Destinasi Wisata Jakarta

Ada yang menarik dengan tujuan wisata kali ini, kalau biasanya wisata yang dilakukan hanya di sekitar Jawa Timur dan Yogyakarta, kali ini ada sedikit berbeda, wisata yang dipilih adalah ibukata Negara Indonesia, yaitu Jakarta. Mengapa destinasi wisata Jakarta sebagai pilihan saat ini?. Selain karena rasa penasaran, juga ingin mengetahui keindahan wisata dibalik hiruk pikuknya Jakarta sebagai ibukota DKI dan juga ibukota negara. Jakarta sendiri memiliki banyak pilihan tempat wisata, mulai dari wisata keluarga, wisata sejarah, wisata seni, wisata kuliner, sampai dengan wisata terbaru, semua ada di Jakarta.

Sering sekali karena kesibukan, menyebabkan tidak bisa menyempatkan waktu untuk menikmati berwisata di Jakarta sendiri, bahkan tidak paham berbagai tempat wisata di Jakarta, padahal Jakarta sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jenis wisata yang diinginkan semua ada, yang tidak ada hanya kesempatan untuk mengunjungi tempat ini.

Saat ini dengan perubahan dan perkembangan Jakarta yang luar biasa, apalagi dengan semboyan “Enjoy Jakarta” yang membuat Jakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal untuk datang menikmati kota ini. Dengan perubahan yang dilakukan secara signifikan dengan memperbaiki dan merenovasi berbagai tempat wisata di Jakarta yang mengakibatkan mulai banyaknya wisatawan yang datang, khususnya dari lokal untuk datang menikmati berbagai fasilitas hiburan yang ada di Jakarta.

Destinasi Wisata Jakarta

Berikut destinasi wisata Jakarta yang bisa anda kunjungi, antara lain:
  1. Monas
  2. Ancol
  3. Kawasan Kota Tua
  4. TM Ragunan
  5. Anjungan DKI di TMII.
  6. Planetarium Jakarta.
  7. Taman Ismail Marzuki.
  8. PBB Setu Babakan.
  9. Rumah Si Pitung.
  10. Pulau Onrust.
  11. Taman Benyamin Sueb.
  12. Wayang Orang Bharata.
  13. Miss Tjitjih.
  14. Gedung Kesenian Jakarta.
  15. Museum Sejarah Jakarta.
  16. Museum Taman Prasasti.
  17. Museum MH. Thamrin.
  18. Museum Seni Rupa & Keramik.
  19. Museum Tekstil.
  20. Museum Wayang.
  21. Museum Bahari.
  22. Museum Joang ’45.

1. Monas

Monas atau yang biasa disebut Monumen Nasional adalah sebuah tugu peringatan untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Monas memiliki tinggi 132 meter dan berada di tengah sebuah taman yang sangat luas di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, yang dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 saat masa pemerintahan Presiden Ir. Soekarno dan pada tanggal 12 Jui 1975, Monas dibuka untuk umum.

Monumen Nasional;Destinasi Wisata Jakarta
Monumen Nasional (Sumber gambar: ksmtour.com)
Tempat wisata ini sangat pas sebagai wisata edukasi bersama anak, sambil berwisata juga memberikan pendidikan tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dan lepas dari tangan penjajah.

2. Ancol

Taman Impian Jaya Ancol, biasa disebut dengan Ancol atau Dufan Ancol adalah sebuah obyek wisata yang berada di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Jakarta. Tempat ini menyediakan banyak wahana permainan yang bisa dinikmati semua umur. Selain bisa menikmati permainan, anda bisa berfoto bagi yang hobi berfoto, karena di tempat ini memiliki banyak spot yang instagrammable.

Taman Impian Jaya Ancol;Destinasi Wisata Jakarta
Taman Impian Jaya Ancol (Sumber gambar: blog.airpaz.com)
Di Taman Impian Jaya Ancol ini terdapat ber bagai wahana atau tempat yang menarik yang harus anda kunjungi, antara lain Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Sea World, Ocean Dream Samudra, Marina, Putri Duyung Cottages, Pasar Seni, Kereta Gantung, Bowling dan beberapa tempat menarik lainnya. Tentunya di dalam tempat tersebut banyak sekali fasilitas yang bisa anda nikmati.

3. Kawasan Kota Tua

Ini dia salah satu tempat menarik untuk anda yang hobi berfoto, selain bisa mengabadikan berbagai spot menarik, anda juga bisa berswafoto dengan background menarik. Di Kawasan Kota Tua ini anda bisa melakukan wisata belanja, wisata keluarga sampai wisata kuliner. Kawasan ini berada di Kawasan Kota Tua, Jalan Taman Fatahillah No. 1. Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Kawasan Kota Tua;Destinasi Wisata Jakarta
Kawasan Kota Tua (Sumber gambar: pikniek.com)
Terdapat banyak spot menarik yang bisa anda kunjungi, seperti stasiun kereta api kota, Museum Fatahillah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, hingga Wisata kuliner Kota Tua Jakarta.

Baca juga: Wisata Sabangkeindahan di ujung barat Indonesia.

Terdapat berbagai kuliner yang bisa anda coba dan nikmati, tentunya khas Kota Jakarta, antara lain kerak telor, es selendang mayang, dan juga gado-gado.

4. TM Ragunan

TM Ragunan adalah singkatan dari “Taman Margasatwa Ragunan” atau biasa disebut dengan Kebun Binatang Ragunan Jakarta, yang berada di Jalan Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Jakarta. Tempat ini selalu menjadi pilihan menarik untuk berwisata di Jakarta. Tempat wisata ini berdiri tahun 1814 dan dinamakan Planten en Dierentuin.

Taman Margasatwa Ragunan;Destinasi Wisata Jakarta
Taman Margasatwa Ragunan (Sumber gambar: cintanegeri.com)
Kebun binatang ini memiliki banyak koleksi satwa, ditambah dengan berbagai tempat menarik untuk rekreasi. Selain itu juga terdapat zona rekreasi, seperti Pusat Primata SCHMUTZER, Taman Refleksi dan Taman Satwa Anak.

5. Anjungan DKI di TMII.

Sesuai dengan namanya, maka Anjungan DKI di TMII, adalah sebuah tempat rekreasi yang berada di Taman Mini Indonesia Indah, di Jalan Raya Taman Mini, Kelurahan Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Jakarta. Di anjungan ini, anda akan melihat berbagai dekorasi Betawi yang menunjukkan budaya asli Suku Betawi. Selain itu, ditempat ini juga sering dilakukan pertunjukan reguler yang menampilkan musik dan kesenian asli Betawi.

Anjungan DKI di TMII;Destinasi Wisata Jakarta
Anjungan DKI di TMII (Sumber gambar: tamanmini.com)
Jika anda berada di TMII, tempat ini menjadi wisata yang wajib anda kunjungi. Anjungan DKI di TMII adalah sebuah tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri, disini anda akan melihat sebuah pembauran budaya di Jakarta, sehingga membentuk masyarakat baru yang disebut dengan Masyarakat Betawi.

6. Planetarium Jakarta.

Planetarium Jakarta menjadi sebuah tempat wisata khusus yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, tempat ini adalah sebuah wahana simulasi perbintangan dan benda langit yang digagas oleh Presiden Sukarno yang dibangun pada tahun 1964 dan diresmikan tahun 1968.

Planetarium Jakarta ;Destinasi Wisata Jakarta
Planetarium Jakarta (Sumber gambar: jakarta.cityseekr.com)
Planetarium Jakarta berada di Taman Ismail Marzuki, di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta. Di tempat ini, anda bisa meniKmati atraksi yang disediakan oleh pengelola, antara lain teater bintang, teleskop observatorium, dan juga ruang pameran.

7. Taman Ismail Marzuki.

Taman Ismail Marzuki adalah sebuah pusat kesenian, kebudayaan dan juga sebuah wisata astronomi yang berada di Jakarta Pusat, atau tepatnya di Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini dahulu adalah Kebun Binatang Cikini dan juga halaman rumah seniman legendaris Raden Saleh.

Taman Ismail Marzuki;Destinasi Wisata Jakarta
Taman Ismail Marzuki (Sumber gambar: kumparan.com)
Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan dengan berwisata di TIM, antara lain menonton pementasan seni teater, menikmati planetorium TIM, menonton film di XXI Taman Ismail Marzuki, dan berbagai aktivitas lainnya yang menarik.

8. PBB Setu Babakan.

PBB Setu Babakan merupakan Perkampungan Budaya Betawi yang berada di daerah Jagakarsa, yaitu sebuah kawasan perkampungan yang telah ditetapkan Pemerintah DKI Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi.

PBB Setu Babakan;Destinasi Wisata Jakarta
PBB Setu Babakan  (Sumber gambar: garudanews.id)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Sleman.

Otomatis karena digunakan sebagai pengembangan budaya Betawi, maka sebagian besar penduduknya adalah orang asli Betawi yang telah turun temurun tinggal di Setu Babakan. Kawasan ini berada di Jalan M. Kahfi 2, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta. Disini anda akan banyak menjumpai aktivitas sehari-hari masyarakat Betawi, seperti, memancing, bertani, berdagang, melakukan latihan pencak silat. Bahkan anda bisa menjumpai banyak kuliner khas Betawi, seperti toge goreng, kerak telor, ikan pecak, bir pletok dan masih banyak kuliner lainnya.

9. Rumah Si Pitung.

Rumah Si Pitung ini berada di Jalan Marunda Pulo No 1, Cilincing, Jakarta Utara. Rumah ini sebenarnya untuk melestarikan budaya dan mengenang jasa Si Pitung, sehingga didirikan Museum Kebaharian Jakarta Rumah Si Pitung. Rumah ini sebenarnya adalah milik seorang pedagang kaya raya bernama H. Syaifuddin yang dirampok Si Pitung pada tahun 1883. Pitung sendiri sangat dibenci orang kaya dan Penjajah Belanda, namun sangat disayangi oleh rakyat miskin. Pitung selalu merampok orang kaya dan hasil rampokan selalu digunakan untuk membantu orang miskin.

Rumah Si Pitung ;Destinasi Wisata Jakarta
Rumah Si Pitung (Sumber gambar: tripadvisor.com)
Disekitar Rumah Si Pitung terdapat berbagai wisata yang bisa dikunjungi, seperti Masjid Al Alam, Makam Jonker dan Makam Haji Hasan (penyebar agama Islam di Marunda)

10. Pulau Onrust.

Pulau Onrust disebut juga dengan pulau misteri, karena banyak sekali misteri di pulau ini, namun meskipun memiliki cerita mistis, dibalik cerita tersebut, pulau ini memiliki spot menarik yag instagrammable.  Pulau ini terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau ini memiliki cerita sejarah dan juga menjadi obyek wisata favorit yang sering didatangi wisatawan.

Pulau Onrust ;Destinasi Wisata Jakarta
Pulau Onrust (Sumber gambar: raja-wisata.com)
Nama Pulau Onrust, berasal dari Bahasa Inggris, yaitu unrest yang berarti tanpa istirahat. Pada jaman Pemerintahan Belanda, pulau ini menjadi pulau yang sangat sibuk.Di pulau ini banyak sekali peninggala arkelologi dan sebuah rumah yang dijadikan museum, yang disebut dengan Museum Pulau Onrust.

11. Taman Benyamin Sueb.

Taman Benyamin Sueb adalah sebuah destinasi cagar budaya di Jakarta, tempat ini berada di sebuah bekas bangunan Kodim 05/05. Tempat ini disulap menjadi sebuah bangunan cagar budaya yang menarik dan juga berisi barang-barang milik seniman Betawi Benyaman Sueb, juga dibangun sebuah Rumah Kebaya yang juga merupakan rumah adat Betawi.

Taman Benyamin Sueb;Destinasi Wisata Jakarta
Taman Benyamin Sueb (Sumber gambar: nasional.tempo.co)
Saat ini taman ini menjadi sebuah wadah para seniman, pusat informasi seni dan budaya, komunitas yang digunakan untuk berkumpul dan mengenalkan Budaya Betawi.

12. Wayang Orang Bharata.

Salah  satu tempat menarik untuk dikunjungi adalah sebuah keindahan wisata wayang orang Bharata yang berlokasi di Jalan Kalilio 15, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Jakarta. Tempat ini adalah sebuah tempat pertunjukan wayang orang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut.

wayang orang Bharata;Destinasi Wisata Jakarta
Wayang orang Bharata (Sumber gambar: indonesiakaya.com)
Obyek wisata ini sangat pas untuk anda yang ingin mengisi waktu liburan dengan melihat pertunjukan wayang yang menarik.

13. Mis Tjitjih.

Mis Tjitjih  adalah sebuah kelompok sandiwara Sunda, yang sudah puluhan tahun berkiprah di bidang seni dan juga mempopulerkan budaya Sunda di Jakarta, dan bertempat di sebuah gedung kesenian yang berada di Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Jakarta.

Mis Tjitjih ;Destinasi Wisata Jakarta
Mis Tjitjih (Sumber gambar: merdeka.com)
Saat ini kelompok sandiwara Mis Tjitjih sudah menjadi sebuah detinasi wisata utama di Jakarta.

14. Gedung Kesenian Jakarta.

Salah satu tempat untuk menikmati wisata adalah Gedung Kesenian Jakarta, yang berada di Jalan Gedung Kesenian Nomor 1, Pasar Baru Sawah Besar, Jakarta Pusat. Jakarta. Disini anda bisa melihat banyak sekali karya seni yang luar biasa, gedung ini adalah satu bangunan tua peninggalan sejarah kolonial Belanda.

Gedung Kesenian Jakarta;Destinasi Wisata Jakarta
Gedung Kesenian Jakarta (Sumber gambar: tripadvisor.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Blitar.

GKJ sendiri menjadi salah satu obyek bersejarah yang juga menjadi salah satu sarana bagi para seniman Indonesia untuk merepresentasikan berbagai karyanya.

15. Museum Sejarah Jakarta.

Museum Sejarah Jakarta  atau juga disebut dengan Museum Fatahillah berada di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi fotografi dan juga pas untuk anda yang senang berswafoto.

Museum Sejarah Jakarta;Destinasi Wisata Jakarta
Museum Sejarah Jakarta (Sumber gambar: gedoor.com)
Selain itu museum ini juga memiliki berbagai koleksi yang sangat bervariasi dan sangat banyak yang cocok untuk wisata edukasi untuk anak.

16. Museum Taman Prasasti.

Ini dia salah satu tempat wisata yag selalu menjadi tujuan wisata anak muda, yaitu Museum Taman Prasasti yang berlokasi di Jalan Tanah Abang I No. 1, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini sebenarnya adalah makam yang dikelilingi dengan karya seni patung dan pahatan yang menarik.

Museum Taman Prasasti;Destinasi Wisata Jakarta
Museum Taman Prasasti (Sumber gambar: indonesia-feature.blogspot.com)
Banyak sekali yang bisa anda lakukan di tempat ini, antara lain melihat hasil karya patung, pahatan dan juga melakukan swa foto.

17. Museum MH. Thamrin.

Museum MH. Thamrin  atau yang disebut juga dengan Gedung Mohammad Hoesni Thamrin adalah sebuah museum sejarah yang berada di Jalan Kenari II No. 15, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen,  Jakarta Pusat. Gedung ini sangat pas sebagai tempat wisata edukasi, selain itu gedung ini dulu juga dipakai sebagi Kongres Partai Nasional Indonesia pada tahun 1928. Pada tahun 1972, gedung ini ditetapkan sebagai Gedung Cagar Budaya, baru pada 11 Januari 1986, gedung ini diresmikan sebagai Museum MH Thamrin.

Museum MH. Thamrin;Destinasi Wisata Jakarta
Museum MH. Thamrin (Sumber gambar: situsbudaya.id)
Museum ini memiliki daya tarik tersendiri selain bisa digunakan untuk berswa foto, juga terdapat berbagai peninggalan MH Thamrin juga berbagai koleksi kuno yang dipajang di museum ini.

18. Museum Seni Rupa & Keramik.

Museum Seni Rupa & Keramik adalah sebuah museum yang berada di Jalan Pos Kota, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Tempat ini lebih banyak memamerkan seni rupa dan keramik, beragam hasil seni rupa dipamerkan di museum ini.

Museum Seni Rupa & Keramik;Destinasi Wisata Jakarta
Museum Seni Rupa & Keramik (Sumber gambar: ragamtempatwisata.com)
Baca juga: Destinasi Wisata Mojokerto.

Banyak sekali karya seni yang dipamerkan di museum ini, selain karya seni dua dimensi, saat ini juga terdapat karya seni tiga dimensi yang ditampilkan disini. Selain koleksi seni, juga terdapat koleksi keramik yang sangat banyak dan beraneka ragam.

19. Museum Tekstil.

Ini dia tempat wisata yang bisa anda kunjungi untuk memberikan edukasi pada anak, Museum Tekstil ini, berada di Jalan KS. Tubun No. 2-4, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakrta Barat, DKI Jakarta. Museum ini memiliki banyak koleksi kain tekstil yang sangat lengkap. Museum ini juga merupakan salah satu cagar budaya yang difungsikan utuk mengumpulkan dan mengawetkan karya tekstil dari seluruh Indonesia.

Museum Tekstil ;Destinasi Wisata Jakarta
Museum Tekstil (Sumber gambar: indoindians.com)
Sangat wajar kalau gedung ini seperti gedung kuno yang dibangun pada jaman kolonial, karena pada abad 19, gedung ini adalah rumah pribadi warga keturunan Prancis dan berpindah kepemilikan dan tahun 1975 diserahkan kepada Pemerintah DKI Jakarta.

20. Museum Wayang.

Museum Wayang ini berada di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Pinangsia, Tamansari Jakarta Barat. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat budaya yang menyuguhkan wayang dengan lengkap. Yang menarik, lokasi museum ini berada tidak jauh dengan Kota Tua Jakarta.


Museum Wayang (Sumber gambar: pesona.travel)
Di museum ini anda akan menemukan berbagai jenis wayang Indonesia sampai koleksi wayang dan juga boneka dari luar negeri. Terdapat berbagai koleksi wayang, mulai wayang kulit, wayang golek, dan juga boneka dari berbagai negara.

21. Museum Bahari.

Museum Bahari adalah satau tujuan wisata yang menarik yang berada di Jalan Pasar Ikan No. 1, Kawasan Sunda Kelapa, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Di museum ini anda akan menemukan berbagai koleksi benda bersejarah kelautan, seperti berbagai peninggalan VOC, perahu termasuk navigasi pelayaran.

Museum Bahari;Destinasi Wisata Jakarta
Museum Bahari (Sumber gambar: cityseeker.com)
Yang menarik, di tempat ini, anda akan menemukan berbagai kapal, mulai miniatur kapal VOC, kapal layar Batavia sampai dengan kapal Phinisi, kapal Majapahi, hingga Sriwjaya.

22. Museum Joang ’45.

Terakhir, dari sekian museum, maka Museum Joang ’45 menjadi museum yang menarik untuk dikunjungi yang berada di Jalan Menteng Raya No. 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya, tempat ini adalah sebuah hotel yang bernama Schomper Hotel dan pada tahun 1974 dilakukan renovasi dan dialihkan sebagai museum dan diresmikan sebagai Museum Joang ’45, oleh Presiden Soeharto.

Museum Joang ’45;Destinasi Wisata Jakarta
Museum Joang ’45 (Sumber gambar: nyero.id)
Di museum ini, anda akan melihat sejarah perjuangan kemeerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai koleksi benda peninggalan para pejuang Indonesia.

Itu dia sedikit informasi tentang destinasi wisata Jakarta, semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati traveling dan wisata di Jakarta.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel