10 Top Kuliner Sidoarjo

Jawa Timur masih menjadi daerah tujuan kuliner, kali ini daerah yang akan dibahas adalah Sidoarjo, yang merupakan salah satu daerah penghasil olahan dari laut. Sebagai daerah yang terkenal dengan sajian kuliner laut, menjadikan Sidoarjo lebih banyak dikenal sebagai kota kuliner. Begitu banyak rekomendasi tempat kuliner yang bisa didatangi di kota udang ini. Tidak hanya kuliner hasil lautnya saja, namun sajian kuliner lainnya juga sangat menggugah selera, hal ini disebabkan Sidoarjo adalah sebuah kabupaten yang berdekatan dengan Surabaya yang nota bene juga sama-sama memiliki sajian kuliner yang hampir sama. Meskipun demikian, tidak semua jenis kuliner dan tempat kuliner dibahas dalam tulisan kali ini, namun hanya 10 top kuliner Sidoarjo saja, dan nantinya akan dikembangkan pada ulasan berikutnysa.

Bayangan tentang Sidoarjo sebagai tempat kuliner juga tidak lepas dari simbol dan lambang dari Kabupaten Sidoarjo, yaitu bandeng dan udang, yang merupakan hasil utama dalam industri tambak di Sidoarjo, dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya hasil tambak sebagai produk utama kuliner Sidoarjo, seperti kerupuk udang, aneka olahan bandeng asap, terasi udang dan olahan hasil tambak lainnya.

Informasi berbagai sajian kuliner di berbagai daerah Jawa Timur memang sengaja disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin, hal ini diharapkan sebagai pengingat warga yang mudik untuk bisa melakukan transaksi atas semua aneka olahan unggulan kuliner tiap daerah yang menjadi tujuan mudik. Dan informasi ini masih sangat relevan sebagai referensi untuk anda yang ingin menikmati sajian kuliner di Sidoarjo.

10 Top Kuliner Sidoarjo

Terdapat 10 informasi kuliner yang bisa menjadi tujuan kuliner diSidoarjo, sebagai berikut:
  1. Kue Lumpur Sidoarjo Jalan Pasar Ikan.
  2. Sop Ayam Pak Min Jalan Gajah Mada.
  3. Rawon Gajah Mada.
  4. Sentra Kupang Gedangan.
  5. Sentra Kupang Gajah Mada.
  6. Sentra Kerupuk Mitra Gajah Mada.
  7. Sentra Kerupuk Tanjung Gajah Mada.
  8. Mie Ayam Gajah Mada.
  9. Warung Apung Rahmawati.
  10. Ceker Lapindo.

1. Kue Lumpur Sidoarjo Jalan Pasar Ikan.

Selain berbagai sajian hasil laut, ternyata Sidoarjo memiliki sajian kue legendaris yang selalu menjadi tujuan kuliner, yaitu “Kue Lumpur Sidoarjo Jalan Pasar Ikan” yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan Sedati Sidoarjo. Nama lumpur tidak ada hubungannya dengan kejadian semburan lumpur yang pernah terjadi di Sidoarjo tahun 2006 lalu. Nama lumpur menjadi sebutan kue ini, karena kue lumpur memiliki tekstur yang khas seperti lumpur, tidak kering pada bagian luar dan tidak meleleh pada bagian dalam.

Kue Lumpur Sidoarjo Jalan Pasar Ikan;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Kue Lumpur Sidoarjo Jalan Pasar Ikan (Sumber gambar: loveusaha.com)
Rasanya yang tidak terlalu manis dan memiliki rasa yang gurih menjadikan sajian kue ini selalu menjadi favorit para pecinta kuliner. Bahkan yang menarik, cara membuatnya yang sangat mudah hanya menggunakan cetakan kue lumpur sederhana yang diletakkan di atas kompor dan pada bagian atas ditumpuk dengan tungku yag terbuat dari besi yang berisi batu arang.

2. Sop Ayam Pak Min Jalan Gajah Mada.

Selain berbagi sajian khas kuliner Sidoarjo, terdapat sajian kuliner dari daerah lain yang sangat disukai para pecinta kuliner di Sidoarjo, yaitu “Sop Ayam Pak Min” yang berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 25, Sidokumpul, Sidoarjo. Sop Ayam Pak Min adalah kuliner sop ayam kampung dari Klaten yang sangat melegenda. Dengan rasa kaldunya yang nikmat, gurih dan sangat pas dinikmati saat udara dingin.

Sop Ayam Pak Min;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Sop Ayam Pak Min  (Sumber gambar: id.foursquare.com/nannoJ/)
Sebagai sajian kuliner ayam, maka sajian sop ini disajikan murni dari ayam kampung yang telah direbus, dipotong-potong kemudian disiram dengan kuah. Banyak sekali sajian pilihan menu yang bisa dipilih mulai dari nasi sop pisah dada pechok sampai dengan nasi sop biasa.

3. Rawon Gajah Mada.

Sajian kuliner yang satu ini adalah sajian khas kuliner Jawa Timur dan banyak dijual di berbagai daerah di Jawa Timur, salah satunya Sidoarjo, dan “Rawon Gajah Mada” menjadi salah satu tempat kuliner yang tidak pernah sepi dari pembeli. Rawon Gajah Mada ini berada di Jalan Gajah Mada, di depan Toko Mas Gajah Mada atau dideretan seberang Matahari Department Store.

Rawon Gajah Mada;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Rawon Gajah Mada (Sumber gambar: instagram.com/kulinersby/)
Unik, menjadi satu kata untuk Rawon Gajah Mada ini, meskipun dari tempatnya sangat sederhana  dengan hanya menggunakan tenda sederhana berwarna biru, gerobak dan meja kursi sederhana, namuan pecinta kuliner rawon ini sangat luar biasa banyak, bisa dipastikan anda akan antri untuk hanya ingin menikmati sajian satu porsi rawon di tempat ini.

Baca juga: 10 Top Kuliner Madiun.

Nasi rawon Gajah Mada memiliki ciri khas yang unik dengan kuah rawon yang berwarna hitam pekat karena ada tambahan bumbu kluwek dan lauk berupa potongan daging yang lumayan besar, bahkan anda bisa menambah sajian lauk seperti daging empal sapi, paru sapi, tempe, dan berbagai sajian tambahan lauk lainnya.

4. Sentra Kupang Gedangan.
Sebagai daerah yang terkenal akan hasil laut dan tambak, maka tidak salah kalau Sidoarjo juga dikenal dengan kuliner kupang. Dan salah satu pusat kuliner kupang berada di “Sentra Kupang Gedangan” di Jalan Raya Gedangan, Sidoarjo atau berjarak 1 km dari batas kota Surabaya. Di Sentra Kupang, anda akan menemukan banyak pedagang lontong kupang yang menjajakan sajian kupang lezat yang sudah ada sejak tahun 1992.

Sentra Kupang Gedangan;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Sentra Kupang Gedangan (Sumber gambar: pak-kamto-kupang-lontong.business.site/)
Kupang adalah sejenis kerang yang berwarna agak pucat dengan bentuk kecil-kecil. Sajian lontong kupang khas Sidoarjo memang berbeda dengan sajian lontong kupang dari daerah lain, karena pedagang lontong kupang ini hanya menggunakan petis khas Sidoarjo yang membuat rasa gurih pada kuahnya.

5. Sentra Kupang Gajah Mada.
Selain sentra kuliner kupang di Jalan Gedangan, masih ada sentra kuliner kupang yang berada di Sidoarjo, yaitu “Sentra Kupang Gajah Mada” yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Sidoarjo. Sama halnya dengan sentra kupang lainnya di Sidoarjo, di Sentra Kupang Gajah Mada, anda akan menemui banyak pedagang lontong kupang.

Sentra Kupang Gajah Mada;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Sentra Kupang Gajah Mada (Sumber gambar: loveusaha.com)
Selain menjumpai pedagang kupang lontong di Sentra Kupang Gajah Mada, anda akan menemukan banyak menu sajian kuliner kupang, seperti sate kerang, kupang goreng, es kelapa muda dan berbagai jajanan lainnya.

6. Sentra Kerupuk Mitra Gajah Mada.
Sebagai daerah yang banyak menghasilkan olahan perikanan, maka Sidoarjo memiliki banyak sentra kuliner yang memuaskan para pecinta kuliner, salah satunya adalah “Sentra Kerupuk Mitra Gajah Mada” yang berlokasi di Jalan Mojopahit No. 50, Bulusidokare, Sidoarjo. Toko Mitra ini menjadi salah satu pusat oleh-oleh paling lengkap di Sidoarjo yang menjual aneka kerupuk, bandeng asap, petis, terasi, bumbu, dan aneka cemilan lainnya.

Sentra Kerupuk Mitra Gajah Mada;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Sentra Kerupuk Mitra Gajah Mada (Sumber gambar: google.com/maps/Toko Mitra Sidoarjo/)
Untuk anda yang ingin membawa oleh-oleh khas Sidoarjo, saat ini sudah tidak perlu bingung lagi karena di Sentra Kerupuk ini terdapat banyak pilihan sajian oleh-oleh untuk dibawa pulang, tidak hanya sajian krupuk saja, namun banyak sajian khas Sidoarjo tersedia disini.

7. Sentra Kerupuk Tanjung Gajah Mada.
Selain sentra oleh-oleh Toko Mitra, juga terdapat sentra oleh-oleh lainnya yang bisa menjadi pilihan, yaitu “Sentra Krupuk Tanjung Gajah Mada”, yang berlokasi di Jalan Mojopahit No. 106, Sidowayah, Sidoarjo.

Sentra Krupuk Tanjung Gajah Mada;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Sentra Krupuk Tanjung Gajah Mada (Sumber gambar: google.com/maps/agus tjipto djati/)
Baca juga: 10 Top Kuliner Ponorogo.

Sebagai sentra oleh-oleh khas Sidoarjo, tentunya sangat menyenangkan bisa menikmati berbelanja sajian kuliner khas Sidoarjo dengan berbagai aneka pilihan dengan harga yang terjangkau.

8. Mie Ayam Gajah Mada.
Meskipun Sidoarjo dikenal sebagai daerah penghasil kuliner olahan ikan, namun Sidoarjo juga memiliki sajian kuliner yang menjadi favorit masyarakat Sidoarjo, yaitu “Mie Ayam Gajah Mada” yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Gang Pandean I No 1, Bulusidokare,  Sidoarjo. Meskipun tempat kuliner ini masuk di gang, namun siapa yang mengira kalau jenis kuliner ini telah menjadi favorit para pecinta kuliner.

Mie Ayam Gajah Mada;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Mie Ayam Gajah Mada (Sumber gambar: gotravelly.com)
Warungnya cukup luas, dan bisa menampung banyak pengunjung yang menyediakan berbagai sajian kuliner serba mie, seperti mie ayam pangsit, mie ayam bakso, dan berbagai sajian mie lainnya.

9. Warung Apung Rahmawati.
Ingin menikmati sensai kuliner khas Jawa? Anda bisa menikmati sajian kuliner di Warung Apung Rahmawati, yang berlokasi di Jalan H. Sunandar Priyo Sudarmo No. 20-22, Sidokare, Sidoarjo. Tempat kuliner ini menyediakan berbagai sajian menu nusantara yang nikmat. Menu andalan di Warung Apung Rahmawati adalah menu Ayam Bakar Bumbu Rujak.

Warung Apung Rahmawati;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Warung Apung Rahmawati (Sumber gambar: Instagram.com/warungapungrahmawati)
Sebagai restoran yang memiliki konsep tradisional, tempat kuliner ini sangat cocok untuk anda para pecinta kuliner yang menyukai kuliner tradisional, dan yang menarik restoran ini sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di Jawa Timur.

10. Ceker Lapindo.
Satu lagi kuliner Sidoarjo yang sangat terkenal yaitu Ceker Lapindo, yaitu sajian kuliner dari kaki ayam atau ceker ayam yang disajikan dengan rasa yang pedas yang berlokasi di dekat alun-alun Sidoarjo di Jalan Dr. Soetomo Sidoarjo.

Ceker Lapindo;10 Top Kuliner Sidoarjo;
Ceker Lapindo (Sumber gambar: loveusaha.com)
Menu sajian ceker ini bervariasi, seperti ceker asam manis, ceker lapindo, ceker rica-rica dan ceker mentega.

Menarik sekali membahas hobi kuliner, semoga informasi 10 top kuliner Sidoarjo ini bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati sajian kuliner Sidoarjo.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel