10 Top Destinasi Wisata Jember

10 Top Destinasi Wisata Jember - Ada yang menarik dengan traveling kali ini, Jember menjadi daya tarik untuk menikmati traveling meskipun saat ini masih new normal. Memang merebaknya pandemi virus Covid-19 masih mengancam kehidupan masyarakat, dan sejak digaungkannya new normal oleh Pemerintah, hal ini menyebabkan perubahan perilaku dan kebiasaan untuk selalu melakukan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan tetap menggunakan masker, meskipun beberapa tempat wisata mulai dibuka. Jember menjadi sebuah wilayah di Jawa Timur yang berada di daerah tapal kuda yang memiliki banyak wisata alam yang menarik perhatian pecinta traveling untuk bisa menikmati keindahan alam yang dimilikinya. Meskipun memiliki banyak tempat wisata, namun dalam bahasan kali ini hanya akan disampaikan beberapa saja yang nantinya bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata Jember.

Bagi anda yang baru menikmati hobi traveling dan mencoba mengunjungi beberapa daerah di Jawa Timur, pasti akan kagum dengan banyaknya tempat wisata Jember, yang kebetulan jarang sekali terekspose, meskipun terekspose namun hanya beberapa saja yang sering tampil di beberapa media. Di bagian selatan, Jember berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ditambah dengan keindahan pulau-pulau kecil menjadikan Jember kaya akan wisata laut. Di bagian tengah, terdapat deretan barisan Pegunungan Iyang, dan dibagian timur, Jember tersambung dengana deretan Pegunungan Ijen. Dan yang menarik, Jember memiliki wisata perkebunan, yang menyebabkan Jember menjadi daerah penghasil tembakau.

Informasi destinasi wisata Jember ini sebenarnya pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, namun meskipun pernah disampaikan tahun kemarin, informasi ini masih sangat relefan untuk anda yang ingin menikmati traveling di Jember.

Top 10 Destinasi Wisata Jember

Terdapat beberapa destinasi wisata di Jember yang bisa dikunjungi, antara lain:
  1. Kawasan Wisata Tanjung Papuma.
  2. TNMB – Bandealit Sukamade
  3. Kebun Teh Gunung Gambir.
  4. Museum Tembakau.
  5. Kopi Gumitir.
  6. Air Terjun Tancak.
  7. Bukit J88.
  8. Tanoker – Ledok Ombo.
  9. Kawasan Puger.
  10. Pabrik Cerutu Bin Cigarret.

1. Kawasan Wisata Tanjung Papuma.

Jember memang memiliki keindahan wisata pantai yang luar biasa, salah satunya adalah “Kawasan Wisata Tanjung Papuma”, keindahan panorama dan keunikannya mampu membuat wisatawan tertarik untuk selalu datang ke tempat wisata yang indah ini. Tanjung Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember.

Kawasan Wisata Tanjung Papuma;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Kawasan Wisata Tanjung Papuma (Sumber gambar: travel.kompas.com)
Sebagai wisata pantai legendaris di Jember, tidak banyak yang tahu asal nama Papuma, “Papuma” sendiri adalah singkatan dari “Pasir Putih Malikan”, selain itu singkatan ini untuk mempermudah penyebutan, sehingga Pantai Pasir Putih Malikan ini disebut sebagai Tanjung Papuma. Pantai ini memiliki pasir putih yag mengelilingi semenanjung yang menjorok ke laut. Letak pantai ini sangat menarik, dengan sisi pantai berada di sisi barat dan timur dari semenanjung dan satu pantai berada di balik pantai yang dipisahkan oleh bukit kecil.

2. TNMB – Bandealit Sukamade

TNMB – Bandealit Sukamade merupakan singkatan dari Taman Nasional Meru Betiri, dan yang  masuk daerah Jember adalah Bandealit Sukamade, yang menyimpan keindahan alam dan kekayan flora dan fauna yang sangat indah. Secara administratif taman naional ini masuk pada dua wilayah yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Namanya pun berasal dari dua gunung yang berada di dalam taman nasional ini yaitu Gunung Meri dan Gunung Betiri. Dalam taman nasional ini banyak sekali tanaman langka, seperti Balanphora Fungosa, bunga Raflesia Arnoldi, dan berbagai tumbuhan langka lainnya. Selain tumbuhan, bayak hewan langka yang bisa ditemukan disini, sepertti banteng, landak, dan sisa harimau Jawa kabarnya masih ada di hutan ini.

TNMB – Bandealit Sukamade ;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
TNMB – Bandealit Sukamade (Sumber gambar: gpswisataindonesia.info)
Hewan yang paling banyak menyita perhatian adalah penyu di Meru Betiri, dan beberapa penyu langka ditangkarkan di Pantai Sukamade di ujung timur Meru Betiri, yaitu penyu hijau, penyu lekang, penyu belimbing, dan penyu sisik. Selain keanekaragaman tumbuhan dan hewan dan keindahan Pantai Sukamade, Meru Betiri memiliki berbagai tempat indah yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Batu, Pantai Rajegwesi, Goa Jepang, dan berbagai tempat indah lainnya di Meru Betiri.

3. Kebun Teh Gunung Gambir.

Berkunjung ke Jember belum lengkap kalau belum melihat dan menikmati “Kebun Teh Gunung Gambir” yang berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Jember atau berada di lereng pegunungan Argopuro. Perkebunan teh ini memberikan sebuah pemandangan indah dengan hamparan hijau tanaman teh.

Kebun Teh Gunung Gambir;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Kebun Teh Gunung Gambir (Sumber gambar: nativeindonesia.com)
Baca juga: Top 10 Destinasi Wisata Banyuwangi.

Kebun Teh Gunung Gambir ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII dan teh tersebut sudah ditanam sejak tahun 1918, 1923 dan 1927. Dengan lokasinya yang berada di lereng Gunung Argopuro, tempat ini sangat pas untuk budidaya teh dan juga telah dikembangkan 8 jenis teh, yang dikenal dengan teh bir atau bir tea.

4. Museum Tembakau.
Sebagai daerah yang menjadi tempat budidaya tembakau, maka sangat wajar bila di Jember terdapat Museum Tembakau, yang berada di Jalan Kalimantan No. 1, Kecamatan Sumbersari, Jember. Lokasinya sangat mudah dijangkau yaitu bersebelahan dengan Kantor Pengadilan Negeri Jember dan Universitas Jember.

Museum Tembakau;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Museum Tembakau (Sumber gambar: travel.kompas.com)
Di dalam museum ini akan banyak dijumpai berbagai hiasan tembakau, aroma tembakau akan sangat terasa begitu memasuki gedung ini. Banyak sekali berbagai informasi yang didapat tentang tembakau di museum ini, mulai dari asal tembakau, bahkan terdapat daun tembakau yang dijadikan cerutu besar.

5. Kopi Gumitir.
Salah satu tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan adalah “Kopi Gumitir”, tempat ini sebenarnya adalah Pabrik Kopi Gumitir, selain bisa digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, tempat ini juga menjadi sebuah tempat wisata yang menarik. Pabrik Kopi Gumitir terletak diperbatasan antara Jember dan Banyuwangi, yang dikelola oleh PT. Perkebunanan Nusantara XII.

Kursi raksasa di Pabrik Kopi Gumitir;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Kursi raksasa di Pabrik Kopi Gumitir (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Selain menyediakan fasilitas layaknya tempat wisata, di tempat ini juga disediakan Cafe Gumitir yang pas untuk tempat refreshing bersama keluarga.

6. Air Terjun Tancak.
Sebagai daerah yang memiliki kekayaan wisata alam, Jember juga memiliki air terjun yang sangat terkenal, yaitu “Air Terjun Tancak”, yang berlokasi di bawah kaki Gunung Pasang atau berada di daerah Perbukitan Tancak, Desa Suci, Kecamatan Panti, Jember. Untuk menuju air terjun anda harus sedikit mengeluarkan tenaga ekstra dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang cukup panjang.

Air Terjun Tancak;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Air Terjun Tancak (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Sebagai tempat wisata alami, Air Terjun Tancak sangat pas untuk anda yang hobi berfotografi dengan panorama dan pemandangannya yang indah.

7. Bukit J88.
Satu lagi tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan yaitu Wisata Alam S J88 atau Bukit J88, yang berlokasi di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Jember. Sebagai sebuah wisata alam baru di Jember, tempat wisata ini sudah menyedot perhatian pecinta traveling yang tertarik dengan keindahan wisata alam Bukit J88 ini.

Wisata Alam S J88;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Wisata Alam S J88 (Sumber gambar: instagram.com/dela.putria/)
Terdapat banyak aktifitas yang bisa dilakukan selain menghabiskan waktu menikmati keindahan wisata alam, menikmati pesona mentari di atas awan Jember.

8. Tanoker – Ledok Ombo.
Selain berbagai tempat wisata di atas, terdapat wisata yang berbeda dengan tempat wisata lainnya, yang disebut dengan “Kampung Wisata Perdamaian”, yang berada di Ledokombo di bawah kaki Gunung Raung. Suasana desa yang sangat asri menjadikan wisatawan tertarik datang ke tempat wisata ini.

Kampung Wisata Perdamaian;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Kampung Wisata Perdamaian (Sumber gambar: tanoker.org)
Sebagai kampung wisata perdamaian, Ledokombo memiliki berbagai tujuan wisata  yang beraneka ragam, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya dan juga wisata kuliner.

9. Kawasan Puger.
Berbicara tentang kawasan wisata, berarti membicarakan tentang berbagai tempat wisata yang ada dalam kawasan tersebut, begitu pula denga Kawasan Puger, yang memiliki berbagai wisata yang ada didalamnya, seperti Pantai Puger. Pantai ini berada di Desa Puger, Kecamatan Puger Kulon, Jember. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang sekitar 3 km.

Pantai Puger;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Pantai Puger (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Terdapat hal menarik yang bisa dilakukan di pantai ini, yaitu anda bisa mengunjungi tempat pelelangan ikan dan membeli berbagai ikan segar yang langsung dari para nelayan.

10. Pabrik Cerutu BIN Cigarret.
Sebagai daerah penghasil tembakau, maka Jember memiliki tempat wisata menarik yang harus dikunjungi, yaitu Pabrik Cerutu BIN Cigaret, yang berada di Jalan Brawijaya No. 5, Desa Jubung, Kecamatan Sukorambi, Jember. Pabrik ini tidak hanya mengolah tembakau Besuki Na Oogst menjadi cerutu, namun juga menjadi sebuah tempat wisata yang dikunjungi para wisatawan domestik dan juga mancanegara.

Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Malang.

Sebagai penghasil tembakau, maka sangat wajar bila Jember memiliki wisata cerutu, dan anda bisa melihat proses pembuatan cerutu.

Pabrik Cerutu BIN Cigaret;Top 10 Destinasi Wisata Jember;
Pabrik Cerutu BIN Cigaret (Sumber gambar: travel.kompas.com)
Berbicara tentang traveling maka “10 Top Destinasi Wisata Jember” menjadi sebuah  referensi wajib yang bisa anda gunakan untuk mengunjungi Jember, tentunya masih banyak tempat wisata alam atau bahkan wisata lainnya yang bisa anda kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang ingin segera menikmati wisata Jember.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel