Kuliner Mi Nusantara Di Surabaya

Dunia kuliner masih memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya untuk selalu mencoba kenikmatan rasa dan kelezatannya. Begitu pula dengan kuliner di Kota Surabaya yang memiliki beragam jenis dan variasi kuliner, bahkan tidak hanya kuliner khas asli Surabaya dan Jawa Timur, kuliner dari daerah lain juga turut mewarnai keanekaragaman kuliner di Kota Surabaya. Diantara berbagai jenis kuliner yang masih menarik perhatian untuk dicoba adalah variasi kuliner mi nusantara di Surabaya. Terdapat berbagai jenis pilihan mi yang akan kita coba, namun kali ini kita akan mencoba lima jenis kuliner mi yang mungkin bisa anda coba setelah membaca artikel ini.

Mi bagi orang Indonesia menjadi makanan andalan ketika perut sedang lapar, apalagi jenis kuliner ini sangat mudah dijumpai disekitar kita, tidak hanya itu, mi sudah menjadi sebuah comfort food yang bisa dimasak dengan bumbu apa saja. Tengok saja mie instan yang dapat dengan mudah dijumpai di toko kelontong dan supermarket, bahan mie nya sama, namun bumbu yang berbeda-beda dengan berbagai jenis makanan se Indonesia dapat anda coba.

Itu masih berbicara tentang mie instan yang hanya sekedar bumbunya saja yang gurih, bagaimana kalau mienya benar-benar dibuat asli dari pembuatnya, ditambah lagi dengan sajian mie nya yang dimasak dengan kuah yang kental. Hhhhmmm semakin menggoda bukan?. Di Surabaya sendiri banyak sekali berbagai sajian mie yang bisa anda dapatkan dengan mudah mulai dari mie ayam, mie pangsit ayam, atau mie khas dari daerah diseluruh Indonesia, semua ada di Kota Surabaya.

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA;Kuliner mi;
Kuliner mi (Sumber gambar: resepmedia.com)
Berikut lima jenis mi nusantara yang bisa anda coba, sebagai berikut:

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA

1. Mi Aceh

Bagi anda penggemar mi, mie Aceh bisa menjadi pilihan bagi anda untuk menikmati kelezatan mie dari ujung barat Indonesia ini. Anda bisa mendapatkan mie Aceh di Warung Mie Aceh Asokaya. Mie Aceh yang disajikan disini memiliki diameter yang gemuk dengan warna kuning dan merupakan buatan tangan sendiri pemilik warung ini. Olahan mie Aceh dari Warung Mie Asokaya ini dibuat dengan homemade, dengan rasa dan tekstur mie yang sangat cocok, yang diolah dengan bumbu khas Aceh.

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA;Mi Aceh;
Mi Aceh (Sumber gambar: foursquare.com)
Mi Aceh terkenal dengan ciri khasnya yang kaya akan rempah, termasuk mi aceh di Warung Mie Aceh Asokaya ini dibuat dengan bumbu 44 rempah. Biasanya mie aceh diolah dengan tiga cara, yaitu mi goreng, tumis (dibuat dengan sedikit kuah) dan juga mi kuah. Untuk mie aceh kuah disajikan dengan jeruk nipis, membuat rasanya yang segar dan pedas mengingatkan tentang cita rasa tom yum.

Baca Juga: Soto Ayam Kampung Pak Djayus Asli.

Sedangkan mie gorengnya memiliki cita rasa rempah yang pekat, karena komposisi aweuh masak yang tepat, yaitu ketumbar, kayu manis, adas, jinten dan juga pekak. Olahan mie aceh memiliki isi yang menggoda bila dibandingkan dengan  mie goreng kebanyakan, yang terdiri atas telur, daging sapi, cumi, udang, hingga kepiting.

2. Mi Kediri

Mie Kediri termasuk mie yang terkenal dengan rasa khasnya, mie kediri memiliki ciri khas yang dimasak dengan anglo atau tempat bakaran arang. Salah satu tempat yang menyediakan mie khas Kediri adalah “Nasi Goreng dan Mie Areng Khas Kediri”. Mie goreng yang disajikan memiliki aroma khas, karena proses memasaknya dilakukan dengan anglo, ditambah lagi bumbu mi areng khas Kediri ini sangat meresap.

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA;Mi Kediri;
Mi Kediri (Sumber gambar: pergikuliner.com)
Dan yang membuat kelezatan mie kediri ini adalah mie nya yang sengaja dibuat sendiri. Kelezatan mie areng Kediri ini berasal dari minyak bawang untuk menggoreng mie. Ciri khas lainnya berasal dari kecap sawi, yang merupakan kecap khas kediri. Dalam satu porsi mie goreng areng khas kediri dilengkapi dengan suwiran daging ayam, telur, potongan tomat dan juga kubis.

3. Mi Ayam Bangka

Mi ayam Bangka adalah salah satu mi lezat yang bisa anda temui di Surabaya, mi khas Bangka mempunyai ciri khas kuah kaldu ikan, dengan kuah dibuat dari kaldu ayam dengan potongan ikan, sehingga rasa ikannya tidak terlalu keras.

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA;Mi ayam Bangka;
Mi ayam Bangka (Sumber gambar: pergikuliner.com)
Yang membedakannya dengan mie lainnya terletak pada toppingnya yang melimpah, untuk bumbu mi sama dengan mi lainnya, yang berbeda terletak pada sayurnya,kalau mi kebanyakan menggunakan sawi, untuk mie bangka menggunakan taoge. Dalam satu porsi disajikan dalam porsi yang besar, berupa mi dengan tekstur yang kenyal, ayam cincang, daun bawang dan juga taoge.

4. Bakmi Goreng dan Bihun Godhog Nyemek

Anda yang menyukai kuliner khas Jawa, mungkin kuliner ini bisa menjadi pengobat rindu anda. Bakmi goreng atau bakmi nyemek khas Jogja yang ada di Bakmi Jogja Trunojoyo, ditambah lagi dengan bangunannya yang mengusung konsep kental Jogja akan membuat anda seolah berada dan menikmati kuliner Jogja.

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA;Bakmi godhog nyemek ;
Bakmi godhog nyemek (Sumber gambar: pergikuliner.com)
Satu hal lagi, suasana khas Jogja terlihat saat anda berbicara dengan pramusaji yang mengunakan bahasa kromo Inggil (Bahasa Jawa yang disampaikan dengan halus dan sopan), termasuk juga saat mengonfirmasi pesanan anda. Untuk mi terdapat  dua jenis mi yang ditawarkan, yaitu bakmi dan juga bihun, adapaun cara memasaknya juga bisa digoreng dan juga direbus. Untuk bakmi goreng disajikan kering tanpa kuah sama sekali, dengan rasa yang dominan manis dan juga sedikit rasa pedas, tapi bukan dari cabai namun dari merica.

Baca Juga: Tahu Campur Lamongan Cak Minto

Mie jogja ini hampir sama dengan mie Kediri yang dimasak dengan menggunakan anglo, sehingga menciptakan bau dan aroma yang khas. Adapun bakmi atau bihun godok nyemek disajikan dengan sedikit kuah yang kental yang mengandung telur, selain itu terdapat tambahan berupa sayuran dari tomat dan juga kubis.

5. Mi Cakalang Manado

Anda kangen dengan kenikmatan kuliner Sulawesi?. Rasanya mi cakalang yang disediakan oleh Manado Bae bisa menjadi pelepas kangen anda akan kuliner Manado yang nikmat khas ikan. Di restoran ini anda bisa mendapatkan kuliner khas Manado yang enak, dan anda pun tidak perlu pergi jauh ke Manado, “mi cakalang”, adalah mi kuning yang dimasak dengan cara direbus  dan disajikan dengan kuah yang bening dan kental. Apalagi dengan tambahan bawang putih dan sedikit rasa pedas dari merica akan anda rasakan saat menyeruput kuah mi cakalang ini.

KULINER MI NUSANTARA DI SURABAYA;Mi Cakalang Manado;
Mi Cakalang Manado (Sumber gambar: gayahidup.republika.co.id)
Karena namanya adalah mi cakalang, maka potongan ikan cakalang asap khas Manado akan anda rasakan saat menikmati mi khas Manado ini, potongan ikan cakalangnya lumayan tebal sehingga akan terasa tekstur daging ikan cakalang dan rasa gurih mi cakalang ini.

Itu dia beberapa kuliner mi nusantara di Surabaya yang bisa anda coba. Semoga kuliner tersebut masih ada dan bisa mengobati rasa kangen anda akan kuliner nusantara yang lezat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel