10 Top Kuliner Malang

Menikmati wisata kuliner pasti sangat menyenangkan. Begitu banyak sajian kuliner di Indonesia yang bisa dicoba dan semuanya pasti memiliki keunikan dan karakteristik tersendiri. Di antara berbagai daerah yang memiliki sajian kuliner enak salah satunya adalah Malang. Di Malang, baik di Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu memiliki berbagai tempat kuliner menarik dan juga kulinernya yang selalu memberikan penasaran ingin mencoba sajian kuliner lezat khas Malang. 10 top kuliner Malang ini mencoba untuk mencari sedikit informasi kelezatan kuliner yang ada di Malang.

Malang sendiri memiliki banyak julukan selain kota wisata, kota pendidikan, juga julukannya sebagai kota kuliner. Malang memang memiliki banyak sekali tempat kuliner yang legendaris, selain kuliner tradisional, kuliner modern, bahkan kuliner kekinian semua bisa anda dapatkan di Malang. Suasana Malang yang nyaman dan sejuk menjadikan wisata kuliner di daerah ini sangat mendukung.

Daftar informasi tentang 10 top kuliner Malang ini pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin dan juga disampaikan dalam pesona.id. Meskipun informasi ini disampaikan tahun 2019 kemarin, namun jangan khawatir, informasi ini masih sangat relevan dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati kuliner di Malang.

10 Top Kuliner Malang

Berikut daftar informasi top kuliner Malang, yang bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata kuliner di Malang, sebagai berikut:
  1. Bakso President.
  2. Pecel Kawi.
  3. Rawon Jenggot.
  4. Mie Gajah Mada.
  5. Sate Kelinci.
  6. Bakso Bakar Pak Man.
  7. Nasi Buk Matirah.
  8. Bakso Kota Cak Man.
  9. Warung Tahu Lontong Lonceng.
  10. Pos Ketan Batu.

1. Bakso President.

Berbicara tentang kuliner legendaris di Kota Malang, ini dia salah satunya, yaitu Bakso President, yang berada di Jalan Batanghari No. 5, Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Lokasi warung bakso ini sangat unik, yaitu  berada di pinggir rel kereta api. Dan jangan salah, meskipun berada di pinggir rel, pengunjungnya sangat banyak, dan anda harus siap mengantri untuk mendapatkan kenikmatan satu porsi Bakso President.

Bakso President;10 Top Kuliner Malang;
Bakso President
Selain banyak dikunjungi para pecinta kuliner, tempat kuliner ini juga sering didatangi para artis yang ingin menimati kenikmati sajian kuliner bakso di Malang ini. Semua menu bakso di warung ini tersedia, dan anda bisa memilih sesuai menu yang ditempel di dinding berukuran besar. Di tempat ini juga disediakan dua model tempat makan di indoor dan outdoor.

Satu porsi Bakso President;10 Top Kuliner Malang
Satu porsi Bakso President
Nama President sendiri berasal dari nama bioskop di belakang warung bakso ini. Untuk mempermudah nama bakso yang dibuka Abah Sugito yang saat itu belum memberi nama warung baksonya, maka Abah Sugito menamakan warung baksonya menjadi “Bakso President”.

2. Pecel Kawi.

Malang memiliki banyak kuliner legendaris yang membuat kita ingin mencoba sajian tradisional khas Kota Malang, salah satunya adalah “Pecel Kawi”, atau yang biasa disebut dengan Pecel Kawi Hj. Muslihah yang sudah ada sejak tahun 1975. Kuliner ini memang didirikan oleh Ibu Hj, Muslihah yang sudah diteruskan secara turun temurun.

Pecel Kawi Hj. Muslihah;10 Top Kuliner Malang
Pecel Kawi Hj. Muslihah (Sumber gambar: kumparan.com)
Kuliner Pecel Kawi ini berada di Jalan Kawi Atas No. 43B Kota Malang. Jangan kaget kalau anda harus mengantri saat ingin menikmati kuiner legendaris ini. Kalau sudah berniat ingin menikmati wisata kuliner, pasti antri pun dijalani apalagi ingin menikmati sajian nikmat khas Kota Malang. Selain nasi pecel, juga disediakan nasi rawon, nasi soto, nasi lodeh dan berbagai pilihan menu lainnya.

3. Rawon Jenggot.

Satu lagi kuliner enak yang bisa anda kunjungi, yaitu Rawon Jenggot, tempat kuliner rawon ini berada di Jalan Simpang Kawi Atas, Kota Malang. Warung rawon jenggot ini sudah menjadi kuliner legendaris yang telah buka sejak tahun 1970-an. Sedangkan untuk Rawon Jenggot yang ada di Jalan Sukarto Hatta terhitung baru yang baru dibuka tahun 2015, namun kenikmatan rawon menjadikan warung rawon ini selalu didatangi para pecinta kuliner.

Rawon Jenggot;10 Top Kuliner Malang
Rawon Jenggot (Sumber gambar: Instagram/rizalbrown)
Baca juga: 10 Top Kuliner Probolinggo.

Untuk menu, selain nasi rawon juga disediakan berbagai pilihan menu lainnya, seperti soto dan juga nasi campuir. Untuk menu piihan rawon juga tersedia rawon biasa, dan juga rawon komplit yang dilengkapi dengan sambal goreng.

4. Mie Gajah Mada.

Ini dia kuliner legendaris yang wajib anada kunjungi yaitu Mie Gajah Mada, yang berlokasi di Jalan Pasar Besar No. 17A, Sukoharjo, Klojen, Malang. Tempatnya sangat mudah ditemukan karena berada di Pusat Kota Malang. Di tempat kuliner ini, anda bisa mencoba sajian khas kuliner Mie Gajah Mada, seperti mie ayam jamur, bakso sapi, siomay, bakso ikan kakap, cwi mie dan bakso daging.

Mie Gajah Mada;10 Top Kuliner Malang
Mie Gajah Mada  (Sumber gambar: makanlagi.com)
Sebagai tempat kuliner legendaris banyak juga pengunjung kuliner Mie Gajah Mada yang berasal dari luar kota yang ingin mengenang masa lalu dengan menikmati sajian khas kuliner mie ini.

5. Sate Kelinci.

Malang memang terkenal dengan kulinernya, salah satu yang harus dicoba adalah kelezatan sate kelinci. Menu sate kelinci ini bisa anda temukan di daerah Kota Batu, Malang. Tentunya kelinci yang digunakan sebagai sate kelinci ini adalah kelinci potong.

Sate Kelinci Batu;10 Top Kuliner Malang
Sate Kelinci Batu  (Sumber gambar: ceritaperut.com)
Salah satu tempat kuliner yang bisa anda coba adalah Sate Kelinci Batu yang berlokasi di Jalan Patimura No. 126 Kota Wisata Batu. Selain sate kelinci juga disediakn berbagai jenis sate lainnya seperti sate kalkun, sate sapi dan berbagai sajian menu lainnya.

6. Bakso Bakar Pak Man.

Malang adalah daerah yang sangat terkenal dengan kuliner baksonya. Salah satu bakso legendaris yang wajib dicoba adalah Bakso Bakar Pak Man, yang berlokasi di Jalan Diponegoro No. 19, Kota Malang. Nama Pak Man berasal dari nama pendiri Bakso Pak man, yaitu Bapak Soeparman yang sudah mendirikan usaha baksonya sejak tahun 1962.

Bakso Bakar Pak Man;10 Top Kuliner Malang
Bakso Bakar Pak Man (Sumber gambar: malangculinary.com)
Untuk menu bakso bakar saat ini menjadi sajian menu utama di Bakso Bakar Pak Man yang sudah ada sejak tahun 1992.


7. Nasi Buk Matirah.

Ada yang kangen dengan menu kuliner yang satu ini?. Menu kuliner “Nasi Buk Matirah”, nasi buk sendiri ada yang menyebut sebagai nasi buk Madura, yang sengaja diciptakan orang Madura di Kota Malang ini. Karena saking enak dan lezatnya Nasi Buk Matirah hingga menjadi sangat melegenda. Dalam satu porsi nasi buk, terdapat berbagai macam lauk, seperti babat, paru, jantung, empal daging sapi, kikil dan berbagai macam pilihan lauk lainnya. Sedangkan sayurnya menggunakan sayur lodeh atau sayur rebung.

Nasi Buk Matirah;10 Top Kuliner Malang
Nasi Buk Matirah (Sumber gambar: malang.merdeka.com)
Nasi buk sebenarnya adalah nasi campur yang biasa dijula oleh ibu-ibu yang berasal dari Madura. Buk sendiri sebenarnya sebutan untuk seorang ibu dalam Bahasa Madura, dan hal ini terbukti yang menjual nasi buk didominasi oleh ibu-ibu. Saat ini Nasi Buk Matirah dapat anda temui di Jalan Trunojoyo No. 10E, di deretan warung di samping Stasiun Kota Baru, Malang.

8. Bakso Kota Cak Man.

Sebagai kota yang terkenal dengan kuliner baksonya, satu lagi sajian kuliner yang harus anda kunjungi, yaitu Bakso Kota Cak Man, yang berada di Jalan WR Supratman C1 Kav. 13-14, Malang. Bakso ini sudah memiliki banyak cabang sekitar 11 cabang di Kota Malang.

Bakso Kota Cak Man;10 Top Kuliner Malang
Bakso Kota Cak Man (Sumber gambar: ulinulin.com)
Baca juga: 10 Top Kuliner Sumenep.

Sebagai salah satu kuliner legendaris di Kota Malang, Bakso Kota Cak Man didirikan pertama kali oLeh Bapak Abdul Rahman Tukiman pada tahun 1980. Dan saat ini Bakso Kota Cak Man sudah memiliki banyak cabang di kota lain yang sehingga anda bisa menikmati sajian bakso Khas Cak Man.

9. Warung Tahu Lontong Lonceng.

Satu lagi sajian kuliner legendaris yang harus dicoba yaitu Warung Tahu Lontong Lonceng, yang berada di Jalan RE Martadinata, Kota Malang. Benar saja, kuliner ini menjadi kuliner legendaris di Kota Malang, karena sudah berdiri sejak tahun 1935, dan saat ini kuliner tahu lontong sudah dipegang generasi ke-4. Tahu Lontong ini dirintis oleh Bapak Abdul Jalal yang merintis kuliner tahu lontong dengan berkeliling memikul barang dagangannya.

Tahu Lontong Lonceng;10 Top Kuliner Malang
Tahu Lontong Lonceng (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Nama lonceng sendiri berasal dari tahu lontong yang saat itu dipegang Pak Kusen, putra dari Bapak Abdul Jalal, yang memilih berjualan di sekitar Tugu Lonceng, yaitu monumen yang didirikan oleh Belanda, saat itu berada di Jalan Gatot Subroto Malang.

10. Pos Ketan Batu.

Kuliner ini wajib anda datangi saat menikmati wisata di Kota Batu, Pos Ketan Batu atau disebut juga dengan Pos Ketan Legenda 1967 adalah sebuah kedai ketan yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Letaknya disekitar Alun-alun Kota Batu, Malang. Ditempat ini, anda bisa menikmati berbagai pilihan ketan dengan 16 variasi ketan, antara lain ketan susu kacang, ketan susu black and white, ketan vla duren, dan berbagai pilihan menu ketan.

Pos Ketan Legenda 1967;
Pos Ketan Legenda 1967 (Sumber gambar: iklantravel.com)
Pos ketan ini menjadi tujuan kuliner favorit para wisatawan, apalagi di Kota Batu banyak sekali tempat kuliner yang buka malam, menjadikan anda harus menyempatkan waktu untuk menikmati sajian kuliner khas pos ketan ini.

Itu dia 10 top kuliner Malang, semoga bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati wisata kuliner di Malang.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel