10 Top Destinasi Wisata Sleman

Melakukan perjalanan wisata menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan setelah seminggu melakukan kesibukan bekerja. Selain menjadi sebuah perjalanan wisata, bagi pecinta traveling, berwiasata menjadi salah satu cara untuk menyalurkan hobi. Salah satu daerah yang selalu menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan adalah Yogyakarta. Yogyakarta memang istimewa, berbicara tentang kota ini selalu tidak ada rasa bosan dan selalu ingin mengunjunginya. Yogyakarta terbagi atas beberapa kabupaten, dan kali ini yang akan dibahas adalah tempat wisata di Kabupaten Sleman, tentunya dari sekian banyak tempat wisata hanya diambil 10 top destinasi wisata Sleman, bukan berarti yang lain tidak menarik, semuanya menarik, namun dalam pembahasan memang hanya diambil sepuluh tempat wisata saja.

Kabupaten Sleman adalah sebuah kabupaten yang berada di utara Yogyakarta, selain itu Sleman adalah satu dari empat kabupaten di Provisni Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta, dengan obyek wisata yang banyak ditemui adalah obyek wisata sejarah dan juga obyek wisata alam pegunungan.

Kekayaan alam yang dimiliki Kabupaten Sleman menjadikan kabupaten ini memiliki wisata alam yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya wisata alam, Kabupaten Sleman juga memiliki wisata sejarah berupa candi dan juga wisata yang baru saja dibuka dan kekinian, yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

10 Top Destinasi Wisata Sleman

Berikut  10 top destinasi wisata Sleman, yang bisa anda kunjungi, semoga bisa menjadi referensi bila anda memiliki rencana berlibur ke Yogyakarta, sebagai berikut:

10 Top Destinasi Wisata Sleman

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu obyek wisata favorit yang selalu dikunjungi para wisatawan, obyek wisata ini terletak di Jalan Raya Jogja – Solo, Km 16, Daerah Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-9 dengan tinggi 47 meter, sebagai Candi Hindu, candi ini menjadi salah satu candi yang sangat indah yang dihiasi dengan relief yang mengelilingi candi tentang kisah Ramayana dan Krishnayana.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Candi Prambanan
Candi Prambanan
Baca juga: Cantiknya Candi Prambanan.

Sebagai salah satu ikon Kota Yogyakarta, maka sangat wajar bila ada anggapan belum ke Yogyakarta kalau belum singgah ke Candi Prambanan.

2. Blue Lagoon Jogja

Anda tertarik dengan wisata air dan ingin berenang?. “Blue Lagoon Jogja” adalah tempat wisata air dengan suasanan alami yang menarik. Tempat wisata ini terletak di area persawahan di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja (Sumber gambar: viewjogja.com)
Terdapat berbagai fasilitas yang disedikan di tempat wisata ini, seperti penyewaan ban, alat snorkeling dan juga pelampung. Sebagai salah satu pemandian alami, air pemandian ini berasal dari sumber mata air yang airnya berwarna biru dan sangat jernih.

3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut dengan Situs Ratu Boko merupakan reruntuhan dari sebuah istana dan bangunannya tidak menyerupai sebuah candi, oleh karena itu disebut juga dengan Keraton Ratu Boko. Tempat wisata ini terletak di Jalan Raya Piyungan – Prambanan Km. 2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini menjadi salah satu wisata sejarah yang selalu dikunjungi para wisatawan, selain penasaran dengan cerita Ratu Boko, juga tempat wisata ini memiliki spot untuk berfoto yang sangat bagus.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko 
Baca juga: Indahnya pesona Candi Ratu Boko.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi, menjadikan kompleks Candi Ratu Boko memiliki daya tarik tersendiri, dengan pemandangannya yang sangat bagus.

4. Upside Down World Jogja

Upside Down World Jogja, berada di Jalan Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang terhitung masih baru,  tempat ini memiliki wahana yang unik dengan konsep terbaik, sehingga seluruh benda yang ada di tempat wisata ini akan terlihat terbalik, dan benda yang menjadi hiasan di tempat ini adalah benda asli.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Upside Down World Jogja
Upside Down World Jogja (Sumber gambar: shopback.co.id)
Khawatir?. Tenang saja karena pihak pengelola tempat wisata sudah memperhitungkan tingkat keamanan atas benda yang ditempel tersebut, dan tidak akan jatuh.

5. Jogja Bay Waterpark

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang sangat menarik perhatian, yaitu Jogja Bay Waterpark, merupakan sebuah wisata air dan juga sebuah waterpark yang menjadi favorit para wisatawan. Tempat wisata ini terletak di Jalan Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Jogja Bay Waterpark
Jogja Bay Waterpark
Tempat wisata yang memilki banyak wahana yang menarik ini berdiri atas lahan dengan luas 7,7 hektar. Memiliki 19 wahana menjadikan tempat wisata ini sayang kalau dilewatkan begitu saja saat anda berkunjung ke Yogyakarta.

6. Taman Tebing Breksi Yogyakarta.

Taman Tebing Breksi Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata menarik yang memilki spot sunset sunrise. Sekilas tempat wisata ini seperti Brown Canyon di Semarang. Tempat wisata ini baru dikukuhkan sebagai cagar budaya oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X baru sekitar Bulan Mei 2015. Tebing ini awalnya sebuah tambang batu breksi yang kemudian diubah menjadi obyek wisata yang menarik.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Taman Tebing Breksi Yogyakarta
Taman Tebing Breksi Yogyakarta  (Sumber gambar: jejakpiknik.com)
Taman Tebing Breksi Yogyakarta ini berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang senang berswafoto dan juga bagi anda yang hobi fotografi.

7. Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah kawasan tempat wisata yang memiliki beberapa tujuan wisata, mulai dari Museum Ullen Sentalu, Rumah Hobit Kaliurang, Stonehenge Jogja, dan juga The Lost World Castle. Kaliurang sendiri berada di kaki Gunung Merapi, dengan suasananya yang hijau dan asri sangat cocok untuk dikunjungi.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Kaliurang
Kaliurang (Sumber gambar: outingjogja.com)  
Sebagai sebuah daerah wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi, daerah ini memiliki ketinggian 850 meter di atas permukaan laut. Suasananya yang tenang memberikan sebuah ciri tersendiri yang cocok sebagai tempat beristirahat.

8. Candi Ijo

Candi Ijo menjadi salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi, candi ini berada di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, apalagi bagi anda yang menyukai hobi fotografi. Suasana sunset yang bagus memberikan keindahaan saat anda mengambil foto. Candi ini disebut sebagai candi tertinggi, karena berada di atas bukit yang memiliki tinggi 357,402 sampai dengan 395,481 meter di atas permukaan laut.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;Candi Ijo
Candi Ijo (Sumber gambar: piknikasik.com)  
Baca juga: Traveling ke Yogyakarta.

Candi Ijo sendiri berdiri di atas sebuah bukit dengan nama Gumuk Ijo, yang masih bagian dari Perbukitan Batur Agung.

9. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park adalah salah satu tempat wisata di Sleman, yang memberikan pengalaman tentang miniatur landmarks dan ikon dari berbagai negara di dunaia. Tempat wisata ini terletak di Jalan Kaliurang Km. 22,5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;The World Landmark Merapi Park
The World Landmark Merapi Park (Sumber gambar: unycommunity.com)  
Taman ini menjadi tempat wisata yag menarik untuk berfoto, terdapat 9 miniatur landmark terkenal di dunia, seperti Brandenburg Gate Jerman, Kincir Angin Khas Belanda, Menara Pisa, Menara Eifel, Menara Big Ben London, Patung Liberty, dan juga Burj Al Arab Dubai dan Temple of Heaven Beijing.

10. The Lost World Castle

The Lost World Castle adalah tempat wisata yang memiliki keindahan dengan bangunan yang sangat mirip dengan Benteng Takeshi, yang menarik, wahana yang ada di benteng ini memanfaatkan batu sisa erupsi Gunung Merapi sebagai bahan bakunya. Tempat wisata ini berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

10 Top Destinasi Wisata Sleman;The Lost World Castle
The Lost World Castle (Sumber gambar: tripjogja.co.id)  
Itu dia sedikit informasi tentang 10 top destinasi wisata Sleman, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi anda yang ingin menikmati keseruan wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel