10 Top Destinasi Wisata Blitar

Wabah virus corona Covid-19 memang masih belum selesai, dan upaya pencegahan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Hal ini mengakibatkan terhambatnya segala aktivitas yang ingin dilakukan, salah satunya adalah keinginan untuk melakukan traveling. Namun, meskipun belum bisa melakukan perjalanan wisata, kali ini kita bisa mencari referensi tempat wisata terbaik di Jawa Timur, dan apabila pandemi ini selesai, kita bisa segera menikmati aktivitas yang menyenangkan tersebut. Provinsi Jawa Timur sebagai daerah di timur Pulau Jawa memiliki banyak daerah dengan tempat wisatanya yang terbaik, dan 10 top destinasi wisata Blitar kali ini menjadi topik perbincangan wisata kita.

Semua orang sudah mengetahui bahwa Blitar adalah salah satu kota yang memberi peran penting dalam sejarah Indonesia, hal ini dikarenakan Blitar menjadi tempat pemakaman Presiden Indonesia yang pertama yang juga merupakan Proklamator Indonesia, yaitu Bung Karno.  Selain itu terdapat cerita unik atas penamaan Blitar yang berhubungan dengan sejarah, Blitar menurut cerita berasal dari kata “Balitar”, yang berarti “pulanglah Tartar”, saat itu Blitar dikuasai Suku Tartar dari Mongolia, akhirnya Raja Majapahit mengutus Nilasuwarna untuk mengusir Suku Tartar dari Blitar.

Blitar adalah daerah yang berada di selatan Provinsi Jawa Timur, Blitar seniri memiliki berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, dan juga wisata kuliner yang selalu menarik untuk dibahas.

10 Top Destinasi Wisata Blitar

Berikut 10 top destinasi wisata Blitar, yang sebelumnya sempat disampaikan Gubernur Jawa Timur dalam rangka acara mudik bersama Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 kemarin, dan informasi ini juga terdapat di pesona.id, namun meskipun pernah disampaikan tahun 2019 kemarin. Informasi tujuan wisata Blitar ini, masih menarik sebagai referensi wisata saat anda ingin menikmati wisata ke Blitar, sebagai berikut:
  1. Agro Wisata Blimbing.
  2. Fish Garden.
  3. Pantai Pudak.
  4. Makam Bung Karno.
  5. Pantai Peh Pulo.
  6. Puncak Sekawan.
  7. Sumber Dandang.
  8. Taman Ayu Gogoniti.
  9. Blitar Konyar Hill.
  10. Air Terjun Grenjeng.

1. Agro Wisata Blimbing

Blimbing adalah salah satu buah yang menjadi komoditi yang diandalkan di Blitar. Bahkan di Blitar terdapat Agro Wisata Belimbing yang berada di Desa Karangsari, Kecamatan Kepanjen Kidul, Blitar.  Kebun blimbing ini memiliki luas 5 hektar yang dikelola secara swadaya oleh wardg desa Karangsari. Bagi anda yang ingin datang berwisata di kebun ini, saat ini hanya bisa dilakukan saat tertentu saja, yaitu pada hari Sabtu, Minggu dan pada hari libur nasional.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Agro Wisata Belimbing;
Agro Wisata Belimbing (Sumber gambar: mblitar.net)
Yang menarik di Agro Wisata Blimbing ini adalah blimbing yang dibudidayakan adalah Blimbing Karangsari Merah dengan ciri, bentuknya yang besar, memiliki warna orange dan rasanya enak dan manis.

2. Fish Garden

Blitar ternyata memiliki sebuah tempat wisata edukasi yang khusus memberikan edukasi untuk anak khususnya tentang ikan. “Fish Garden” ini berlokasi di Jalan Bengawan Solo Nomor 101, Pakunden, Sukorejo, Blitar. Fish Garden memberikan banyak fasilitas yang akan membuat anak senang dengan berbagai ikan dan juga fasilitas yang ada di dalam tempat wisata ini, seperti akuarium ikan air tawar, taman kelinci dan juga kolam renang untuk anak.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Fish Garden
Fish Garden (Sumber gambar: dakatour.com)
Di tempat ini banyak sekali jenis ikan yang bisa dipelajari, misalnya ikan arwana, gurami, arapaima gigas dan berbagai koleksi ikan yang sangat menarik minat anak untuk belajar dan mengerti tentang ikan.

3. Pantai Pudak

Sama halnya dengan daerah atau kabupaten yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, kebanyakan daerahnya memiliki pantai, begitu pula dengan Blitar yang juga memiliki pantai sehingga menjadi obyek wisata menarik, salah satunya adalah “Pantai Pudak”. Pantai ini meskipun tidak terlalu luas namun pasirnya berwarna putih yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Pantai Pudak
Pantai Pudak (Sumber gambar: pantainesia.com)
Sumber gambar: Top Destinasi Wisata Pacitan.

Sayangnya Pantai Pudak belum dikelola secara maksimal, sehingga belum ada fasilitas yang mendukung anda untuk menikmati wisata Pantai Pudak. Pantai Pudak terletak di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Blitar dan berjarak  23 kilometer dari Kota Blitar.

4. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno adalah kompleks makam Presiden Republik Indonesia, yaitu Ir. Soekarno. Selain sebagai tempat wisata sejarah, tempat ini juga memberi daya tarik tersendiri bagi para peziarah. Desain bangunan makam ini menggunakan desain khas Jawa dengan bentuk joglo yang dikombinasikan dengan atap berbentuk sisik ikan khas Sunda.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Makam Bung Karno
Makam Bung Karno (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Di komplek Makam Bung Karno, juga terdapat makam ayah Bung Karno, yaitu Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ibu Bung Karno, yaitu Ida Ayu Nyoman Rei. Selain makam Bung Karno, anda bisa mengunjungi Museum Bung Karno dan juga Perpustakaan Nasional Bung Karno.

Makam Bung Karono terletak di Jalan Slamet Riyadi Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, Blitar.

5. Pantai Peh Pulo

Di antara banyaknya pantai di Blitar, Pantai Peh Pulo menjadi salah satu pantai di Blitar yang memiliki keindahan pesisir selatan Jawa, apalagi dengan hamparan pasir putih, yang sayang kalau dilewatkan. Pantai Peh Pulo juga dikenal dengan nama Pantai Sumberasih, yang terlekan di Dusun Peh Pulo, Desa Sumberasih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar. Ada yang menyebut Pantai Peh Pulo disebut dengan Raja Ampat Mini, karena memiliki gugusan pulau karang kecil yang tersebar di pantai Peh Pulo ini.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Pantai Peh Pulo
Pantai Peh Pulo  (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Untuk mencapai pantai yang masih belum dikelola secara maksimal, anda harus berjuang untuk mencapainya karena jalan menuju ke pantai ini agak sempit dan banyak yang tidak beraspal.

6. Puncak Sekawan

Di antara banyak tempat wisata di Blitar, maka Puncak Sekawan menjadi salah satu tempat wisata  yang menarik, karena tempat ini adalah camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah. Dan yang menarik adalah pemandangan atau viewnya yang sangat luar biasa, anda bisa melihat view Gunung Buthak di sebelah timur dan Gunung Kelud di sisi barat.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Puncak Sekawan
Puncak Sekawan  (Sumber gambar: desasemen.com)
Puncak Sekawan ini berada di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Blitar. Di tempat ini anda bisa menikmati indahnya pemandangan dan juga mengambil foto yang menarik bagi anda yang hobi berfoto.

7. Sumber Dandang

Selain wisata pantai yang dimilikinya, Blitar juga memiliki wisata air yang sangat menarik, yaitu Sumber Dandang. Sumber Dandang adalah bendungan yang berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Di bendungan ini anda bisa menikmati suasana bendungan yang asri dan bersantai sambil melihat kesegaran sumber air.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Sumber Dandang
Sumber Dandang (Sumber gambar: petatempatwisata.com)
Baca Juga: 10 Top Destinasi Wisata Jombang.

Sumber Dandang menjadi pilihan yang menarik bagi anda yang ingin mendapatkan suasana santai, karena bendungan ini memiliki air yang jernih dengan warna air biru tosca .

8. Taman Ayu Gogoniti

Taman Ayu Gogoniti adalah tempat wisata berupa hutan pinus yang terletak di Desa Bumirejo, Kecamatan Kesamben, Blitar. Taman Ayu Gogoniti memiliki pemadanagan yang mempesona apalagi dengan penataanya yang menarik, dan juga adanya penataan payung dan bola-bola berwarna warni yang diletakkan di atas diantara pohon pinus menjadikan suasana tampak menarik.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Taman Ayu Gogoniti
Taman Ayu Gogoniti (Sumber gambar: agtvnews.com)
Untuk melihat suasana dan keindahan Taman Ayu Gogoniti anda bisa melihatnya melalui gardu pandang yang sengaja dibangun khusus untuk para wisatawan. Selain pemandangan yang meanrik, anda bisa menikmati fasilitas penyewaan kuda yang bisa disewa untuk mengelilingi Hutan Pinus Gogoniti.

9. Blitar Konyar Hill

Blitar Konyar Hill ini berada di Desa Sukoanyar, Kecamatan Kesamben, Blitar. Tempat wisata Konyar Hill ini termasuk tempat wisata yang masih baru. Konsep yang dipakai dalam mengembangkan tempat wisata ini adalah sebuah wisata alam dengan perbukitan, yang disuguhkan dengan panorama alam yang khas. Di tempat ini, anda bisa melihat keindahan alam dengan naik di gardu pandang yang telah disediakan.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Blitar Konyar Hill;
Blitar Konyar Hill (Sumber gambar: explorewisata.com)
Bahkan anda bisa menikmati keindahan panorama Waduk Karangkates dan juga melihat keindahan Gunung Kelud dan juga Gunung Kawi dari Konyar Hill ini.

10. Air Terjun Grenjeng

Setelah melihat berbagai wisata alam, mulai pantai, bukit dan juga wisata air, wisata yang satu ini sepertinya sangat pas untuk dikunjungi yaitu “Air Terjun Grenjeng”.  Air terjun ini berada di Blitar Selatan, tepatnya di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, letaknya pun tidak jauh dari Kantor Kecamatan Panggungrejo.

10 Top Destinasi Wisata Blitar;Air Terjun Grenjeng;
Air Terjun Grenjeng (Sumber gambar: paapaajalah.blogspot.com)
Meskipun saat ini sudah menjadi obyek wisata, namun air terjun ini belum dikelola secara maksimal, namun tetap air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga masih banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun ini. Dengan ketinggian 2o meter dan air yang cukup deras menjadikan air terjun ini sangat menarik, apalagi dengan kolam alami sedalam dua meter yang memiliki air jenih kehijauan, membuat anda ingin berenang di bawah air terjun ini.

Semoga informasi 10 top destinasi wisata Blitar ini bermanfaat untuk anda, dan bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin menikmati wisata di Blitar.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel