Wisata Sabang, Keindahan Di Ujung Barat Indonesia

Anda tertarik dan ingin menikmati traveling ke Indonesia?. Kalau jawabnya ya, rasanya anda sudah benar memilih artikel ini untuk mendapatkan informasi traveling terbaik di Indonesia dan berbagai negara lainnya. Indonesia sendiri adalah sebuah negara yang memiliki banyak tempat wisata, khususnya wisata alam. Bagi anda yang senang menikmati traveling di Indonesia selain Pulau Bali, kali ini saya mencoba memberikan informasi tentang salah satu tempat indah di Indonesia, yang bisa menjadi referensi anda. Sepertinya Wisata  Sabang, Keindahan Di Ujung Barat Indonesia ini, bisa menjadi rencana kunjungan anda untuk menikmati traveling anda berikutnya.

Sebenarnya kalau berbicara tentang kapan akan melakukan traveling, anda bisa mengunjungi tempat wisata di Indonesa kapan saja, namun ini hanya saran saja kepada anda yang tidak menyukai menikmati keindahan wisata dalam keadaan basah, pilihlah kunjungan saat musim kemarau atau musim kering, biasanya antara bulan April sampai dengan Bulan September. Pada musim kering tersebut, anda bisa menikmati keindahan wisata tanpa gelisah liburan menjadi tertunda karena basahnya air hujan.

Wisata Pulau Weh; Wisata  Sabang, Keindahan Di Ujung Barat Indonesia;
Wisata Pulau Weh (Sumber gambar: www.cruisemapper.com)

Wisata Sabang Aceh

Sabang, kota ini adalah salah satu kota di Aceh, yang berada di kepulauan, yaitu Weh Island. Sebagai kota yang memiliki potensi wisata yang selalu berkembang, Sabang menjadi kota yang memiliki status sebagai Zona Perdagangan Bebas dan juga Pelabuhan Balohan sebagai Free Port Zone sejak tahun 2000.

Berbicara tentang menikmati liburan, tentunya anda pasti khawatir tentang biaya yang akan dikeluarkan, apalagi kalau berlibur ke sebuah pulau. Namun jangan salah, untuk menuju ke Sabang yang berada di Weh Island, anggaran dana yang anda keluarkan tidak begitu besar dan biayanya bisa ditekan. Kunci utama dalam meminimalisir biaya adalah pintar dalam memilih transportasi. Untuk transportasi menuju Pulau Weh sangat banyak dan beragam dengan berbagai pilihan harga.

Terdapat  3 rute untuk bisa sampai di Sabang, antara lain:
  1. Rute dari Jakarta menuju Aceh.
  2. Rute dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda sampai ke Pelabuhan Ulee Lheue.
  3. Rute dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh.
1. Rute Jakarta ke Aceh.
Untuk rute ini, anda harus menggunakan maskapai penerbangan menuju ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Sangat mudah mencari tiket pesawat dari Jakarta ke Aceh. Sebagai saran: carilah tiket penerbangan, sebelum anda melaksanakan traveling, tiket harga normal Jakarta - Aceh saat ini berkisar Rp. 1.000.000,-, jika saat musim liburan harga tiket bisa naik.

2. Rute dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda ke Pelabuhan Ulee Lheue.
Untuk rute ini, masih berada di dalam Aceh, sedangkan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda berada di Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, dengan jarak satu jam dari Kota Banda Aceh, sedang Pelabuhan Ulee Lheue berada di Kota Banda Aceh. Terdapat 4 alternatif kendaraan dari bandara menuju pelabuhan, yaitu taksi, bus, becak motor dan kendaraan khas Aceh lainnya.
Untuk kisaran harga kendaraan, memiliki tarif harga yang berbeda-beda. Apabila anda tertarik naik becak motor dan kendaraan khas Aceh lainnya, keluarlah dari kompleks bandara untuk mencari sarana transportasi tersebut.

3. Rute dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan, Sabang, Pulau Weh.
Untuk rute terakhir, hanya ada dua alteratif yaitu dengan kapal cepat atau kapal lambat dengan menggunakan feri. Khusus untuk feri, terdapat tiga jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Ulee Lheue (Banda Ceh) menuju Pelabuhan Balohan (Pulau Weh), yaitu pukul 08.00 am, pukul 11.00 am dan pukul 04.00 pm.
Sedangkan untuk kapal cepat hanya memiliki dua jawal yaitu pukul 08.00 am dan pukul 2.30 pm.

Wisata Ke Sabang

Menikmati liburan di Weh Island memang berbeda bila dibandingkan dengan berlibur ke tempat wisata lainnya. Liburan ke Weh Island adalah liburan untuk menenangkan mata dan jiwa. Begitu sampai di Pelabuhan Balohan, anda bisa langsung menikmati keindahan hijaunya alam, ditambah dengan keindahan bunga oleander merah muda yang tumbuh menuju jalan pelabuhan ke Sabang.

Baca Juga: 
Banyak sekali tujuan tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Pulau Weh ini, antara lain:
  1. Wisata Benteng.
  2. Sabang Hill.
  3. Pantai Pasir Putih.
  4. Pantai Sumur Tiga.
  5. Pantai Kasih
  6. Danau Aneuk Laot.
  7. Pulau Klah.
  8. Air Terjun Pria Laot.
  9. Merbabu Kerkhoff (Makam Merbabu).
  10. Pantai Gapang
  11. Pantai Iboih dan Pulau Rubiah.
  12. Pantai Anoi Itam
  13. Tugu Kilometer Nol Indonesia.

1. Wisata Benteng

Siapa yang menyangka kalau Sabang pernah menjadi sebuah basis pertahanan tentara Jepang di Indonesia. Saat itu, Jepang membangun benteng di sekeliling Weh Island. Oleh karena itu, Sabang juga dikenal sebagai Kota Benteng. Benteng di Sabang berbeda dengan benteng yang ada selama ini, Benteng di Sabang berbentuk seperti bunker dengan lorong yang panjang, yang tidak tahu mengarah kemana lorong tersebut. Benteng peninggalan Jepang  yang terkenal berada di Pantai Anoi Itam. Hal yang unik adalah selain bisa belajar tentang sejarah Indonesia, anda juga bisa melihat pemandangan laut yang indah dengan terumbu karang yang bisa terlihat jelas .

Wisata Benteng
Wisata Benteng (Sumber gambar: www.horesabang.co.id)
Benteng tersebut tidak hanya berada di Pantai Anoi Itam, namun juga tersebar di pantai-pantai yang lain, bisa dikatakan Sabang pada jaman dahulu menjadi tempat yang sangat penting.

2. Sabang Hill

Bukit ini menjadi sebuah pilihan cerdas, kalau anda ingin menikmati Sabang dari atas, dan juga ingin memfoto Sabang dari angle yang berbeda, bahkan anda juga bisa memfoto Pantai Kasih dari atas, dan juga berburu sunset yang indah.

Sabang Hill
Sabang Hill (Sumber gambar: www.trover.com)

3. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih ini berada tidak jauh dari Keunekai . Pantai ini sangat unik, karena pantai ini tidak benar-benar berpasir putih, warna pasirnya cenderung berwarna coklat muda keabu-abuan.

Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih (Sumber gambar: kompaswisata.com)

4. Pantai Sumur Tiga.

Pantai ini berada di Desa Ie Meulee, dan bisa ditempuh dengan perjalanan selama 10 menit dari Kota Sabang. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai , apalagi dengan pantainya yang memiliki warna air yang bening biru kehijauan, pasirnya lembut, dan ditambah dengan pepohonan yang hijau membuat Pantai Sumur Tiga ini menjadi mempesona.

Pantai Sumur Tiga.
Pantai Sumur Tiga (Sumber gambar: www.indonesia-tourism.com)
Sebagai tempat bersantai, disekitar pantai ini juga terdapat tempat untuk menginap, salah satunya adalah “Santai Sumur Tiga” yang dimiliki oleh Fredie yang berasal dari Afrika Selatan, “Santai Sumur Tiga” berada di tebing yang menghadap ke pantai dengan cottages kayu yang siap membantu anda menikmati matahari di setiap pagi anda.

5. Pantai Kasih

Pantai ini berada di Kota Sabang dan menjadi tempat favorit masyarakat Kota Sabang untuk bersantai. Anda juga bisa melihat benteng peninggalan Jepang di sebelah kanan pantai.

Pantai Kasih
Pantai Kasih (Sumber gambar: www.horesabang.co.id)
Pantai ini dihiasi pasir putih yang lembut dan juga dihiasi dengan bebatuan. Pada saat sore hari, anda bisa menikmati sunset yang indah.

6. Danau Aneuk Laot

Danau dengan luas 3,1 km2 adalah salah satu sumber air bersih bagi penduduk Sabang. Aneuk Laot berarti anak laut, danau ini berada di Kecamatan Sukakarya di tengah Pulau Weh.

Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot (Sumber gambar: www.wowshack.com)
Danau ini masih belum diolah dengan baik, namun kalau anda tertarik untuk menikmati pemandangan danau ini, dari arah Balohan, danau ini berada di sebelah kiri jalan.

7. Pulau Klah

Pulau ini memiliki ukuran yang kecil, yang bisa anda lihat bila anda menyusuri jalan dari Kota Sabang ke Air Terjun Pria Laot. Anda berminat mengunjungi pulau ini?. Anda bisa menyewa perahu atau boat kecil untuk menuju Pulau Klah ini.

Pulau Klah
Pulau Klah (Sumber gambar: www.horesabang.co.id)

8. Air Terjun Pria Laot

Air terjun ini berada di Desa Pria Laot. Air Terjun ini memberikan sensasi alami saat anda akan menuju ke air terjun . Anda bisa menyusuri jalan setapak, kemudian menyusuri bebatuan sungai, setelah berjalan 20 menit, Air Terjun Pria Laot dengan ceruk air yang bisa digunakan untuk berenang bisa terlihat.

Air Terjun Pria Laot
Air Terjun Pria Laot (Sumber gambar: tamiangtraveller.com)
Air terjun Pria Laot ini adalah air terjun dengan ukuran yang kecil, tidak besar dan juga tidak tinggi untuk sebuah air terjun, namun jangan khawatir, airnya yang jernih dan suasananya yang tenang akan membuat anda betah untuk menikmati air terjun ini.


9. Merbabu Kerkhoff (Makam Merbabu)

Makam ini adalah sebuah makam peninggalan Belanda, dan bisa menjadi alternatif traveling selama di Sabang. Di kuburan ini anda bisa menemukan makam orang Inggris, Prancis, Jeman dan Denmark.

Merbabu Kerkhoff
Merbabu Kerkhoff (Sumber gambar: www.kanalaceh.com)
Dan terdapat juga makam tujuh tentara Jepang yang menjadi korban pesawat jatuh yang dikuburkan dalam satu lubang.

10. Pantai Gapang

Pantai Gapang ini berada tidak jauh dari Pantai Iboih. Pantai ini memiliki air yang bening dan bersih, dan cocok bagi anda yang menyukai snorkeling dan scuba diving. Disepanjang pantai terdapat rumah penduduk, resort, warung makan dan tempat yang menawarkan paket diving. Di tempat ini juga terdapat tempat penyewaan alat snorkeling.

Pantai Gapang
Pantai Gapang (Sumber gambar: asaljeplak.com)

11. Pantai Iboih dan Pulau Rubiah 

Bagi anda pecinta diving, snorkeling, dan fishing, maka Pantai Iboih ini sangat cocok bagi anda. Pasir putihnya lembut, untuk airnya juga bening, bersih dengan ombak yang kecil karena telah dipecah oleh Pulau Rubiah yang berada di depannya. Pantai Iboih ini menjadi salah satu pantai favorit masyarakat Sabang.

Pantai Iboih
Pantai Iboih (Sumber gambar: www.sedangliburan.com)
Pantai ini bisa dikatakan sangat menarik, karena selain pasirnya yang putih dan lembut, juga terdapat batu karang yang menjadi rumah bagi ikan karang yang berwarna warni dan juga terdapat ikan dori. Karena airnya sangat jernih, ikan ini bisa terlihat jelas dari atas.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah (Sumber gambar: www.tripsabang.com)
Anda bisa menikmati keindahan Pantai Iboih dan juga melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berenang menyeberang ke Pulau Rubiah, snorkeling, diving atau memancing, apa pun aktivitas yang anda lakukan dijamin pasti menyenangkan. Apabila anda ingin melihat kumpulan ikan, anda bisa menyewa boat untuk mengantarkan anda ke beberaa spot dengan terumbu karang dan juga kumpulan ikan yang menarik, seperti bintang laut, penyu, ikan dori, ikan terompet, ikan pari, lion fish, clown fish dan juga jenis ikan lainnya.

12. Pantai Anoi Itam

Anoi Itam berasal dari kata, anoi yang berarti tanah atau pasir, dan itam berarti hitam dalam bahasa Aceh. Sehingga berdasarkan asal kata tersebut, Pantai Anoi Itam adalah pantai yang berpasir hitam.

Pantai Anoi Itam
Pantai Anoi Itam (Sumber gambar: www.indonesiakaya.com)
Sebenarnya Pantai Anoi Itam sama menariknya dengan pantai yang lain di Sabang, namun sayang pantai yang satu ini belum terawat. Semoga kedepan Pemerintah setempat bisa lebih memperhatikan pantai ini agar pantai ini bisa dinikmati khususnya bagi para wisatawan.

13. Tugu Nol Kilometer Indonesia

Tugu Nol Kilometer Indonesia, juga disebut dengan titik awal Indonesia. Tempat ini menjadi tempat wajib yang harus anda kunjungi kalau anda berlibur di Sabang. Tugu Kilometer Nol Indonesia ini berada di ujung barat Weh Island, tepatnya berada di Desa Ujung Ba’u, dengan jarak 29 kilometer dari Kota Sabang.

Tugu Nol Kilometer Indonesia
Tugu Nol Kilometer Indonesia (Sumber gambar: wisataaceh.id)
Tugu Kilometer Nol ini menandai pengukuran titik Nol Kilometer Indonesia. Tugu ini diresmikan tanggal 9 September 1997 yang diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia saat itu, Try Sutrisno. Sebagai catatan,karena di tempat ini masih banyak keberadaan kera dan babi hutan yang jinak. Apabila ingin  memberikan kacang bagi kera, anda harus berhati-hatri, karena kera-kera tersebut dapat merampas dengan cepat dan membawanya kabur.

The Beauty of Sabang

Berbicara tentang Indonesia, maka Sabang bisa menjadi alternative anda untuk menikmati traveling. Pada pagi hari, anda bisa menikmati santai di hammock sambil menunggu datangnya sinar matahari, kemudian dilanjutkan dengan menikmati sarapan ditemani sejuknya angin laut yang bertiup diiringi deburan ombak.

Sebagai salah satu tempat terbaik yang bisa anda kunjungi, terdapat 3 aktifitas menarik yang bisa anda lakukan di Sabang, antara lain:
  1. Snorkeling. Aktivitas ini sangat menyenangkan, karena anda bias menikmati jernihnya air dan keindahan bawah air laut dangkal di sekitar Pulau Weh. Kalau anda tidak membawa peralatan sendiri, anda bisa menyewa alat snorkeling, antara lain snorkel gear, pelampung dan juga sepasang fin, dan anda juga bias menyewa boat untuk mengantar anda ke spot snorkeling.
  2. Scuba diving. Menyelam di Pulau Weh sangat menyenangkan, karena airnya yang bening dan bersih, mataharinya yang ramah dan hangat, ditambah dengan ikan cantik dan terumbu karang yang berwarna warni, semua ada di Pulau Weh.
  3. Memancing. Aktifitas ini bisa dilakukan di sekitar pantai dan di perairan Pulau Rondo. Ingin tahu ikan yang dipancing di perairan ini?. Terdapat ikan yang menarik yaitu ruby red snapper, giant travalli, yellow fin tuna dan berbagai jenis ikan lainnya.
Selain aktivitas tersebut di atas, anda bisa melakukan aktivitas seperti jungle tracking, dengan berjalan kaki menyusuri track di hutan, dan juga menyusuri sungai sampai ke air terjun. Anda pun bisa menikmati bird watching.

Tertarik?. Segera susun rencana dan nikmati wisata  Sabang, keindahan di ujung barat Indonesia.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel