmati berbagai aktivitas, seperti bersantai di pantai, bermain di pantai, atau menyelam di lautan biru.

7. Museum Keraton Sumenep.
Selain berbagai wisata alam yang bisa dikunjungi, Sumenep juga memiliki wisata sejarah yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Museum Keraton Sumenep, yang berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No. 6, Lingkungan Delama, Pejagalan, Kabupaten Sumenep. Tempat yang dulunya adalah Istana Keraton Sumenep yang dibangun tahun 1672, saat Pemerintahan Tumenggung Arya Noto Kusumo I, kini menjadi saksi bisu sejarah Kerajaan Sumenep.

Museum Keraton Sumenep;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Museum Keraton Sumenep (Sumber gambar: instagram.com/exploremadura/) 
Didalam museum terdapat banyak benda unik peninggalan Kerajaan Sumenep, seperti piring ajaib atau magic rower, Al Quran raksasa, dan berbagai peninggalan kerajaan yang bisa anda jumpai di museum ini.

8. Kampung Kasur Pasir.
Wisata unik menjadi sebutan untuk tempat wisata ini, Kampung Kasur Pasir, berada di Desa Legung Timur, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep. Berbicara tentang unik, maka terdapat kebiasaaan unik yang dimiliki masyarakat di kampung ini, kebiasaan unik ini adalah masyarakatnya yang terbiasa tidur di atas kasur pasir. Kebiasaan ini juga terdapat di desa lainnya yaitu di Desa Legung Barat dan Desa Dapenda.

Kampung Kasur Pasir;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Kampung Kasur Pasir (Sumber gambar: faktualnews.co) 
Bagi masyarakat Desa Legung Timur, kenikmatan tidur hanya bisa dirasakan saat tidur terlentang di hamparan pasir.  Tidur di atas hamparan pasir ini sudah menjadi tradisi turun temurun. Yang unik, pasir yang digunakan sebagai kasur adalah pasir yang diambil di sekitar Pantai Lombang ini tidak lengket di kulit meskipun dalam keadaan basah.

9. Tectona.
Satu lagi tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Taman Tectona, sebuah taman yang saat ini menjadi favorit masyarakat Sumenep untuk menghabiskan waktu di hari libur yang berlokasi di Desa Torbang, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep.

Taman Tectona;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Taman Tectona (Sumber gambar: mediamadura.com) 
Terdapat banyak wahana yang disediakan oleh pengelola, seperti miniatur Ka’bah, panggung selfi, jembatan rumah pohon, pendopo khas Madura, wahana play ground, kursi gantung, fasilitas outbond, dan juga kolam renang untuk anak.

10. Wisata Keris Aeng Tong-Tong.
Selain wisata alam, wisata religi dan wisata budaya, satu lagi yang harus anda kunjungi yaitu Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Desa wisata ini adalah desa yang mampu mempertahankan warisan leluhur sebagai daerah pengrajin keris, bahkan tidak hanya itu saja, desa ini juga mampu mengembangkan desanya menjadi sebuah wisata budaya.

Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong;10 Top Destinasi Wisata Sumenep;
Desa Wisata Keris Aeng Tong Tong (Sumber gambar: beritagar.id) 
Pengrajin keris di Kabupaten Sumenep sebanyak 640 orang mayoritas berasal dari Desa Aeng Tong  Tong. Hal inilah yang menjadikan desa wisata ini mampu mempertahankan warisan leluhur, bahkan tidak hanya dari orang tua, yang menarik para kaum muda juga sudah belajar dan menjadi generasi pengrajin keris.

Luar biasa, hanya kata ini yang bisa diucapkan melihat berbagai wisata di Kabupaten Sumenep. Semoga informasi “10 Top Destinasi Wisata Sumenep” ini bisa menjadi referensi terbaik untuk anda yang ingin menikmati traveling di Kabupaten Sumenep.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel