Top Destinasi Wisata Pacitan

Kali ini tujuan destinasi wisata kita adalah sebuah daerah yang berada di barat daya Jawa Timur dan juga berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Pacitan menjadi daerah yang terkenal dengan wisata alam yang sangat mempesona, mulai dari gua, pantai, dan air terjunnya yang sangat cantik, apalagi pantai yang berada di sepanjang pantai selatan dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini menjadikan Pacitan sebagai sebuah daerah yang selalu dikunjungi wisatawan yang sangat menyukai wisata alam. Banyak sekali tempat wisata yang menjadi top destinasi wisata Pacitan yang menjadi favorit pecinta traveling.

Sebagai daerah yang memiliki banyak termpat wisata, Pacitan memiliki banyak sebutan, salah satunya adalah “Kota Seribu Gua”, namun sebenarnya tidak hanya gua saja yang menjadikan Pacitan sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Bahkan ada yang menyebut salah satu gua di Pacitan menjadi gua paling indah di Asia Tenggara, meskipun masih ada gua lainnya yang sayang kalau dilewatkan saat anda mengunjungi Pacitan.

Dengan banyaknya tempat wisata alam yang menarik tersebut, menjadikan Pacitan selalu dikunjungi para wisatawan yang sangat menyukai wisata alam, apalagi sebagian besar wilayahnya adalah pegunungan kapur, yang merupakan rangkaian Pegunungan Kidul, tidak heran bila Pacitan memiliki sekitar 50 tempat wisata yang sangat bagus.

Top Destinasi Wisata Pacitan

Informasi top destinasi wisata Pacitan berasal dari berbagai referensi termasuk juga informasi tempat wisata dan juga kuliner yang bisa dibuka di pesona.id. Informasi ini juga disampaikan Gubernur Jawa Timur saat mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin, namun informasi ini tetap relevan dengan wisata alam yang ada di Pacitan, dan bisa anda gunakan nanti setelah wabah pandemi virus corona covid-9 ini selesai, adapun destinasi wisata yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Pantai Klayar.
  2. Pantai Buyutan.
  3. Gua Gong
  4. Sungai Maron
  5. Sentono Gentong
  6. Pantai Teleng Ria
  7. Pantai Banyu Tibo.
  8. Pantai Srau.
  9. Pantai Soge.
  10. Pantai Pidakan.
  11. Pantai Ngiroboyo
  12. Pantai Watukarung.
  13. Pantai Kasap.
  14. Banyu Anget.
  15. Pantai Pancer.
  16. Pantai Taman.

1. Pantai Klayar

Destinasi wisata yang satu ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, yang berjarak 40 kilometer menuju arah barat daya dari Kota Pacitan. Pantai Klayar termasuk deretan pantai selatan dengan ombaknya yang besar, karena itu pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang.
Meskipun tidak diperbolehkan berenang, anda bisa menemukan hal menarik, seperti tebing dengan tinggi 50 meter di tengah pantai dan bebatuan yang mirip seperti Sphinx. Selain itu terdapat air mancur alami dengan tinggi 10 meter, yang disebabkan tekanan tinggi air laut yang masuk melalui bagian bawa bebatuan.

Top Destinasi Wisata Pacitan;Pantai Klayar;
Pantai Klayar (Sumber gambar: gambarbagus.com)
Terdapat fenomena alam yang menarik yang ada di pantai Klayar, yaitu adanya lubang air besar seperti sumur, pada lubang bagian pertama yang merupakan lubang paling besar, dulu dipakai untuk memandikan kuda balap. Dahulu Pantai Klayar pernah dipakai sebagai arena pacuan kuda. Pada lubang kedua dan juga lubang ketiga, dipercaya masyarakat sebagai air petuah yang bisa menyembuhkan penyakit dan juga membawa berkah.

2. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di Pacitan yang terletak di Dusun Widoro, Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai Buyutan menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat sering dikunjungi, di area bibir pantai anda akan melihat tebing dan juga batu karang yang ada di tengah laut, ditambah air lautnya yang berwarna biru menjadikan pemandangan Pantai Buyutan menjadi lebih indah.

Pantai Buyutan;Top Destinasi Wisata Pacitan
Pantai Buyutan  (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Selain anda bisa melihat pemandangan yang indah, di Pantai Buyutan juga terdapat ekosistem kera ekor panjang, yang jinak dan lucu, namun untuk mendekatinya anda harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh petugas.

Baca juga: 10 Top destinasi wisata Jombang.

Selain keindahan pantainya, Pantai Buyutan memiliki ikon yang menarik yaitu sebuah batu karang besar dengan bentuk seperti mahkota yang dekat dengan pantai, menurut cerita, batu karang tersebut adalah mahkota Dewa Narada yang jatuh saat terbang di atas pantai. Batu ini sekarang menjadi spot foto yang menarik.

3. Gua Gong

Gua Gong menjadi salah satu gua yang paling indah, hal ini disebabkan keindahan gua yang dihiasi stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Gua ini berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan. Gua Gong menjadi salah satu gua yang paling indah di Asia Tenggara. Gua Gong memiliki panjang 256 meter. Keindahan Gua Gong disebabkan adanya ruangan dengan bentuk kubah raksasa dengan panjang 100 meter, lebar 15 sampai 40 meter dan tinggi sekitar 20 meter.
Stalaktit dan stalakmit menghiasi seluruh ruangan, bahkan terdapat nama-nama yang menarik, antara lain Selo Pakuan Bomo, Selo Jengger Bumi, Selo Bantaran Angin, Selo Adi Citro Buwono, dan masih banyak nama lainnya.

Gua Gong;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Gua Gong (Sumber gambar: nativeindonesia.com)
Gua Gong pertama kali ditemukan pada tahun 1930, karena saat itu terjadi musim kemarau yang berkepanjangan dan sangat sulit mencari air, untuk itu dua orang warga, yaitu Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo mencari sumber air yang dibutuhkan, akhirnya mereka menemukan sebuah lubang dan dengan hanya bantuan obor mereka menemukan lorong di dalamnya dan menemukam mata air di dalam gua tersebut.

4. Sungai Maron

Sungai Maron menjadi salah satu tujuan wisata menarik yang sayang kalau dilewatkan, sungai ini berada di Desa Dersono, Pringkuku, Pacitan. Sungai Maron juga disebut dengan Green Canyon-nya Pacitan, hal ini dikarenakan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Sungai Maron memiliki panjang 4,5 kilometer dengan kedalaman 20 meter. Saat anda menikmati dan menyusuri sungai ini, anda seperti menikmati Sungai Amazon di Brazil.

Sungai Maron
Sungai Maron (Sumber gambar: travel.detik.com)
Untuk menikmati keindahan Sungai Maron, anda bisa menyewa perahu yang bisa disewa, anda akan diajak menyusuri keindahan sungai selam 40 menit, dan anda bisa ber-selfie dan mengambil foto menarik di Sungai Maron ini.

5. Sentono Gentong

Sentono Gentong sebenarnya adalah sebuah petilasan yang digunakan untuk bertapa, namun disekitar Sentono Gentong terdapat banyak potensi alam yang menarik. Sentono Gentong sendiri berada di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

Sentono Gentong;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Sentono Gentong (Sumber gambar: ngumbul.kabpacitan.id)
Nama Gentong sendiri berasal dari kebiasaan saudagar Kalingga Selatan yang datang ke Pacitan dengan selalu membawa bekal air dan ditampung dalam sebuah gentong, selain untuk minum, air tersebut juga digunakan untuk berwudhu.

Dari Sentono Gentong, anda akan melihat panorama alam yang indah, dari tempat ini anda bisa melihat keseluruhan wilayah Pacitan.

6. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria adalah pantai yang menjadi favorit masyarakat. Pantai ini berada di Kawasan Wisata Pantai Teleng Ria Beach Resort, Jalan WR Supratman, Sidoharjo, Pacitan. Pantai ini adalah pantai yang memiliki kontur yang landai dengan luas 40 hektar. Pantai Teleng Ria adalah pantai yang unik, karena lokasinya diapit dengan Gunung Limo, saat berada di pantai ini anda akan melihat tebing yang tinggi dengan bentuk huruf U seperti melindungi Pantai Teleng Ria.

Pantai Teleng Ria;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Pantai Teleng Ria (Sumber gambar: ksmtour.com)
Baca juga: Wisata Sabang, keindahan di ujung barat Indonesia.

Terdapat berbagai fasilitas yang bisa digunakan para wisatawan saat mengunjungi pantai ini, seperti penginapan dan juga restaurant. Anda juga akan terhibur dengan adanya waterpark yang berada disebelah kanan pintu masuk pantai.

7. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo menjadi salah satu pantai di Pacitan yang menjadi favorit para traveler dan wisatawan untuk menikmati suasana pantai. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Keindahan pantai ini terletak pada pesona air terjun Banyu Tibo dan juga pantai Banyu Tibo yang menjadi daya tarik yang memikat para wisatawan. Airnya yang jernih, ditambah air yang segar karena berasal dari pegunungan menjadikan anda tertarik untuk berfoto disini.

Pantai Banyu Tibo ;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Pantai Banyu Tibo (Sumber gambar: klikhotel.com)
Daya tarik Pantai Banyu Tibo terletak pada air terjun yang berada tepat di bibir pantai yang berasal sungai kecil dengan air yang sangat jernih. Dan yang menarik, meskipun pada musim kemarau, air ini tidak pernah kering.

8. Pantai Srau

Pantai Srau adalah pantai yang memiliki pemandangan sunset yang khas dan indah, selain itu Pantai Srau seperti dibentengi deretan pohon kelapa yang memanjang sepanjang pantai yang asri dan juga lokasinya yang masih jarang dikunjungi, menjadikan tempat ini sejuk dan bersih. Pantai Srau terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan.

Pantai Srau;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Pantai Srau (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Pantai Srau memiliki keindahan dengan adanya bongkahan batu karang, mirip seperti jembatan yang menjadikan Pantai Srau tampak alami. Terdapat beberapa keindahan yang bisa dinikmati, yaitu gugusan bukit karang, spot sunset yang indah, bisa untuk camping, memiliki sumber air tawar, pantai ini bisa digunakan untuk berenang, diving dan juga surfing.

9. Pantai Soge

Pantai Soge menjadi salah satu pantai di Pacitan yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, dengan suasana pantai yang masih alami menjadikan pantai ini menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari pasir pantai yang lembut, memiliki danau air payau di bawah pohon kelapa, juga muara sungai yang membelah pasir pantai sepanjang 150 meter.

Pantai Soge;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Pantai Soge (Sumber gambar: infopacitan.com)
Baca juga: Destinasi wisata Trenggalek.

Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo,Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Lokasi pantai ini termasuk salah satu pantai yang paling mudah untuk dikunjungi, selain berada di sepanjang jalur lintas selatan, juga lokasi pantainya yang berada di pinggir jalan.

10. Pantai Pidakan

Pantai Pidakan menjadi salah satu Pantai di Pacitan yang juga menjadi favorit para wisatawan. Pantai ini memiiki ciri khas yang membedakannya dengan pantai yang lain, yaitu terletak pada bebatuan alam yang berwarna putih dan juga bersih dengan berbagai macam jenis dan ukuran. Selain keindahan batu yang luar biasa, pantai ini juga memiliki spot foto yang menarik untuk anda yag hobi berfoto, sepertinya pantai ini bisa memberikan spot menarik yang bisa anda ambil.

Pantai Pidakan;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Pantai Pidakan (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Pantai Pidakan berada di Dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan. Pantai ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan apalagi saat musim liburan, selain pantainya yang sejuk juga keindahan alam pantai sangat mendukung pantai ini menjadi sangat menarik.

11. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo adalah salah satu kawasan pantai yang sudah menjadi tempat wisata, khususnya tempat rekreasi. Pantai Ngiroboyo ini terletak di Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Diantara berbagai pantai di Pacitan, maka Pantai Ngiroboyo memiliki keunikan tersendiri dikarenakan pasir pantainya berwarna hitam yang mendominasi Pantai Ngiroboyo ini.

Pantai Ngiroboyo;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Pantai Ngiroboyo (Sumber gambar: inews.id)
Selain daya tarik pasir hitam, anda juga bisa menikmati keindahan Sungai Maron, anda bisa menyusuri sungai menuju ke arah sebelah timur pantai menuju Muara Sungai Maron. Selain bisa menikmati Sungai Maron, anda yang senang berkemah, anda bisa berkemah di area camping ground disisi sebelah utara Pantai Ngiroboyo.

12. Pantai Watu Karung

Salah satu pantai di Pacitan yang memiliki pemandangan pasir putih yang cantik dan menawan adalah Pantai Watu Karung yang terletak di Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Pantai ini juga menjadi salah satu pantai yang sangat cocok untuk berselancar, apalagi sejak Bruce Irons peselancar profesional dari luar negeri mengabadikan fotonya saat singgah di Pantai Watu Karung, dan juga ditampilkan di Majalah Waves saat berselancar tahun 2018.

Pantai Watu Karung;Top Destinasi Wisata Pacitan
Pantai Watu Karung (Sumber gambar: travel.tempo.co)
Selain ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar, pantai juga memiliki pesona dari pantainya yang bersih dan air lautnya yang berwarna biru.

13. Pantai Kasap

Berbicara tentang pantai, maka Pantai Kasap menjadi salah satu pantai favorit di Pacitan. Pantai ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Pantai Kasap juga disebut dengan “Raja Ampat Pacitan”. Untuk menikmati keindahan gugusan pantai yang penampaknnya sangat mirip dengan Raja Ampat, anda bisa menaiki bukit di sebelah Pantai Kasap dengan melewati jalan setapak.

Pantai Kasap;Top Destinasi Wisata Pacitan
Pantai Kasap (Sumber gambar: tribunnews.com)
Sebagai pantai yang tergolong masih alami, bagi anda yang senang akan traveling, sepertinya kondisi Pantai Kasap sangat cocok untuk anda yang menyukai suasana alami.

14. Banyu Anget

Wisata Pemandian Banyu Anget atau Banyu Anget, dalam bahasa Jawa disebut juga dengan Pemandian Air Hangat Tirto Husodo, yang memiliki arti keindahan alam yang menarik. Sebagai sebuat tempat wisata yang memiliki keunggulan, maka pemandian ini menjadi sebuah tempat wisata yang sering dikunjungi saat musim liburan, selain daya tariknya karena pemandian ini adalah pemandian air hangat  yang mengandung zat kapur dan juga belerang, yang bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Banyu Anget;Top Destinasi Wisata Pacitan;
Banyu Anget (Sumber gambar: masbei.com)
Baca juga: Pantai Seribu Selat, Raja Ampat dari Malang Selatan.

Sebagai tempat wisata yang sangat populer di Pacitan, tempat wisata ini berada di Jalan Arjosari - Banyu  Anget, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Bila anda menikmawi wisata di Pacitan, sayang kalau anda melewatkan pemandian Banyu Anget ini, karena pemandian ini memiliki suasana yang nyaman dan menjadi tempat wisata favorit untuk menikmati liburan.

15. Pantai Pancer

Panti Pancer menjadi salah satu pantai di Pacitan yang memberikan sensasi berbeda, karena pantai ini adalah bagian dari pantai dari Teluk Pacitan yang berada di sisi timur Pantai Teleng Ria. Pantai ini menjadi pantai favorit wisatawan yang berkunjung ke Pacitan, yaitu ombaknya yang besar dan area pantainya yang luas. Ombak besar di Pantai Pancer menjadi ombak yang dimanfaatkan para peselancar untuk menikmati surfing. Bahkan berbagai acara selancar dan juga dayung sering diadakan di Pantai Pancer ini, di Muara Sungai Grindulu.

 Pantai Pancer;Top Destinasi Wisata Pacitan;
 Pantai Pancer (Sumber gambar: indolah.com)
Sebagai pantai yang menjadi tujuan wisata favorit, di kawasan ini sudah disediakan berbagai fasilitas pendukung, seperti taman, panggung event, etalase Geopark Gunung Sewu, juga track untuk berolahraga. Pantai Pancer ini berada di Kelurahan Ploso, Pacitan.

16. Pantai Taman

Di antara berbagai pantai, Pantai Taman juga menjadi salah satu pantai yang selalu dikunjungi para wisatawan. Pantai Taman berada di Dusun Taman, Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Pantai Taman menjadi salah satu pantai yang memiliki garis pantai yang panjang, ditambah lagi ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga anda bisa menikmati bermain air di pantai ini.

Pantai Taman
Pantai Taman (Sumber gambar: medium.com)
Selain suasananya yang menarik di Pantai Taman, juga terdapat berbagai fasilitas yang bisa anda nikmati, antara lain kolam renang, konservasi penyu dan juga wahana flying fox. Konservasi penyu di Pantai Taman ini menjadi kawasan yang digunakan para penyu untuk bertelur. Terdapat berbagai jenis penyu yang sering bertelur di Pantai Taman ini, seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan penyu abu-abu.

Itu dia sedikit informasi tentang top destinasi wisata Pacitan, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin menikmati wisata di Pacitan. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel