10 Top Kuliner Madiun

10 Top Kuliner Madiun - Traveling dan kuliner adalah satu kesatuan hobi yang menyenangkan, terkadang untuk menikmati kedua hobi tersebut membutuhkan waktu yang panjang, terkadang mereka yang ingin menikmati hobi tersebut harus mengalah, mana hobi yang didahulukan apakah kuliner dahulu atau traveling dahulu. Namun diantara hobi tersebut, tentunya kuliner pastilah sangat menyenangkan. Dan daerah yang pas untuk dikunjungi adalah Madiun. Berbicara tentang Madiun, memang tidak terlepas dari kelezatan kuliner khasnya yaitu pecel. Betapa nikmat kuliner pecel, dengan satu porsi nasi hangat ditambah dengan sayur nikmat dan guyuran bumbu kacang, nikmatnya luar biasa.

Namun jangan mengira bahwa kuliner lezat di Madiun hanya pecel saja, masih banyak jenis dan ragam kuliner Madiun yang bisa dicoba dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Madiun sendiri adalah sebuah daerah yang termasuk Provinsi Jawa Timur dan memiliki berbagai jenis wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan juga wisata kuliner. Dan tentunya diantara yang menarik adalah wisata kuliner, selain itu, tidak sulit mencari tempat kuliner di Madiun, karena sangat banyak tempat makan di Madiun, mulai dari restoran, cafe, angkringan sampai warung lesehan, dan banyak juga yang buka 24 jam.

Informasi 10 top kuliner di Madiun ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun informasi tersebut masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, dan informasi ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Madiun.

10 Top Kuliner Madiun

Terdapat 10 ragam kuliner di Madiun yang bisa menjadi referensi untuk anda, antara lain:
  1. Nasi Pecel Yu Gembrot.
  2. Gado-gado Pak Tomo.
  3. Warung Om Breng.
  4. Bluder Cokro.
  5. Jiero Wedangan.
  6. Dawet Suronatan.
  7. Nasi Bakar Cak Wot.
  8. Dawet Jenang Kertobanyon.
  9. Nasi Pecel Podang.
  10. Nasi Goreng Blenger.

1. Nasi Pecel Yu Gembrot.

Ini dia kuliner legendaris khas Madiun, yaitu “Nasi Pecel Yu Gembrot”, yang kabarnya sudah ada sejak sebelum jaman kemerdekaan, yaitu sekitar tahun 1942, pada awalnya yang berjualan adalah Ibu Sarinem yang merupakan ibu dari Yu Gembrot, baru tahun 1974, anak dari Bu Sarinem yang bernama Ibu Kartini yang mempopulerkan pecel ini. Dinamakan Yu Gemberrot, yang merupakan sebutan dari Ibu Kartini saat masih kecil. Saat ini sudah dikelola oleh generasi ketiga yang merupakan putra dari Ibu Kartini.

Nasi Pecel Yu Gembrot;10 Top Kuliner Madiun;
Nasi Pecel Yu Gembrot (Sumber gambar: Instagram.com/jogjakakilima)
Pecel Yu Gembrot ini berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Madiun, dan sudah memiliki cabang diantaranya di Malang dan Yogyakarta. Yang menarik dan merupakan keunikan dari Pecel Yu Gembrot adalah penyajiannya menggunakan daun pisang segar yang dipincuk, selain itu rasa sambal kacang dan bumbunya yang nikmat dan sangat terasa.

2. Gado-gado Pak Tomo.

Selain pecel, masih ada kuliner lain yang menggoda yaitu Gado-gado Pak Tomo, yang berlokasi di Jalan Biliton No. 20 Madiun. Gado-gado ini juga tidak kalah nikmatnya dengan kuliner pecel. Gado-gado Pak Tomo sudah ada sejak tahun 1984, yang menyajikan dua sajian nikmat yaitu gado-gado dan tahu campur, namun yang lebih terkenal adalah gado-gadonya.

Gado-gado Pak Tomo;10 Top Kuliner Madiun;
Gado-gado Pak Tomo (Sumber gambar: instagram.com/sam_kuliner/)
Dalam satu porsi gado-gado yang disajikan terdapat irisan lontong, kentang rebus, kol, tahu, selada, telur rebus, yang kemudian disiram dengan lezatnya bumbu kacang. Kenikmatan gado-gado Pak Tomo, terletak pada rahasia resep bumbunya yaitu adanya campuran santan sehingga memiliki rasa yang gurih.

3. Warung Om Breng.

Satu lagi tempat kuliner dan juga bisa dikatakan sebagai tempat nongkrong dengan konsep angkringan modern di Madiun, yaitu “Warung Om Breng”, yang berlokasi di Jalan Jawa No. 11, Kartoharjo, Madiun. Berbeda dengan angkringan kebanyakan yang biasanya berada di pinggir jalan dengan gerobak dorong, beserta sajian khas angkringan, berbeda juga dengan sajian kuliner angkringan modern khas Om Breng, terdapat banyak tambahan menu modern, yang menjadikan angkringan ini menjadi angkringan kekinian.

Sajian Warung Om Breng;
Sajian Warung Om Breng (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Bisa dikatakan, tempat ini menjadi tempat makan yang dikonsep sebagai tempat nongkrong, sehingga pada saat berkunjung ke Warung Om Breng, anda bisa menikmati sajian nikmat kuliner khas Warung Om Breng, seperti nasi bokong, nasi londo, sajian ayam geprek, dan berbagai sajian menu lainnya.

4. Bluder Cokro.
Ini dia sajian kuliner khas Madiun, yang sering menjadi oleh-oleh dari Madiun, yaitu “Bluder Cokro”. Roti Bluder ini memiliki sebuah ciri seperti roti Belanda tempo dulu. Pabrik roti ini berada di Jalan Cokroaminoto No. 36, Madiun atau tepatnya di depan Kantor Pegadaian Madiun.

Bluder Cokro;10 Top Kuliner Madiun;
Bluder Cokro (Sumber gambar: instagram.com/viedashop/)
Baca juga: 10 Top Kuliner Ponorogo.

Rasanya yang nikmat, gurih dan juga dikemas dengan kemasan yang menarik dan praktis, menjadikan sajian kue ini sangat pas untuk oleh-oleh. Bentuknya yang menarik juga menjadi ciri khas roti ini dengan bentuk trapesium terbalik menjadikan sajian roti kuno dengan rasa kekinian. Terdapat 14 rasa yang bisa dipilih, dan yang menjadi favorit adalah rasa coklat, keju, kismis dan original.

5. Jiero Wedangan.
Satu lagi tempat nongkrong kekinian yang sangat pas untuk anda datangi saat menikmati waktu di Madiun, yaitu Jiero Wedangan, yang berlokasi di Jalan Bali No. 17, Madiun, menjadi satu lokasi dengan i-Club (yaitu sebuah tempat yang dilengkapi dengan pool, fitnes dan resto). Meskipun bentuk tempat nongkrong ini sangat kekinian, namun menyajikan sajian kuliner tradisional, baik untuk makanan dan minuman.

Jiero Wedangan;10 Top Kuliner Madiun;
Jiero Wedangan  (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Dengan desain bangunan terkini dan nyaman, apalagi sajian makanan dan minuman dijual dengan harga yang murah dan terjangkau menjadikan tempat kuliner dan nongkrong ini selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner Madiun dan juga para wisatawan lainnya.

6. Dawet Suronatan.
Madiun memang salah satu surganya kuliner legendaris, salah satunya adalah “Dawet Suronatan”. Minuman ini hampir sama dengan dawet dan sering ada saat menjelang berbuka puasa saat Puasa Ramadhan. Es Dawet Suronatan ini sudah terkenal sejak dulu karena rasanya yang enak dan segar dan berada di Jalan Merbabu No. 10 atau di sebelah utara Masjid Agung Kota Madiun.

Dawet Suronatan;10 Top Kuliner Madiun;
Dawet Suronatan (Sumber gambar: gotravelly.com)
Dawet yang sudah ada sejak tahun 1962 ini, menjadi salah satu tempat menikmati sajian khas Madiun dan yang menarik, meskipun sudah dipegang oleh generasi ketiga, rasa dawetnya tidak berubah. Nama Suronatan, diambil saat pertama kali buka yaitu di Desa Suronatan. Dan dengan berkembangnya waktu, warung Dawet Suronatan juga menyediakan sajian kuliner lezat yang bisa dinikmati di tempat, seperti gado-gado, nasi rawon, dan berbagi sajian menu kuliner lezat lainnya.

7. Nasi Bakar Cak Wot.
Kuliner lezat lain yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung di Madiun adalah “Nasi Bakar Cak Wot”, yang berada di Jalan Serayu Timur No. 76, Madiun. Nasi bakarnya yang enak dan memiliki aroma khas karena dibungkus dengan daun pisang menjadikan aromanya menarik selera untuk segera menikmati.

Nasi Bakar Cak Wot;10 Top Kuliner Madiun;
Nasi Bakar Cak Wot (Sumber gambar: food.detik.com)
Selain bisa menikmati sajian nasi bakar, juga disajikan menu lauk pendamping, seperti ayam bakar kampung, udang bakar, empal gepuk, tempe dan juga tahu goreng. Selain menyediakan menu nasi bakr, juga disediakan menu pilihan lain, seperti aneka olahan sea food. Dan yang menjadi menu favorit adalah ikan dorang penyet dengan rasa pedas manis.

8. Dawet Jenang Kertobanyon.
Satu lagi sajian kuliner dawet, yaitu Dawet Jenang Kartobanyon, yang berlokasi di Jalan Raya Ponorogo No. 37, Desa Kertobanyon, Kaibon, Madiun. Berdiri sejak tahun 1963, menjadikan kuliner dawet ini menjadi sajian kuliner legendaris yang sangat disukai. Dalam satu porsi es dawet disajikan dengan racikan cendol, irisan pisang kepok, bubur sumsum, ketan hitam, santan, dan ditambahkan gula cair dan kesegaran es batu.

Dawet Jenang Kartobanyon;10 Top Kuliner Madiun;
Dawet Jenang Kartobanyon (Sumber gambar: instagram.com/sam_kuliner/)
Baca juga: 10 Top Kuliner Blitar.

Selain keunikan dawet jenang khas Madiun ini, terdapat sajian cemilan yang menjadi tujuan penikmat dawet yaitu ote-ote, rasanya yang gurih menjadikan pembeli ote-ote ini selalu antri untuk bisa segera menikmati kelezatan ote-ote tersebut.

9. Nasi Pecel Podang.
Di antara berbagai sajian kuliner, maka nasi pecel Podang, menjadi sajian unik yang tidak boleh dilewatkan, dengan mobil boks, nasi pecel ini dijajakan dengan selera khas Madiun. Nasi pecel Podang ini dijajakan di Jalan H. A. Salim, Madiun.

Nasi Pecel Podang;10 Top Kuliner Madiun;
Nasi Pecel Podang (Sumber gambar: towisata.blogspot.com)
Dengan ciri khas seperti konsep food truck menjadikan kuliner pecel Podang memiliki ciri khas tersendiri sehingga menjadi lebih mudah dihafal.

10. Nasi Goreng Blenger.
Berbicara kuliner, maka Madiun memiliki menu jumbo yang harus dicoba, yaitu “Nasi Goreng Blenger”, yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Oro-oro Ombo, Kartoharjo, Madiun. Menu jumbo disini, memang benar-benar jumbo, dan satu porsi menu kuliner bisa dinikmati sampai empat orang.

Nasi Goreng Blenger;10 Top Kuliner Madiun;
Nasi Goreng Blenger (Sumber gambar: loveusaha.com)
Karena ruangan yang terbatas, menjadikan konsumen nasi goreng Mblenger ini selalu membeli untuk dibawa pulnag, meskipun ada juga yang menikmati makan di tempat, namun harus antri. Selain nasi goreng, juga disediakan berbagai menu lain, seperti fuyunghai, koloke, capcay goreng dan bakmi goreng dan masih banyak menu lainnya yang sangat lezat.

Itu dia berbagai pilihan kuliner di Madiun, semoga informasi “10 Top Kuliner Madiun” tersebut di atas bisa menjadi referensi terbaik untuk anda yang ingin menikmati sajian kuliner Madiun.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel