Suzuki TF125, Motor Biasa ala Trail

Sudah lama sekali saya tidak mencari informasi tentang motor modifikasi atau motor dari produksi pabrik yang memiliki konsep jadul. Kali ini meskipun sudah terlambat untuk menerbitkan artikel tentang motor lama tersebut, saya tertarik dengan Suzuki TF125, motor biasa ala trail yang menarik untuk dibahas kali ini. Dalam beberapa kesempatan lalu, saya sempat membahas tentang jenis motor lainnya dari pabrikan lain yang sama-sama dari Jepang, berikut dengan berbagai aksesori modifikasinya. Namun pada kesempatan ini saya mencoba mencari tahu tentang detail motor ala trail ini yang jarang sekali beredar di pasaran.

TF 125 sejatinya adalah motor buatan Suzuki biasa, yang hanya mengusung sebuah konsep jadul, dengan tangkinya yang menggembung besar dengan kapasitas untuk bahan bakar 13 liter, dengan headlamp berbentuk bulat, begitu pula dengan lampu sein yang memiliki bentuk yang sama, yaitu bulat. Selain bentuk aksesori utama yang jadul juga bentuk lempu belakang kotal, kaca spion, suspensi depan teleskopik, rem tromol semua dikonsep dengan model jadul.

Suzuki TF125;Suzuki TF125, Motor Biasa ala Trail;
Suzuki TF125 (Sumber gambar: adventuriderz.com)

1. Suzuki TF125 Spesifikasi.

Motor Suzuki ini menurut saya adalah motor yang sengaja disediakan bagi anda yang membutuhkan sebuah kenyamanan dan kenikmatan diri, sehingga bisa dikatakan agak egois karena joknya hanya bisa digunakan untuk satu orang saja atau tidak bisa dipakai untuk boncengan. Pada bagian belakang terdapat semacam rak seperti Honda Win berupa rak aluminium untuk membawa barang.

Spesifikasi Suzuki TF125, antara lain:
  • Mesin menggunakan 2 stroke,1 silnder, dan pendingin cairan, dengan kapasitas 123 cc, transmisi 6 percepatan Constant Mesh.
  • Untuk dimensi (pxlxt) 2.170 mm x 935 mm x 1.150 mm.
  • Suspensi, untuk depan teleskopi, coil spring dan oil damped, sedangkan untuk yang belakang, swingarm, coil spring dan oil damped.
  • Untuk ban, pada ban depan 2.75-21 APR, Tube Type; sedangkan pada ban belakang 4.10-18 4PR, Tube Type.
  • Kapasitas tangki 13 Liter.
  • Fitur tambahan, dibekali functional engine guard bar and plate, wide tread block pattern tires, large flat rear carrier and strage box, heavy duty headlight protector.

2. Suzuki TF125 dan Ketersediaan Pasar

Sangat wajar kalau sampai saat ini Suzuki TF125 ini jarang kita jumpai karena Suzuki sengaja menyediakan dan menjual motor ini dengan jumlah terbatas, dan hanya negara tertentu yang menjual motor Suzuki TF125. Salah satu negara yang menjual motor ini adalah Australia, di Australia motor Suzuki TF125 digunakan oleh para petani utuk pergi ke ladang atau juga digunakan para peternak  untuk menjaga hewan ternaknya di padang rumput yang luas.

Suzuki TF125, Motor Biasa ala Trail
Suzuki TF125 (Sumber gambar: kabaroto.com)
Baca juga: Custom kit pilihan, dari Katros Garage.

Kalau anda tertarik dengan Suzuki TF125, motor biasa ala trail ini, sepertinya anda bisa memesannya khusus atau bisa mendatangkan motor ini dari Australia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel