10 Top Destinasi Wisata Ponorogo

Satu lagi daerah yang menarik untuk dijadikan sebagai tujuan traveling, selain memiliki wisata alam yang menarik, daerah ini juga memiliki wisata budaya yang luar biasa. Kalau anda sering melihat sebuah kesenian, khususnya Reog, tentunya tidak asing dengan daerah ini. Ponorogo adalah daerah yang memiliki panorama yang sangat indah. Masih banyak tempat yang bisa dieksplore agar bisa menjadi tempat wisata yang menarik. 10 top destinasi wisata Ponorogo menjadi pilihan untuk anda yang ingin menikmati wisata, meskipun sebagian masih berupa tempat wisata baru.

Ponorogo adalah sebuah kabupaten yang memilki luas 1.372 km persegi. Memang Ponorogo tidak terlalu terkenal dibanding daerah yang memiliki tempat wisata alam di Jawa Timur, namun dibalik itu semua, Ponorogo ternyata memiliki wisata alam, wisata museum, wisata air dan juga berbagai wisata sejarah.

Informasi tentang destinasi wisata di Ponorogo juga pernah disampaikan Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik bersama dalam rangka Hari Raya Idul Firtri Tahun 2019 kemarin. Namun, meskipun pernah disampaikan tahun 2019, tempat wisata Ponorogo ini masih relevan untuk menjadi referensi bagi anda yang ingin mengunjungi Ponorogo.

10 Top Destinasi Wisata Ponorogo

Berikut destinasi tempat wisata Ponorogo, yang bisa menjadi referensi anda saat berkunjung ke Ponorogo, antara lain:
  1. Air Terjun Coban Lawe.
  2. Tanah Goyang.
  3. Bukit Bobrok.
  4. Gunung Beruk.
  5. Bukit Cumbri.
  6. Bukit Watu Semaur.
  7. Tumpak Pare.
  8. Watu Pecah Jonggol.
  9. Mloko Sewu.
  10. Telaga Ngebel dan Pemandian Air Panas.

1. Air Terjun Coban Lawe.

Salah satu tempat wisata alam yang bisa anda datangi adalah Air Terjun Coban Lawe, yang berada di Desa Krisik, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo. Air terjun ini masih sangat alami, dengan panoramanya yang menarik yaitu air terjun berundak.

Air Terjun Coban Lawe;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Air Terjun Coban Lawe (Sumber gambar: ikomedia.umpo.ac.id)
Tempat wisata ini sudah mulai sering dikunjungi oleh wisatawan dengan pemandangannya yang indah. Bila anda di Ponorogo, anda bisa menyempatkan untuk melihat keindahan air terjun yang masih alami ini.

2. Tanah Goyang.

Tempat wisata yang satu ini menjadi sebuah destinasi wisata yang unik. Destinasi Wisata Tanah Goyang ini berada di Desa Pudak Wetan, Kecamatan Pudak, Kabupaten Ponorogo. Keunikannya adalah saat menginjak tanah, maka tanah akan bergoyang tidak stabil. Tanah goyang yang tidak stabil ini berada di sebuah lembah hijau. Terdapat cerita atau mitos, tanah goyang disebabkan seekor naga yang ingin membuat telaga namun gagal karena mendengar suara ayam berkokok.

Wisata Tanah Goyang;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Wisata Tanah Goyang (Sumber gambar: inforeogponorogo.blogspot.com)
Wisata tanah Goyang menjadi sebuah tujuan wisata yang menarik yang bisa anda kunjungi saat liburan tiba. Sebenarnya secara ilmiah, tanah goyang disebabkan karena kawasan ini dikelilingi dengan perbukitan dan di tempat itu terdapat air berkumpul yang membentuk rawa, dan diatasnya terdapat rerumputan tebal yang sebagian sudah berubah menjadi tanah.

3. Bukit Bobrok.

Bukit Bobrok atau biasa disebut dengan Gunung Bobrok adalah sebuah kawasan wisata yang berada di Dukuh Bobrok, Desa Ngumpul, Kecamatan Mbalong, Ponorogo. Karena berada di ketinggian, maka tempat wisata ini memberikan pemandangan hijau yang sangat bagus dan indah. Yang menarik, anda juga bisa menikmati sunset di atas ketinggian Bukit Bobrok ini.

Bukit Bobrok;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Bukit Bobrok  (Sumber gambar: ngadem.com)
Baca juga: Top Destinasi Wisata Pacitan.

Spot yang menarik di wisata ini adalah rumah pohon dan juga gazebo yang bisa untuk berswafoto.

4. Gunung Beruk.

Gunung Beruk adalah salah satu tujuan wisata yang berada di Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong, Ponorogo. Di tempat ini, anda akan melihat keindahan alam dan pemandangan yang indah, ditambah dengan spot foto yag menarik .

Gunung Beruk ;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Gunung Beruk (Sumber gambar: ksmtour.com)
Di tempat wisata ini, juga terdapat gardu pandang dan juga gazebo dan terdapat rumah pohon seperti wisata Kalibiru di Kulon Progo, Yogyakarta, anda bisa menikmati keindahan alam sambil berswafoto sambil menikmati keindahan alam Gunung Beruk.

5. Bukit Cumbri.

Bukit Cumbri adalah negeri di atas awan yang ada di Ponorogo. Keindahannya membuat para pecinta traveling ingin menikmati keindahan wisata di tempat ini. Bukit ini berada di ketinggian 638 meter di atas permukaan laut yang menjadikan Bukit Cumbri memiliki panorama yang sangat indah.

Bukit Cumbri (Sumber gambar: dolandolen.com)
Bukit Cumbri terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Ponorogo. Bukit ini memiliki 2 puncak yang menawan yang satu menghadap ke barat dan memiliki ketinggian lebih rendag daripada yang menghadap ke timur.

6. Bukit Watu Semaur.

Wisata Watu Semaur adalah salah satu tempat wisata di Ponorogo yang bisa menjadi referensi wisata untuk dikunjungi. Tempat ini berlokasi di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Wisata Watu Semaur memiliki pesona keindahan yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata Watu Semaur;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Wisata Watu Semaur (Sumber gambar: plasadewa.blogspot.com)
Baca juga: Destinasi Wisata Trenggalek.

Watu Semaur sebenarnya adalah batu besar menjulang, disebut semaur karena batu ini bergema saat anda berteriak. Tempat wisata ini berada diantara hutan pinus dan dibawah batu terdapat sawah yang asri.

7. Tumpak Pare.

Tumpak Pare adalah wisata alam yang menjadi andalan Ponorogo, yang berlokasi di Desa Cempoko, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. Keindahan wisata alam ini terdapat pada puncak bukit yang pada puncaknya terdapat hutan pinus.

Tumpak Pare;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Tumpak Pare (Sumber gambar: ragam-kota-ponorogo.blogspot.com)
Anda memiliki hobi fotografi? Tempat ini sangat cocok untuk anda, karena pemandangannya yang bagus dan memiliki spot foto terbaik.

8. Watu Pecah Jonggol.

Wisata Watu Pecah Jonggol ini berada di Desa Jonggol, Kecamatan Jambon, Ponorogo. Wisata ini baru dibentuk dan dieksplore oleh Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun 2016. Terdapat beberapa spot cantik di Watu Pecah ini, seperti sunrise Puncak Gunung Watu Pecah, rumah pohon dan jembatan cinta Watu Pecah, Watu Pecah, Taman Bukit Wakwaw, Bukit Camping Ground Watu Pecah.

Wisata Watu Pecah Jonggol; 10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Wisata Watu Pecah Jonggol (Sumber gambar: jambon.ponorogo.go.id)
Watu Pecah sebenarnya adalah batu berukuran besar yang berada di pinggir tebing yang pecah ditengahnya. Pada sisi timur anda bisa melihat pemandangan dataran rendah Ponorogo dan disebelah selatan terhampar jajaran pegunungan.

9. Mloko Sewu.

Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi adalah Mloko Sewu, lokasinya tidak jauh dari Telaga Ngebel, tepatnya di Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, Ponorogo. Di tempat ini banyak pemandangan indah yang bisa anda dapatkan. Daya tarik tempat wisata baru ini terdapat pada banyaknya spot untuk berfoto selfie.

Mloko Sewu;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Mloko Sewu (Sumber gambar: www.instagram.com/yusronnn/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung.

Terdapat tiga spot bagus yang bisa anda ambil, yaitu spot taman bunga dengan lansekap di atas bukit, pintu langit, dan yang terakhir spot perahu yang menjorok ke atas bukit. Juga terdapat balon udara yang mempesona.

10. Telaga Ngebel dan Pemandian Air Panas.

Pesona wisata yang satu ini menjadi wisata andalan di Ponorogo, Telaga Ngebel, berada diperbatasan antara Ponorogo dan Kabupaten Madiun, tepatnya berada di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Ponorogo. Daya tarik Telaga Ngebel sudah terkenal sejak dahulu, danau ini memiliki luas yang hampir sama dengan Telaga Sarangan.

Telaga Ngebel;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Telaga Ngebel (Sumber gambar: nativeindonesia.com)
Sebagai telaga yang berada di atas pegunungan, masih banyak pepohonan yang menghiasi telaga Ngebel ini. Banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan di Telaga Ngebel, mulai dari menikmati perahu motor, becak air dan juga bus motor.

Pemandian air panas Tirta Husaha;10 Top Destinasi Wisata Ponorogo
Pemandian air panas Tirta Husaha (Sumber gambar: nbudie.wordpress.com)
Untuk pemandian air panas ini, berada di Desa Wagir Lor, Kecamatan Ngebel, yang memiliki nama Tirta Husaha yang bersumber dari panas bumi dan memiliki kandungan belerang. Banyak sekali pengunjung yang datang ke tempat wisata pemandian air panas, karena adanya khasiat untuk kesehatan, seperti menyembuhkan penyakit kulit, vertigo, dan juga diabetes.

Tertarik dengan destinasi wisata di Ponorogo?. Semoga 10 top destinasi wisata Ponorogo ini bisa memberi anda informasi tentang berbagai pilihan tempat wisata di Ponorogo.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel