Top 10 Kuliner Ponorogo

Top 10 Kuliner Ponorogo - Ponorogo menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan wisata seni budayanya yagg kuat dan Reog menjadi salah satu kesenian yang terkenal sampai mancanegara. Meskipun terkenal akan seni budayanya, Ponorogo memiliki kekayaan kuliner yang menjadi daya tarik tersendiri dengan ciri khasnya yang lezat serta memikat para pecinta kuliner untuk datang menikmati sajian kuliner khas Ponorogo. Sebagai daerah yang dekat dengan Jawa Tengah tentu saja kulinernya banyak dipengaruhi masakan khas gurih manis, namun dengan cita rasa tersebut menjadikan kuliner Ponorogo memiliki cita rasa berbeda dan unik.

Kuliner Ponorogo memang tidak setenar daerah lain, namun jangan salah, kuliner Ponorogo memiliki rasa yang boleh diadu dengan kuliner daerah lain. Bahkan terdapat satu tempat kuliner yang juga menjadi langganan mantan Presiden Susuilo Bambang Yudhoyono dan juga Presiden Joko Widodo. Salah satu diantaranya yang sangat terkenal adalah kenikmatan kuliner sate yang ada di Ponorogo.

Informasi 10 top kuliner Ponorogo ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun meskipun pernah disampaikan, tempat dan jenis kuliner yang disampaikan bisa menjadi referensi saat anda berkunjung ke Ponorogo.

Top 10 Kuliner Ponorogo

Ini dia 10 top kuliner Ponorogo, antara lain:
  1. Sate Ayam Pak Tukri Sobikun.
  2. Rumah Makan Joglo Manis.
  3. Warung Sate Ayam Ponorogo.
  4. Istana Lesehan.
  5. Mbok Mingkem.
  6. Sate Kopok Pasar Wage Jetis.
  7. Dawet Jabung Bu Sumini.
  8. Gethuk Golan.
  9. Rumah Makan Lesehan Tirto.
  10. Sego Gegok.

1. Sate Ayam Pak Tukri Sobikun.

Kuliner yang satu ini menjadi kuliner fenomenal dan harus dikunjungi, yaitu “Sate Ayam Pak Tukri Sobikun” yang merupakan sate tertua di Ponorogo yang sudah ada sejak tahun 1970, yang berlokasi di Jalan kawu Gang 1 No. 43, Ponorogo atau 500 meter dari Pasar Legi Songgolangit.

Sate Ayam Pak Tukri Sobikun;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Sate Ayam Pak Tukri Sobikun (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Meskipun saat ini dipegang oleh anak-anak Pak Tukri, namun cita rasa sate ini tidak berubah. Keunikan kuliner sate Pak Tukri terletak pada potongan daging yang besar-besar ditambah dengan bumbu khas untuk membakar sate yang merupakan resep turun temurun keluarga.

Baca juga: 10 Top Kuliner Blitar.

Kenikmatan sate ayam Pak Tukri terletak pada proses pembakarannya yang dilakukan dua kali, pembakaran pertama dilakukan untuk memutihkan atau membakar sate agar setengah matang, baru kemudian dicelup gula atau bumbu yang telah disiapkan, baru kemudian dibakar lagi, dicelup dan dibakar lagi, baru disajikan.

2. Rumah Makan Joglo Manis.

Diantara tempat kuliner yang sering direkomendsaikan oleh para pecinta kuliner adalah “Rumah Makan Joglo Manis” yang menyediakan berbagai menu kuliner khas Jawa dengan suasana Jawa klasik. Bahkan kalau anda berkunjung ke Ponorogo bersama rombongan, anda bisa memilih kulier dalam bentuk prasmanan atau bisa memilih sesuai dengan daftar menu yang telah disediakan.

Rumah Makan Joglo Manis;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Rumah Makan Joglo Manis (Sumber gambar: wiwikpw.blogspot.com)
Rumah makan ini berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 52, Bangunsari, Ponorogo dan buka mulai pukul 10 pagi sampai jam 9 malam, namun biasanya lebih ramai di malam hari.

3. Warung Sate Ayam Ponorogo.

Ponorogo memang terkenal dengan sate ayamnya yang lezat, bumbu khasnya membuat para pecinta kuliner rela untuk datang ke kota ini. Salah satu diantaranya adalah Warung Sate Ayam Lego, yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan No. 53A Lantai LG Ponorogo. Yang membedakan dengan warung sate yam lainnya adalah warung ini memiliki tempat yang kekinian, dan nyaman apabila berkunjung dengan keluarga karena tempatnya yang luas.

Warung Sate Ayam Ponorogo.;Top 10 Kuliner Ponorogo
Warung Sate Ayam Ponorogo (Sumber gambar: kuliner-khas-ponorogo-sate-ayam-lego.business.site)
Sama halnya dengan sate ayam khas Ponorogo lainnya, di warung sate ayam Lego ini daging ayamnya dipotong denga cara disayat tipis dan memanjang seperti fillet. Dan proses memasaknya yang berbeda dengan sate ayam dari daerah lain, membuat sate ayam khas Ponorogo lebih nikmat dan gurih.

4. Istana Lesehan.
Satu lagi tempat kuliner yang cocok untuk menikmati kuliner khas Ponorogo bersama keluarga, yaitu “Istana Lesehan” yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda, Ponorogo atau di depan POM Bensin Jeruksing, Timur Samsat Ponorogo. Hal yang menarik adalah suasana tempat kuliner dibuat dengan konsep suasana pedesaan, membuat menikmati kuliner bersama keluarga bertambah menyenangkan.

Istana Lesehan;Top 10 Kuliner Ponorogo
Istana Lesehan (Sumber gambar: wedangjahe1212.blogspot.com)
Menu yang sangat populer di Istana Lesehan adalah ayam bakar, iga sapi bakar dan ikan gurami bakar yang diolah dengan bumbu dan sajian kuliner khas Ponorogo.

5. Mbok Mingkem.
Ponorogo selain memiliki kuliner khas yang bisa menarik perhatian para pecinta kuliner, juga memiliki tempat kuliner yang bisa menyajikan sajian nikmat khas Ponorogo, salah satunya adalah “Mbok Mingkem”, yang berlokasi di Jalan Kumbokarno No. 3 Ponorogo.

Mbok Mingkem;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Mbok Mingkem (Sumber gambar: tripadvisor.co.id)
Yang menarik, semua menu yang disajikan adalah menu khas Jawa  dengan rasa yang enak dan pedas. Menu andalan yang bisa menjadi pilihan adalah bebek goreng, bebek bakar, bebek belur, ayam setan, ayam goreng, ayam bakar, nila acar, nila bakar, dan jangan lupa sambalnya sangat lezat, terdapat banyak pilihan sambal, seperti sambal korek, sambal dabu-dabu, sambal berubuk, dan masih banyak pilihan sambal lainnya.

6. Sate Kopok Pasar Wage Jetis.
Berbicara  tentang sate, maka Ponorogo masih menjadi juaranya, dan sate unik yang harus dicoba adalah “Sate Kopok Pasar Wage Jetis” , untuk mendapatkannya anda bisa ke Pasar Wage, kecamatan Jetis, Ponorogo. Berbeda dengan sate ayam khas Ponorogo, maka sate kopok adalah sate yang diberikan bumbu kental berwarna kekuningan dengan sedikit kuah kental.

Sate Kopok Pasar Wage Jetis;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Sate Kopok Pasar Wage Jetis (Sumber gambar: kompasiana.com)
Kopok sendiri dalam bahasa Jawa diartikan sebagai “lendir atau kotoran telinga”, mungkin inilah yang menyebabkan sate tersebut disebut sate kopiok, karena penampilan kuahnya yang mirip kotoran telinga. Untuk rasa, jangan ditanya, sate kopok memiliki rasa yang nikmat dan lezat.

7. Dawet Jabung Bu Sumini.
Selain ragam kuliner sate khas Ponorogo yang terkenal. Ponorogo memiliki sajian khas lainnya yang harus dicoba yaitu Dawet Jabung Bu Sumini, yang berada di Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Ponorogo atau dipertigaan Lampu Merah Desa Jabung. Yang unik adalah penyajian dawet ini yang disajikan dengan mangkok di atas piring kecil, dan pembeli hanya diperbolehkan mengambil mangkoknya saja.

Dawet Jabung Bu Sumini;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Dawet Jabung Bu Sumini (Sumber gambar: wanimbambung.blogspot.com)
Dawet Jabung buatan Bu Sumini dibuat dengan menggunakan bahan dari tepung aren, dan ditambah dengan cendol didalamnya yang berwarna putih yang lembut dan kenyal, baru kemudian dicampur dengan santan, gula merah, tape ketan hitam, gempol dan air garam.

8. Gethuk Golan.
Selain sajian kuliner khasnya, Ponorogo juga memiliki sajian cemilan legendaris yang bisa dicoba yaitu “Gethuk Golan”, yang merupakan sajian kuliner asli dari Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo. Rasa gethuk ini sangat nikmat, apalagi bahan gethuk tersebut sengaja khusus didatangkan dari Kecamatan Ngebel dan diolah secara tradisional. Dalam penyajiannya, gethuk ini disajkan bersama ketan, kelapa muda yang diparut, disiram dengan gula Jawa, menjadikan gethuk ini sangat nikmat dan menjadi sajian khas kuliner Ponorogo.

Gethuk Golan;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Gethuk Golan (Sumber gambar: matasingkal.blogspot.com)
Untuk mendapatkan sajian Gethuk Golan anda bisa mendapatkannya di Jalan Onggolono, RT. 05 RW. 02, Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo.

9. Rumah Makan Lesehan Tirto.
Berbicara tentang tempat kuliner, maka “Rumah Makan Lesehan Tirto” atau disebut juga dengan “Lesehan Tirto Wening” adalah salah satu tempat kuliner favorit yang bisa anda kunjungi saat berburu kuliner di Ponorogo, yang berlokasi di Jalan Sukarno Hatta No. 282, Banyudono, Ponorogo. Rumah makan ini memiliki menu favorit ikan bakar seperti gurami bakar, gurami asam krispy, ikan patin, ikan nila, dan juga disediakan menu iga bakar dan ayam bakar.

Rumah Makan Lesehan Tirto;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Rumah Makan Lesehan Tirto (Sumber gambar: loveusaha.com)
Yang menarik, untuk menjaga kesegaran makanan, semua menu makanan baru diolah saat anda sudah selesai memesan menu tersebut, untuk itu dibutuhkan kesabaran menunggu proses memasak makanan tersebut.

10. Sego Gegok.
Masih ingat sego kucing atau nasi kucing khas angkringan di Yogyakarta, maka Ponorogo memiliki menu kuliner khas seperti layaknya nasi kucing yang disebut dengan “Sego Gegok”. Sego Gegok ini sering disebut dengan “Go Gegok” yang merupakan singkatan dari Sego Genem Godhong Gedhang,  yang bisa anda dapatkan di Warung MPWG di Jalan Prajuritan, Kelurahan Tambakbayan, Ponorogo.

Sego Gegok;Top 10 Kuliner Ponorogo;
Sego Gegok (Sumber gambar: surabaya.tribunnews.com)
Sego Gegok adalah sajian khas kuliner Ponorogo yang terbuat dari bumbu bawang merah, cabai, bawang putih, dan rempah yang digiling menjadi satu. Setelab bumbu tersebut dihaluskan, baru di letakkan di atas nasi dan dicampur dengan lauk pilihan seperti ayam, udang, tempe, ikan dan lauk pilihan lainnya, baru di atasnya ditambahkan daun kemangi, yang kemudain dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama satu jam.

Baca juga: 10 Top Kuliner Banyuwangi.

Kuliner khas Ponorogo yang beraneka ragam merupakan kekayaan budaya dan kuliner yang menjadi ciri khas Ponorogo, semoga informasi “Top 10 Kuliner Ponorogo” tersebut bermanfaat untuk anda dan menjadi referensi yang ingin menjelajah kuliner khas Ponorogo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel