10 Top Destinasi Wisata Banyuwangi

10 Top Destinasi Wisata Banyuwangi - Traveling memang menyenangkan, selain bisa menjadi sebuah hobi, sarana untuk bersantai dan menyegarkan pikiran setelah seminggu beraktivitas dengan rutinitas yang selalu dihadapi, maka traveling bisa menjadi alat untuk merefresh pikiran. Jawa Timur sebagai daerah yang memiliki berbagai banyak tempat wisata tentunya memiiki daerah yang masih alami dan bahkan sebagian didominasi dengan wisata alam, salah satu daerah yang bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi adalah Banyuwangi. Banyuwangi adalah pintu jalan darat menuju Baali, tentunya tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menikmati segala keindahan wisata yang ada di Banyuwangi.

Banyuwangi sebagai daerah yang berada di ujung timur Propinsi Jawa Timur memiliki berbagai spot wisata yang luar biasa, dan keindahannya tidak kalah dengan Bali, mulai dari gunung, pantai sampai savana yang dimilikinya memiliki keindahan yang mengagumkan. “The Sunrise of Java” menjadi sebutan luar biasa untuk Banyuwangi, bagaimana tidak, keindahan pantai yang berpasir putih, gunung dengan keindahan kawahnya, air terjun, bahkan aneka ragam budaya yang dimilikinya menjadikan Banyuwangi sebagai daerah yang harus dikunjungi.

Informasi 10 top tujuan wisata Banyuwangi ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan Mudik Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun yang menarik, meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relefan untuk menjadi referensi tujuan wisata Banyuwangi.

Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi

Terdapat 10 tujuan wisata Banyuwangi yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Kawah Ijen.
  2. Pantai Sukamade.
  3. Pantai Pulau Merah.
  4. Jawatan Benculuk.
  5. Taman Nasional Alas Purwo.
  6. Pantai Teluk Hijau.
  7. Air Terjun Kalibendo.
  8. Pantai Watu Dodol.
  9. Pantai Wedi Ireng.
  10. Pantai Boom.

1. Kawah Ijen.

Siapa yang tidak kenal dengan obyek wisata yang satu ini? “Wisata Kawah Ijen” adalah obyek wisata unggulan Banyuwangi yang sudah terkenal sampai ke mancanegara, ditambah lagi dengan adanya penetapan Gunung Ijen sebagai cagar biosfir oleh Unesco pada Maret 2016 menjadikan Ijen semakin dikenal di dunia.

Wisata Kawah Ijen;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Wisata Kawah Ijen (Sumber gambar: asliindonesia.net)
Kawasan Wisata Kawah Ijen merupakan daerah wisata yang masuk dalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang memiliki luas 2.560 hektare dan termasuk didalamnya hutan wisata dengan luas 92 hektar. Kawah Ijen ini berada di Puncak Gunung Ijen dan berada di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Malang.

Terdapat hal menarik tentang Kawah Ijen. Kawah ini sebenarnya adalah sebuah danau yang berada di atas Gunung Ijen yang terbentuk akibat letusan Gunung Ijen, sehingga membuat sebuah kawah yang dipenuhi air yang membentuk danau. Kawah Ijen apabila dilihat dari atas Gunung Ijen terlihat sangat indah dan berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat luar biasa indahnya.

2. Pantai Sukamade.

Banyuwangi memang salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi surga wisata alam, dan salah satu yang bisa dikunjungi adalah Pantai Sukamade, yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai Sukamade adalah pantai yangmerupakan tempat penangkaran penyu yang terkenal yang juga disebut dengan Pantai Penyu Sukamade, yang juga berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Sukamade;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Pantai Sukamade (Sumber gambar: Instagram.com/hamba_tours/)
Pantai Sukamade adalah habitat tempat penyu raksasa yang tergolong langka untuk bertelur, selain itu, di tempat ini juga merupakan penetasan semi alami untuk menetaskan telur-telur penyu yang dikumpulkan oleh petugas. Yang menarik adalah di Pantai Sukamade ini merupakan habitat alami tempat bertelurnya 4 jenis penyu, yaitu penyu hijau, penyu lekang, penyu sisik, dan penyu belimbing.

3. Pantai Pulau Merah.

Satu lagi wisata alam yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu Pantai Pulau Merah, yang berlokasi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini sekarang sudah menjadi wisata favorit wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, selain lingkungannya yang indah dan bersih, juga ombaknya sangat bersahabat sehingga menjadi satu tempat surfing terbaik di Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Pantai Pulau Merah (Sumber gambar: alampriangan.com)
Yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Pulau Merah adalah keindahan pemandangan matahari, yang sangat indah saat matahari terbit dan juga saat matahari tenggelam. Hal inilah yang paling ditunggu oleh para wisatawaan yang sengaja datang menikmati keindahan Pantai Pulau Merah.

4. Jawatan Benculuk.
Banyuwangi memang surganya tempat wisata, dan tempat yang satu ini menjadi tempat yang pas untuk anda yang ingin menikmati keindahan wisata berikut menyalurkan hobi fotografi anda, yaitu “Jawatan Benculuk”, yang berlokasi di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Dulu tempat ini adalah bangunan tua yang digunakan sebagai tempat untuk mengelola kereta api, karena aktivitas tersebut berhenti maka tempat tersebut beralih fungsi menjadi objek wisata.

Jawatan Benculuk;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Jawatan Benculuk (Sumber gambar: dakatour.com)
Jawatan Benculuk menjadi sebuah tempat favorit karena memiliki pemnadangan yang indah dan udaranya yang sejuk. Bahkan banyak diantaranya yang sengaja menggunakan Jawatan Benculuk sebagai tempat untuk pengambilan foto, seperti foto prewedding.

5. Taman Nasional Alas Purwo.
Rasanya belum lengkap kalau menikmati kunjungan wisata ke Banyuwangi, belum menyempatkan kesalah satu wisata legendaris yaitu “Taman Nasional Alas Purwo”. Taman nasional ini memiliki luas 43.420 hektar, pada awalnya taman nasional ini bernama “Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan”, dan sejak tahun 1992 menjadi taman nasional yang masuk dalam dua wilayah kecamatan, yaitu Kecamatan Tegaldilimo dan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Taman Nasional Alas Purwo;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Taman Nasional Alas Purwo (Sumber gambar: id.pinterest.com)
Sebagai sebuah taman nasional, tempat ini menjadi tempat yang ideal untuk hidupnya berbagai flora dan fauna. Selain kekayaan flora, juga banyak sekali fauna yang hidup di hutan ini seperti mamalia, aves dan herpetofauna (reptil dan amfibi).

6. Pantai Teluk Hijau.
Menikmati wisata pantai sepertinya menjadi keharusan saat mengunjungi Banyuwangi, dan salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan yaitu “Pantai Teluk Hijau” yang berlokasi di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Daya tarik pantai ini terletak pada air lautnya yang berwarna hijau, warna hijau disebabkan adanya alga di dalam air yang memantulkan warna hijau di permukaan air laut.

Pantai Teluk Hijau;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi
Pantai Teluk Hijau (Sumber gambar: nativeindonesia.com)
Terdapat pesona lainnya yang membuat para wisatawan tertarik untuk datang ke pantai ini, yaitu pasirnya yang berwarna putih dengan tektur yang lembut, ditambah adanya air terjun dengan tinggi 8 meter yang berada di dekat pantai.

7. Air Terjun Kalibendo.
Bukan Banyuwangi namanya kalau tidak memberikan keindahan wisata alam, dan “Air Terjun Kalibendo” menjadi salah satu pesona indah di Banyuwangi yang tidak boleh dilewatkan. Air terjun ini terletak di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Berada di ketinggian 10 meter, wisata alam ini berada dalam kawasan Agrowisata Kalibendo, yang merupakan kawasan perkebunan karet, kopi dan cengkeh.

Air Terjun Kalibendo;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi
Air Terjun Kalibendo (Sumber gambar: labirutour.com)
Bagi anda pecinta kopi, maka suasana indah dan dibarengi kenikmatan menikmati kopi robusta menjadi satu hal nikmat yang tidak boleh dilewatkan. Di Pondok Robusta anda bisa menikmati keindahan alam bersama sejuknya alam ditemani sajian tradisional seperti singkong goreng, pisang goreng dan kue cucur yang sengaja disajikan untuk anda yang ingin menikmati sajian nikmat kopi Robusta khas Kalibendo.

8. Pantai Watu Dodol.
Satu lagi wisata pantai yang tidak boleh dilewatkan yaitu, “Wisata Pantai Watu Dodol” yang terletak di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi atau di By Pass Banyuwangi menuju Situbondo. Di pantai ini anda bisa menikmati keindahan panorama laut dan juga bisa meilihat suasana laut ditambah keindahan Patung Gandrung.

Wisata Pantai Watu Dodol
Wisata Pantai Watu Dodol (Sumber gambar: paketwisatabanyuwangi.id)
Terdapat hal unik di Pantai Watu Dodol ini, yaitu terdapat sumber air tawar, meskipun air pasang dan masuk ke sumber air ini, namun airnya tetap tidak asin. Terdapat kepercayaan bahwa air tawar yang keluar dari bebatuan tersebut bisa menyembuhkan segala penyakit. Oleh penduduk sekitar telah dibuat pembatas dari batu dan dibangun seperti sumur.

9. Pantai Wedi Ireng.
Wisata pantai sepertinya menjadi wisata andalan di Banyuwangi, begitu banyak pantai yang bisa dikunjungi, apalagi semuanya memiliki pesona keindahan yang membuat kita ingin menikmati keindahan alam tersebut. Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan yaitu “Pantai Wedi Ireng” , yang berlokasi di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Pesanggaran, Banyuwangi.

Pantai Wedi Ireng;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Pantai Wedi Ireng (Sumber gambar: Instagram.com/banyuwangiadventura/)
Pantai Wedi Ireng memiliki keindahan yang sangat alami dan pasirnya memiliki tiga warna dengan tekstur yang halus dan warna pasir yang kecoklatan. Daya tarik lainnya terletak pada keindahan air laut yang berwarna biru jernih.

10. Pantai Boom.
Pantai Boom sepertinya harus menjadi wisata pantai yang masuk dalam daftar kunjungan anda. Dulunya Pantai Boom adalah salah satu pelabuhan di Banyuwangi sebagai tempat bersinggahnya kapal yang akan mengangkut barang dari luar Pulau Jawa. Pantai Boom ini berlokasi di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi.

Pantai Boom;Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi;
Pantai Boom (Foto by:wisatakabupatenbanyuwangi)
Banyak aktivitas lain yang bisa anda lakukan selain menikmati keindahan Pantai Boom, seperti menyisiri pantai dengan naik kuda, dan juga menikmati wisata budaya yang sering dilakukan masyarakat setempat.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Lumajang.

Tertarik menikmati wisata di Banyuwangi? Semoga informasi “Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi”  tersebut di atas, bisa menjadi referensi terbaik untuk anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel