10 Top Destinasi Wisata Situbondo

Menikmati perjalanan wisata adalah aktivitas yang menyenangkan. Jawa Timur sebagai sebuah propinsi paling tImur di Pulau Jawa memiliki berbagai daerah yaNg kaya akan tempat wisata, baik wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner bahkan wisata sejarah. Banyak cerita menarik dan juga mistis yang sering dikaitkan dengan tempat wisata tersebut, yang pada akhirnya menjadi sebuah certa menarik yang mengiringi keindahan wisata daerah yang dituju tersebut. Kali ini, Situbondo menjadi sebuah tujuan traveling, selain daerahnya merupakan daerah yang dekat dengan deretan pegunungan, juga sebuah daerah yang memili kiwisata alam yang jarang terekspose di media. 10 top destinasi wisata Situbondo ini semoga bisa memberi sedikit informasi tentang keindahan wisata yang bisa dikunjungi dan dinikmati saat melakukan traveling di Situbondo.

Situbondo sendiri adalah sebuah daerah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa dan berada di kawasan tapal kuda yang juga dikellilingi perkebunan tebu, tembakau, dan hutan lindung Baluran. Posisi Situbondo yang berada di antara jalur transportasi strategi yang menghubungkan kota-kota di JawaTimur menuju Bali, menjadikan Situbondo memiliki berbagai infrastruktur penting, hal ini terlihat dari adanya Pelabuhan Panarukan yang dibangun saat Daendels berkuasa di era Penjajahan Belanda.

Berbicara tentang keindahan sebuah daerah, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi Situbondo memiliki pesona alam yang menakjubkan dan banyak yang belum dieksplore, hal ini menyebabkan belum diketahuinya keindahan alam yang masih tersembunyi. Dengan informasi 10 tujuan wisata Situbondo, yang kebetulan pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur, saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati traveling di Situbondo.

10 Top Destinasi Wisata Situbondo

Terdapat 10 tujuan wisata Sitbondo yang diharapkan bisa menjadi referensi untuk anda, sebagai berikut:
  1. Taman Nasional Baluran
  2. Pantai Pasir Putih.
  3. Puncak Rengganis Argopuro.
  4. Padang Rumput Si Kasur.
  5. Padang Savana Situbondo.
  6. Waduk Bajul Mati.
  7. Air Terjun Setancak.
  8. Pantai Tampora.
  9. Pantai Bama.
  10. Pantai Tangsi.

1. Taman Nasional Baluran.

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Taman Nasional Baluran Situbondo adalah sebuah tanan nasional yang memiliki luas 25.000 hektar yang berlokasi di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Taman nasional ini memiliki wilayah utama dengan hamparan padang rumput yang sangat luas dengan luas mencapai sepertiga dari luas seluruh taman nasional sekitar 10.000 hektar. Dan savana Baluran menjadi savana paling luas di Pulau Jawa.

Taman Nasional Baluran Situbondo;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Taman Nasional Baluran Situbondo (Sumber gambar: nativeindonesia.com)
Julukan Africa van Java layak sekali disematkan untuk Taman Nasional Baluran, selain sangat luasnya padang rumput juga banyak sekali hewan-hewan yang ada di padang rumput ini, seperti rusa, kerbau, banteng, burung merak, monyet ekor panjang dan berbagai fauna lainnya. Terdapat beberapa kawasan yang bisa anda kunjungi, seperti hutan musim, hutan evergreen, Savana Bekol, dan Pantai Bama Taman Nasional Baluran.


2. Pantai Pasir Putih.


Situbondo memiliki berbagai banyak wisata alam, yang salah satunya adalah “Pantai Pasir putih” yang berlokasi di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo. Sesuai dengan namanya yaitu pasir putih, maka pasir di pantai ini berwarna putih, ditambah airnya yang jernih dan gelombang di pantai Pasir Putih tidak terlalu besar menjadikan pantai ini selalu dikunjungi para wiasatawan.

Pantai Pasir putih;10 Top Destinasi Wisata Situbondo
Pantai Pasir Putih (Sumber gambar: wisataid.com)
Selain pantainya yang tenang, Pantai Pasir Putih di Situbondo ini memiliki topografi yang unik dengan bentuk melengkung ke arah laut sehingga menjadikan pantai ini memiliki lanskap yang indah. Selain menikmati keindahan alam di Pasir Putih, anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti memancing, berenang, bermain kano, snorkeling hingga menikmati hembusan angin dengan naik perahu layar.

3. Puncak Rengganis Argopuro.

Satu lagi surga wisata alam di Situbondo yang harus dikunjungi, yaitu Puncak Rengganis Argopuro, yang berlokasi di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. Karena keindahaannya, tidak salah kalau tempat wisataini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Puncak Rengganis Argopuro;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Puncak Rengganis Argopuro (Sumber gambar: adventurewisata.blogspot.com)
Selain keindahan wisata yang bisa anda lihat di Puncak Rengganis, terdapat situs peninggalan jaman purbakala yang bisa memberikan suasana berbeda saat mengunjungi tempat ini, yaitu 3 kompleks area dengan 5 bekas bangunan didalamnya. Berdasarkan cerita, Puncak Renganis dahulu adalah bekas kawah belerang.

4. Padang Rumput Sikasur.
Wisata alam menjadi daya tarik tersendiri Situbondo, salah satunya adalah “Padang Rumput Sikasur” yang berada di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Situbondo. Sikasur sebenarnya adalah sebuah hamparan padang rumput hijau dan asri yang berada diantara Gunung Hyan atau dikenal dengan Argopuro dan Puncak Rengganis.

Padang Rumput Sikasur;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Padang Rumput Sikasur (Sumber gambar: eastjava.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Banyuwangi.

Selain pesona keindahannya, di padang rumput ini juga merupakan bekas lapangan udara yang dibangun oleh AJM Ledebore dalam rangka untuk penangkaran rusa.

5. Padang Savana Situbondo.
Selain beberapa tempat wisata padang rumput yang disebutkan di atas, juga terdapat wisata padang rumput lainnya, yaitu “Padang Rumput Situbondo” berlokadi di Area Hutan, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, yang menawarkan keindahan khas daerah Afrika dan Amerika Latin yang sangat eksotis, yang menarik, di tempat ini terdapat beberapa jenis hewan seperti kera, banteng, rusa dan burung merak.

Padang Rumput Situbondo;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Padang Rumput Situbondo (Sumber gambar: alidesta.wordpress.com)

6. Waduk Bajul Mati.
Ingin melihat keindahan Raja Ampat mini? Sepertinya gugusan pulau-pulai kecil di salah satu waduk di Situbondo bisa menjadi sebuah pilihan tersendiri. “Waduk Bajul Mati” berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo memberikan pesona keindahan alam yang berbeda.

Waduk Bajul Mati;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Waduk Bajul Mati (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Selain menikmati keindahan waduk, anda juga bisa melihat pesona alam, seperti layaknya pesona Afrika yang disuguhkan Taman Nasional Baluran yang berada bersebelahan dengan benduangan atau Waduk Bajul Mati.

7. Air Terjun Setancak.
Peson alam Situbondo, berupa Air Terjun Setancak yang berada di Desa Mojosari, Kecamatan Asembagus, Situbondo, menjadi salah satu wisata alam pilihan yang luar biasa. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik di hari biasa dan di hari libur.

Air Terjun Setancak;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Air Terjun Setancak (Sumber gambar: ihategreenjello.com)
Air yang memancar dari tanah menjadi arti dari nama Setancak, Setancak sendiri adalah sebutan yang berasal dari Bahasa Madura. Air terjun Tancak memang sangat dipercaya sebagai tempat mandi angsa pada jaman dahulu kala.

8. Pantai Tampora.
Satu lagi wisata pantai yag ada di Situbondo yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Pantai Tampora, yang berada di Desa Tampora, Kalianget, Banyuglugur, Situbondo. Pantai ini menyugukan pemandangan yang bagus dan menjadikan lingkungan termauk terumbu karang yang ada sangat terjaga.

Pantai Tampora;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Pantai Tampora (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Jember.

Anda hobi diving? Pantai Tampora bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati indahya pantai dan menikmati kegiatan snorkeling.

9. Pantai Bama.
Pantai Bama menjadi salah satu pilihan menikmati wisata pantai di Situbondo, pantai ini merupakan salah satu pantai yang indah dengan keindahan pasir putih dan airnya yang jernih dan berada di Tanaman Nasional Baluran. Pantai Bama sendiri secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo, tepatnya berada di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.

Pantai Bama;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Pantai Bama (Sumber gambar: indonesiakaya.com)
Sebagai pantai yang terhitung masih alami, tentu saja masih banyak hewan liar yang hidup di area taman nasional, seperti kera abu-abu ekor panjang, selain itu daya tarik lainnya adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan mangrove.

10. Pantai Tangsi.
Wisata pantai menjadi sebuah julukan untuk Situbondo, selain banyaknya pantai yang masih alami, juga Situbondo memiliki pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tangsi yang berada di Desa Simiring atau Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Situbondo.

Pantai Tangsi;10 Top Destinasi Wisata Situbondo;
Pantai Tangsi (Sumber gambar: pantainesia.com)
Daya tarik pantai ini terletak pada keindahannya dengan pantai yang lebar dan bersih, selain itu juga terdapat mercusuar untuk navigasi kapal.

Menarik sekali membicarakan berbagai tempat wisata di Situbondo, dan semoga informasi 10 top destinasi wisata Situbondo ini bermanfaat untuk anda dan menjadi referensi wisata bagi yang ingin menikmati traveling di Situbondo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel