10 Top Destinasi Wisata Lumajang

New Normal menjadi kabar gembira saat ini. Hal ini berarti semua aktivitas telah boleh dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dan pencegahan atas penyebaran Covid-19. Salah satu aktivitas yang perlahan-lahan mulai dibuka adalah tempat wisata, dan traveling sebagai hobi menyenangkan bisa dilakukan kembali. Berbicara tentang traveling, Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Dan daerah yang memiliki tempat wisata alam yang sangat bagus yaitu Lumajang. Lumajang dari dahulu sudah terkenal akan tempat wisatanya yang sangat indah. Namun meskipun memiliki banyak tempat wisata yang menarik dalam pembahasan kali ini hanya dibahas 10 top destinasi wisata Lumajang saja.

Lumajang sebagai kabupaten di Jawa Timur memiliki pesona dan keindahan alam yang luar biasa, diantara berbagai wisata alam yang sudah banyak dikenal tersebut, masih banyak tempat wisata lainnya yang belum digali. Lumajang sendiri memiliki berbagai obyek wisata yang banyak dan beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata situs budaya, wisata alam yang luar biasa, mulai dari pantai, gunung, air terjun, bahkan spot menarik yang bisa anda kunjungi.

Informasi tentang 10 top wisata Lumajang ini sempat disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, namun meskipun pernah disampaikan, informasi ini masih sangat relevan dan masih bisa menjadi referensi untuk menikmati traveling di Lumajang.

10 Top Destinasi Wisata Lumajang

Berikut 10 Top Destinasi Wisata Lumajang:

  1. Air Terjun Tumpak Sewu Goa Tetes.
  2. Puncak B-29.
  3. Air Terjun Sarun.
  4. Coban Pawon.
  5. Ranu Kumbolo.
  6. Antrukan Menjangan Senduro.
  7. Pantai Watu Godek.
  8. Pemandian Alam Selokambang.
  9. Air Terjun Kapas Biru.
  10. Kebun Teh Gucialit.

1. Air Terjun Tumpak Sewu Goa Tetes.

Wisata alam yang satu ini sangat indah dan harus dikunjungi, Goa Tetes Lumajang berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Wisata ini memiliki dua obyek yang sangat indah yaitu air terjun dan gua. Gua Tetes ini terbentuk secara alami oleh aliran air secara terus menerus dan menerobos batuan karst. Gua Tetes ini dibuka tahun 2015 dan menjadi lebih terkenal setelah viral di media sosial.

Air Terjun Tumpak Sewu;Air Terjun Tumpak Sewu Goa Tetes;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Air Terjun Tumpak Sewu (Sumber gambar: Instagram.com/zaqyiqbl/)
Lokasi Gua Tetes dan Air Terjun Tumpak Sewu ini berdampingan dan keduanya melintasi aliran sungai yang sama. Air Terjun Tumpak Sewu sering disebut sebagai Niagara-nya Jawa Timur, yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Warga disekitar tempat wisata ini sering menyebutnya dengan Grojogan Sewu, Coban  Sewu atau Coban Tumpak Sewu.

Gua Tetes;Air Terjun Tumpak Sewu Goa Tetes;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Gua Tetes (Sumber gambar: Instagram.com/ziccohudyoro/)
Untuk anda yang hobi fotografi, Air Terjun Tumpak Sewu akan memberikan kehausan dahaga anda akan fotografi. Di tempat ini anda bisa mengambil foto yang indah dari atas dan anda juga bisa mengambil foto Air Terjun Tumpak Sewu dengan latar belakang Gunung Semeru.

2. Puncak B-29.

Puncak B-29 adalah salah satu wisata alam andalan Lumajang yang berada di Lereng Gunung Semeru di Desa Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura, Lumajang. Di tempat ini menawarkan keindahan pemandangan agroforestri khas pedesaan. Meskipun baru dibuka tahun 2015, tempat wisata ini sangat populer dan menjadi tujuan wisata para pecinta traveling.

Puncak B-29;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Puncak B-29 (Sumber gambar: www.liputan6.com)
Pemandangan B-29 memang sangat indah karena merupakan perpaduan antara empat ojek wisata ditambah dengan hijaunya lahan pertanian dan keindahan awan yang menyelimuti lereng gunung hingga disebut dengan negeri di atas awan. Di tempat ini, anda bisa melihat keindahan Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

3. Air Terjun Sarun.
Air Terjun Sarun menjadi tujuan wisata selanjutnya yang berada di Desa Bedayu, Kecamatan Senduro. Air terjun Sarun mirip dengan Air Terjun Kapas Biru dengan ketinggian lebih tinggi dari Air Terjun Kapas Biru.

Air Terjun Sarun;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Air Terjun Sarun (Sumber gambar: brilio.net)
Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang eksotis dengan banyaknya bebatuan yang mengelilingi air terjun ini.

4. Coban Pawon.
Satu lagi tempat wisata yang harus dikunjungi, yaitu Coban Pawon. Air terjun ini terletak di Desa Wangsit, Kecamatan Gucialit, Lumajang. Air terjun ini juga disebut dengan Antruka Pawon. Coban dapat diartikan sebagai kucuran air, sedang pawon  berarti tungku atau dapur.

Coban Pawon;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Coban Pawon (Sumber gambar: tempatwisata.pro)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Madiun.

Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter yang jatuh pada lubang sebuah gua. Di tempat ini anda bisa mengambil foro yang menarik.

5. Ranu Kumbolo.
Ranu Kumbolo adalah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru, letaknya di Pegunungan Tengger dan masuk dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) atau di Desa Ranu Pane. Luas danau ini sekitar 15 hektar dan keindahan wisata Ranu Kumbolo ini sudah tidak dapat diragukan lagi.

Ranu Kumbolo;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Ranu Kumbolo (Sumber gambar: indonesiaituindah.com)
Di tempat ini anda dapat menikmati keindahan gugusan bukit yang mengelilingi Ranu Pane dan juga melihat keindahan saat sunrise.

6. Antrukan Menjangan Senduro.
Antrukan Menjangan Senduro adalah air terjun yang berada di Kecamatan Senduro dengan ketinggain 70 meter. Air terjun ini berlokasi di Desa Kandangan, Senduro, Lumajang. Lingkungan Antrukan Menjangan Senduro ini sangat terjaga dan bersih.

Antrukan Menjangan Senduro;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Antrukan Menjangan Senduro (Sumber gambar: islahagus.blogspot.com)
Walaupun akes jalan menuju air terjun ini terbilang cukup sulit, namun semua itu terobati dengan keindahan air terjun bertingkat yang menyimpan panorama alam yang sangat mempesona ini.

7. Pantai Watu Godek.
Pantai Watu Godek adalah salah satu pantai di Lumajang yang sangat indah, berada di Kecamatan Tempusari, Lumajang. Tempat ini dikelilingi dengan tebing yang menjulang tinggi dan juga rerimbunan pandan laut yang banyak tumbuh di sekitar pantai ini.

Pantai Watu Godek;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Pantai Watu Godek (Sumber gambar: twisata.com)
Selain itu daya tarik wisata ini juga terdapat pada batu besar yang menjulang tinggi yang berada di pinggir pantai.

8. Pemandian Alam Selokambang.
Pemandian Alam Selokambang adalah pemandian favorit para wisatawan saat berkunjung ke Lumajang. Tempat wisata ini berada di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersoko, Lumajang. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berenang, juga menikmati berbagai fasilitas yang disediakan pengelola seperti perahu, sepeda air bahkan olahraga tenis.

Pemandian Alam Selokambang;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Pemandian Alam Selokambang (Sumber gambar: pesonajatim.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Ponorogo.

Selain bisa menikmati wisata air, anda juga bisa menikmati sajian kuliner tradisional yang ada disekitar pemandian alam tersebut.

9. Air Terjun Kapas Biru.
Air Terjun Kapas Biru terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo Lumajang. Obyek Wisata ini sudah dibuka sejak tahun 2015 yang lalu. Air terjun ini menjadi salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk dari lembah curam Sungai Besukbang – Glidik di antara Perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.

Air Terjun Kapas Biru;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Air Terjun Kapas Biru (Sumber gambar: pegipegi.com)
Air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasad engan airnya yang segar dan memiliki air yang putih dan sangat deras dan pada bagian sisinya muncul warna kebiruan bila dilihat dari jauh, sehingga disebut kapas biru.

10. Kebun Teh Gucialit.
Kebun Teh Gucialit atau yang disebut dengan Kebun Teh Kertowono Gucialit, adalah salah satu tempat wisata favorit warga Lumajang dan juga wisatawan lainnya. Sebagai tempat wisata di Lumjang, agrowisata ini berada di pengelolaan PTPN XII (PT. Perkebunan Nasional XII) dengan komoditas teh yang memiliki kualitas kelas dunia.

Kebun Teh Gucialit;10 Top Destinasi Wisata Lumajang
Kebun Teh Gucialit (Sumber gambar: Instagram.com/yoyoktujuh/)
Pemandangan di agrowisata ini sangat indah dan juga sejuk, selain teh juga terdapat komoditas lainnya, seperti kelapa, dan aneka tanaman kayu. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, seperti menikmati foto dengan latar belakang pegunungan dan juga melihat pabrik pengolahan teh.

Tertarik untuk menikmati wisata di Lumajang? Semoga informasi 10 top destinasi wisata Lumajang ini bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata di Lumajang

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel