10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung

Traveling masih menjadi topik hangat kali ini. Meskipun saat ini masih terjadi pandemi wabah Covid-19, namun kita masih bisa merencanakan daerah mana saja yang bisa dikunjungi. Jawa Timur adalah salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki daerah yang memiliki kekayaan wisata alam yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Salah satu diantaranya adalah Kabupaten Tulungagung. Tulungagung memiliki banyak tempat yang bisa didatangi untuk menikmati keindahan alam. Meskipun memiiki banyak tempat wisata, namun dalam kesempatan ini sengaja hanya disampaikan 10 top destinasi wisata Kabupaaten Tulungagung saja.

Kabupaten Tulungagung sendiri adalah sebuah kabupaten yang memiliki panorama dan pesona alam yang luar biasa, ditambah lagi dengan banyaknya tempat yang belum dikomersilkan, menjadikan Tulungagung menjadi daerah yang kaya akan wisata alam. Banyak sekali obyek wisata luar biasa di Tulungagung, mulai dari berbagai situs budaya, situs sejarah, pantai, perbukitan, air terjun dan juga spot kekinian yang instagramable yang sangat cocok untuk anda yang  memiliki hobi fotografi.

Informasi destinasi wisata Kabupaten Tulungagung ini didapatkan dari informasi Gubernur Jawa Timur saat pelaksanaan pelepasan mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin. Namun, meskipun informasi ini disampaikan tahun kemarin, destinasi wisata ini masih relevan untuk menjadi referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi setelah wabah Covid-19 ini selesai.

10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung

Berikut daftar destinasi wisata Kabupaten Tulungagung, yang bisa anda kunjungi, antara lain sebagai berikut:
  1. Gunung Budheg.
  2. Pantai Gemah.
  3. Pantai Kedung Tumpang.
  4. Pantai Pathok Gebang.
  5. Gubug Sawah.
  6. Kampung Strawberry Gambiran.
  7. Buper Jurang Senggani.
  8. Candi Gayatri.
  9. Kali Ngrowo.
  10. Waduk Wonorejo.

1. Gunung Budheg.

Salah satu tempat wisata yang harus anda kunjungi adalah Gunung Budheg, yang berada di Desa Tanggung, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Gunung Budheg atau disebut juga dengan Gunung Cikrak adalag gunung atau bukit yang berada di ketinggian 585 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata ini memiliki pemandangan yang indah.

Gunung Budheg;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Gunung Budheg (Sumber gambar: backpackerjakarta.com)
Karena tidak terlalu tinggi, Gunung Budheg menjadi sebuah tempat yang pas untuk para pendaki pemula. Di tempat ini terdapat patung Joko Budheg yag menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini.

2. Pantai Gemah.

Pantai Gemah menjadi tujuan wisata selanjutnya, di tempat ini, anda bisa menikmati jajaran pohon pinus dan juga berbagai wahana yang disediakan di tempat wisata ini. Pantai ini berada di Soireng, Keboireng, Besuki Tulungagung. Di tempat wisata ini, anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti bermain jetsky, bermain banana boat, bermain pasir, menyewa ATV dan juga motor trail yang bisa anda dapatkan di pantai ini dan juga menikmati wisata kuliner.

Pantai Gemah;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Pantai Gemah (Sumber gambar: pantai-gemah.com)
Pantai ini memang menjadi favorit para wisatawan yang datang ke Tulungagung, dengan perpaduan pasir pantai berwarna kecoklatan dan air laut yang berwarna biru, ditambah suasana pantai yang indah membuat suasana pantai ini bertambah eksotis.

3. Pantai Kedung Tumpang.

Pantai Kedung Tumpang adalah salah satu pantai di Tulungagung yang berada Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Pantai ini menjadi salah satu daya tarik wisata menarik di Tulungagung, apalagi dengan keindahan pantainya yang memiliki kolam renang alami yang sangat indah.

Pantai Kedung Tumpang;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Pantai Kedung Tumpang (Sumber gambar: pantainesia.com)
Pantai Kedung Tumpang sebenarnya adalah gugusan karang yang memiliki beberapa buah kolam atau disebut juga dengan laguna yang tercipta secara alami akibat proses alam. Laguna ini sangat menarik minat para wisatawan untuk datang, apalagi dengan airnya yang bening dan sangat indah.

4. Pantai Pathok Gebang.

Satu lagi tempat wisata yang harus ada dalam daftar kunjungan anda ke Tulungagung, yaitu Pantai Pathok Gebang, pantai ini berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanjung Gunung, Tulungagung. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sanggar dan Pantai Ngalur.

Pantai Pathok Gebang;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Pantai Pathok Gebang (Sumber gambar: eastjava.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Blitar.

Pantai ini sebenarnya adalah sebuah pantai kecil yang sangat indah dan menyuguhkan keindahan khas pantai yang harus anda kunjungi.

5. Gubug Sawah.

Gubug Sawah adalah sebuah tempat wisata baru di Tulungagung, tempat wisata ini sebenarnya adalah sebuah area persawahan yang sengaja dibangun menjadi sebuah tempat menarik yang instagrammable, dengan lampu berwarna warni, ditambah dengan berbagai ornamen dari berbagai barang bekas yang mengelilingi petak sawah.

Gubug Sawah;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Gubug Sawah (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Reco Barong No 93, Sumberejo Wetan, Ngunut, Kabupaten Tulungagung. Dengan adanya tempat wisata baru ini, menjadikan Tulungagung memiliki berbagai piliha tempat wisata yang menarik, dan menambah daftar tempat wisata menarik di Tulungagung.


6. Kampung Strawberry Gambiran.

Kampung Strawberry Gambiran adalah sebuah tempat wisata yang merupakan sebuah kawasan desa wisata yang dikelola BUMDes bersama masyarakat Desa Gambiran, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung yang merupakan sebuah Wisata Kampoeng Idjo. Lokasi tempat wisata ini sangat mendukung usaha bercocok tanam dan beternak sapi perah, karena berada di ketinggian 600 – 1500 di atas permukaan laut.

Kampung Strawberry Gambiran;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Kampung Strawberry Gambiran (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Terdapat wisata pertanian holtikultura yang menarik para wisatawan untuk datang, antara lain belajar budidaya dan petik strawberry, bercocok tanam dan juga petik sayur.

7. Buper Jurang Senggani.

Buper Jurang Senggani,  adalah singkatan dari Bumi Perkemahan Jurang Senggani yang berlokasi di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Tempat wisata ini menjadi sebuah tempat wisata yang menarik, yang biasanya digunakan untuk camping, karena tempat ini memiliki suasana yang sejuk dengan pepohonan yang rimbun.

Buper Jurang Senggani;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Buper Jurang Senggani (Sumber gambar: explorewisata.com)
Daya tarik lainnya terletak pada keindahan air terjun yang memiliki air yang jernih dan juga dikelilingi dengan hutan pinus.

8. Candi Gayatri.

Candi Gayatri sebenarnya adalah Candi Boyolangu, candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit, yang dibangun di era Pemerintahan Hayam Wuruk, sebagai penghormatan dan makam Putri Gayatri yang merupakan istri kempat Raden Wijaya (Raja Kertarajasa Jaya Wardhana).

Candi Gayatri ; 10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Candi Gayatri  (Sumber gambar: jawatimuran.wordpress.com)
Baca juga: Top Destinasi Wisata Pacitan.

Kompleks candi ini sangat asri dengan rumput hijau yang subur dan bunga yang indah di sekitar candi. Sesuai dengan namanya, makam candi ini berada di Dusun Dadapan, Desa Boyolangu, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.

9. Kali Ngrowo.

Satu lagi tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi, yaitu Kali Ngrowo, yang berada di Desa Sembung, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Tempat wisata ini juga disebut dengan Wisata Pinka atau singkatan dari Wisata Pinggir Kali. Selain menjadi tempat wisata yag menarik, di Wisata Pinka Kali Ngowo ini anda bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar tempat wisata tersebut.

Kali Ngrowo;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Kali Ngrowo (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Kali Ngrowo saat ini juga menjadi sebuah destinasi wisata yang bisa dinikmati saat malam hari, wisata ini memiliki area yang sangat luas ditambah banyaknya wahana yang bisa digunakan oleh anak-anak dan keluarga.

10. Waduk Wonorejo.

Tempat wisata yang satu ini bisa anda kunjungi bersama keluarga, Waduk Wonorejo, berada di Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Waduk ini berada di sebelah selatan lereng Gunung Wilis, yang menjadikan waduk ini memiliki banyak fungsi. Waduk ini menjadi sebuah waduk terbesar di Asia Tenggara dengan debit air 15.000 m3 per detik.

Waduk Wonorejo;10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung
Waduk Wonorejo (Sumber gambar: pagunpost.com)
Selain multifungi, waduk ini memiliki potensi wisata yang luar biasa yang memberikan pemandangan yang sangat indah.

Itu dia 10 top destinasi wisata Kabupaten Tulungagung, yang bisa menjadi referensi wisata saat anda berkunjung ke Kabupaten Tulungagung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel