Destinasi Wisata Mojokerto

Traveling masih menjadi aktivitas yang menyenangkan, hobi yang satu ini menjadi hobi yang sangat disukai, selain bisa melihat pemandangan yang indah, anda pun bisa mengetahui segala seluk beluk daerah yang anda kunjungi. Dan untuk daerah yang satu ini sepertinya akan sedikit berbeda, selain memiliki wisata alamnya yang bagus, juga memiliki kekayaan situs purbakala. Mojokerto, sebuah daerah yang terdiri atas dua wilayah yaitu Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto, dan dua daerah ini memiliki wisata  yang menarik dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Destinasi wisata Mojokerto memang sangat beragam dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri.

Mojokerto memang lebih terkenal dengan kekayaan situs purbakala, karena dulunya pernah terdapat Kerajaan Mojopahit di Mojokerto, yang menjadikan daerah ini memiliki wisata sejarah. Meskipun tidak setenar daerah yang memiliki tempat wisata lainnya, misalnya Surabaya, Sleman atau pun daerah lainnya. Namun Mojokerto menjadi sebuah pilihan destinasi wisata yang menarik yang patut untuk dikunjungi. Sebagai salah satu daerah yang memiliki peran penting dalam perkembangan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia, menjadikan Mojokerto memiliki banyak peninggalan candi dan juga situs sejarah.

Informasi tentang destinasi wisata Mojokerto ini pernah disampaikan oleh Gubernur Propinsi Jawa Timur pada saat pelepasan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 kemarin dan juga di pesona.id. Namun informasi berbagai destinasi wisata Mojokerto ini masih sangat relevan untuk anda kunjungi dan bisa menjdi referensi traveling saat anda mengunjungi Mojokerto.

Destinasi Wisata Mojokerto

Berikut destinasi wisata Mojokerto, sebagai berikut:
  1. Air Terjun Surodadu.
  2. Sendi Adventure Pacet.
  3. Panorama Petung Sewu.
  4. Claket Adventure Park.
  5. Coban Kembar Watu Ondo.
  6. Candi Bajang Ratu.
  7. Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit.
  8. Museum Gubug Wayang.
  9. Puncak Jengger.
  10. Api Abadi Mojokerto.
  11. Air Terjun Coban Canggu.
  12. Air Terjun Dlundung.
  13. Candi Brahu.
  14. Candi Tikus.
  15. Ekowisata Tanjungan.
  16. Museum Majapahit.
  17. Petirtaan Jolotundo.
  18. Religi Makam Troloyo.
  19. Religi Siti Hinggil.
  20. Ubalan Waterpark.
  21. Wana Wisata Air Panas.

1. Air Terjun Surodadu.

Air Terjun Surodadu adalah salah satu air terjun yang ada di Mojokerto dan berada di lereng Gunung Welirang, yaitu di Dusun Mligi, Desa Celaket, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Saat ini untuk menuju ke tempat wisata ini lebih mudah karena akses jalannya sudah bagus dan mulus.

Air Terjun Surodadu;Destinasi Wisata Mojokerto
Air Terjun Surodadu (Sumber gambar: idntimes.com)
Di tempat wisata ini terdapat dua keindahan yang bisa anda nikmati, yaitu hutan bambu yang masih asri dan juga keindahan Air Terjun Surodadu. Terdapat dua mata air yang mengalir kebawah, satu mata air berada di atas lereng dan satunya di bawah lereng. Bahkan terdapat pemandangan yang menarik dengan air terjun kecil yang disebut dengan Air Terjun Mini Surodadu.

2. Sendi Adventure Pacet.

Tempat wisata ini adalah sebuah tujuan wisata yang merupakan wisata Desa Adat Sendi di Pacet, Mojokerto, berlokasi di Hutan Pacet, yaitu di Jalan Cangar-Pacet No. 26, Hutan Pacet, Mojokerto. Tempat wisata ini sudah lama berdiri, baru saat ini tempat wisata ini mulai dikenal karena sempat viral. Tempat wisata Sendi Adventure Pacet sangat cocok untuk anda yang suka dengan fotografi dan senang berswa foto, karena memiliki spot menarik.

Sendi Adventure Pacet;
Sendi Adventure Pacet (Sumber gambar: travelingyuk.com)
Berada di sebuah perbukitan menjadikan tempat wisata ini memiliki pemandangan yang menarik. Terdapat spot yang menarik antara lain miniatur menara Eifel, gardu pandang, ayunan, sayap kupu-kupu, dan masih banyak lagi spot menarik. Namun yang menjadi favorit adalahspot saung pohon karena spot ini dikelilingi taman bunga warna warni.

3. Panorama Petung Sewu.

Panorama Petung Sewu adalah sebuah tempat wisata yang berada di Kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo di area Gunung Arjuno. Di tempat wisata ini memiliki banyak spot untuk anda yang hobi fotografi, termasuk bagi anda yang senang berswafoto.

Panorama Petung Sewu ;Destinasi Wisata Mojokerto;
Panorama Petung Sewu (Sumber gambar: instagram.com/arletamorello/)
Banyak sekali spot foto menarik yang bisa memuaskan hobi anda berfotografi, antara lain Sayap Kupu-kupu, Sky Tree, Hamock, Sarang Burung, dan juga Titanic Spot. Selain hawanya yang sejuk, suasaha hutan bambu membuat anda merasakan kenikmatan berwisata di hutan bambu ini.

4. Claket Adventure Park.

Claket Adventure Park ini berada di Jalan Raya Claket-Trawas KM. 03, Dusun Claket, Pacet , Mojokerto. Obyek wisata ini termasuk obyek wisata yang menarik, karena memadukan kayu dan juga peralatan lainnya sebagai obyek foto. Bahkan banyak yang mengatakan Claket Adventure Park adalah obyek wisata yang instagramable.

Claket Adventure Park;Destinasi Wisata Mojokerto
Claket Adventure Park (Sumber gambar: instagram.com/queencha_oy/)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Sleman.

Selain berbagai spot foto yang menarik, juga disediakan wahana untuk anda yang ingin bermain, antara lain lembah cinta, tirsi tower, rainbow hammock, jurang jomblo, ayunan tepi jurang, rumah tarzan dan juga disediakan camping ground.

5. Coban Kembar Watu Ondo.

Coban Kembar Watu Ondo ini juga disebut dengan Coban Kembar, lokasi tempat wisata ini berada di Kawasan Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo atau berada di lereng Gunung Welirang yang berbatasan antara Mojokerto dengan Batu. Lokasinya sangat mudah dijangkau apalagi dekat dengan Cangar Batu Malang. Banyak spot foto keren yang sangat cocok untuk anda yang hobi fotografi.

Coban Kembar Watu Ondo;Destinasi Wisata Mojokerto
Coban Kembar Watu Ondo (Sumber gambar: www.dakatour.com)
Untuk lokasi tepatnya berada di Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Rutenya pun bisa melalui dua cara dari arah Malang dan Batu, dan dari arah Pacet- Mojokerto.

6. Candi Bajang Ratu.

Candi Bajang Ratu merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu bukti kejayaan Majapahit pada masa silam. Candi ini berada di Dukuh Kraton, Desa Temon, Trowulan, Mojokerto. Nama Bajang Ratu dalam bahasa Jawa berarti Raja Cilik. Candi ini berukuran 11,5 x 10,5 meter dan tinggi 16,5 meter dan lebar 1,4 meter.

Candi Bajang Ratu;Destinasi Wisata Mojokerto
Candi Bajang Ratu  (Sumber gambar: www.intiwhiz.com)
Candi ini dibangun untuk menghormati Raja Jayanegara yang merupakan raja kedua Majapahit yang umurnya masih sangat muda saat dinobatkan sebagai raja dan juga untuk mengenang meninggalnya Raaja Jayanegara tahun 1328 Masehi.

7. Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit.

Kalau anda pernah melihat patung Budha tidur di Thailand, jangan kaget kalau di Mojokerto terdapat Patung Budha tidur yang merupakan terbesar ketiga setelah Thailand dan Nepal. Patung Budha Tidur Mahavihara Mojopahit ini terletak di Jalan Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

Patung Budha Tidur;Destinasi Wisata Mojokerto
Patung Budha Tidur  (Sumber gambar: dhammamanggala.com)
Pada awalnya patung ini hanya untuk kegiatan ibadah umat Budha, namun dengan berjalannya waktu, area ini dibuka untuk umum. Patung ini diberi warna emas dengan maksud untuk mengenang wafatnya Siddharta Gautama. Patung Budha Tidur ini  memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Di area ini selain melihat patung Budha tidur, anda bisa melihat berbagai miniatur seperti Candi Borobudur dan juga patung kera sakti

8. Museum Gubug Wayang.

Museum Gubug Wayang berada di Jl. RA Kartini No.23, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Bangunan museum ini berbentuk rumah joglo klasik dengan sentuhan gaya Belanda. Museum ini terdiri atas 3 lantai dengan koleksi wayang dari penjuru Indonesia. Pada lantai 1 adalah tempat untuk wayang orang legendaris, juga terdapat satu set perlengkapan pagelaran wayang, di lantai 2 terdapat wayang orang khas Jawa, untuk di lantai 3 dipajang juga budaya pewayangan peranakan Tionghoa.

Museum Gubug Wayang;Destinasi Wisata Mojokerto
Museum Gubug Wayang  (Sumber gambar: manusialembah.com)
Museum Gubug Wayang ini berasal dari ide Bapak Suyadi atau yang lebih dikenal dengan Pak Raden dalam serial Laptop Si Unyil.

9. Puncak Jengger.

Puncak Jengger atau Puncak Watu Jengger berada di Nawangan, Tawangrejo, Jatirejo, Mojokerto. Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik, yang sangat cocok untuk anda yang menyukai traveling. Puncak Watu memiliki ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, dari puncak ini anda dapat menikmati keindahan alam yang menakjubkan.

Puncak Jengger;Destinasi Wisata Mojokerto
Puncak Jengger (Sumber gambar: tiketmasukwisata.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Blitar.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk anda yang memiliki hobo fotografi, selain suasananya yang indah juga pemandangannya yang menarik menjadikan hobi mendaki gunung anda bisa tersalurkan.

10. Api Abadi Mojokerto.

Api Bekucuk disebut juga dengan Api Abadi Mojokerto, ditemukan pertama kali tahun 1933 di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Soko, Mojokerto. Tempat ini dipercaya sudah ada sejak jaman Kerajaan Majapahit.

Api Abadi Mojokerto;Destinasi Wisata Mojokerto
Api Abadi Mojokerto (Sumber gambar: nihongo.everystockphoto.com)
Untuk melihat keindahaan wisata api abadi ini lebih bagus kalau dilihat pada malam hari. Pada malam hari kobaran api akan terlihat sangat jelas, dan anda bisa merasakan keindahan api tersebut.

11. Air Terjun Coban Canggu.

Air Terjun Coban Canggu adalah salah satu wisata yang berada di Kawasan  Wana Wisata Padusan Pacet, Mojokerto. Air terjun ini menjadi salah satu wisata yang sering dikunjungi para pengunjung, selain tempatnya yang indah juga air terjun ini memiliki kesegaran dan kejernihan air dan keindahan batu cadas yang dialiri guyuran  air.

Air Terjun Coban Canggu;Destinasi Wisata Mojokerto
Air Terjun Coban Canggu (Sumber gambar: m24klik.wordpress.com)
Berbeda dengan air terjun lainnya yang berada dalam kawasan ini yang airnya berasal dari mata air, Air Terjun Canggu airnya berasal dari aliran sungai, sehingga airnya akan berubah warna menjadi keruh bila terjadi banjir.

12. Air Terjun Dlundung.

Satu lagi wisata alam air terjun yang ada di Mojokerto, yaitu Air Terjun Dlundung, yang berlokasi di Wisata Dlundung, Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Air terjun ini berdada di kawasan Gunung Penanggungan yang dikelilingi hutan yang sangat asri, sehingga membuat suasananya menjadi sangat sejuk.

Air Terjun Dlundung;Destinasi Wisata Mojokerto
Air Terjun Dlundung (Sumber gambar: kulinerwisata.com)
Meskipun untuk menuju air terjun ini harus melewati  jalur naik turun dan berkelok, namun rasa capek terobati dengan keindahan air terjun ini. Air terjun ini juga memiliki kawasan dengan hamparan rumput hijau yang begitu luas yang cocok untuk berkemah.

13. Candi Brahu.

Candi Brahu menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang bisa kita lihat sampai saat ini, yang terletak di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto. Wisata ini menjadi salah satu wisata sejarah dan wisata pendidikan di Mojokerto. Candi Brahu ini dibangun sejak Raja Brawijaya I dan menjadi candi yang paling tua yang ada di Trowulan.

Candi Brahu;Destinasi Wisata Mojokerto
Candi Brahu  (Sumber gambar: idsejarah.net)
Candi ini memilik pemandangan yang bagus, dengan keindahan taman rerumputan yang dihiasi dengan buah maja, menjadi titik foto yang sangat bagus.

14. Candi Tikus.

Selain  Candi Brahu, terdapat candi lain yang bisa anda kunjungi yaitu Candi Tikus, candi ini berada di Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Tomon, Trowulan, Mojokerto. Candi ini memiliki bentuk dengan taman dan kolam yang mengelilinginya. Candi ini dikellilingi dinding batubata yang kuat dan berbentuk persegi.

Candi Tikus;Destinasi Wisata Mojokerto
Candi Tikus (Sumber gambar: instagram.com/sahat_simarmata)
Baca juga: Top Destinasi Wisata Pacitan.

Candi ini memiliki arsitektur khas bangunan Kerajaan Hindu, yaitu Kerajaan Majapahit. Candi ini disebut candi tikus karena pada saat penggalian pertama banyak tikus yang masuk di gundukan tanah di atas bangunan candi, saat itu masih belum terlihat bentuk candi, baru di saat penggalian, kelihatan candi yang saat itu dipakai sebagai sarang tikus.

15. Ekowisata Tanjungan

Ekowisata Tanjungan sebenarnya adalah Waduk Tanjungan yang disulap menjadi sebuah tempat wisata yang menarik. Waduk ini merupakan sebuah waduk buatan yang berada di Kecamatan Kemlagi, Mojokerto. Terdapat banyak wahana yang bisa anda nikmati di wisata buatan ini, seperti wahana perahu dyuang, kolam pemancingan, outbond dan perkemahan, pertunjuan budaya khas Mojokerto, dan banyak spot foto yang menarik.

Ekowisata Tanjungan;Destinasi Wisata Mojokerto
Ekowisata Tanjungan (Sumber gambar: explorewisata.com)
Selain itu, anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar waduk, seperti bakso dan berbagai camilan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

16. Museum Majapahit.

Museum Majapahit adalah sebuah tempat wisata edukasi di Mojokerto. Museum ini sudah lama dibangun yang bertujuan untuk meneliti peninggalan Kerajaan Majapahit dan dibangun tahun 1924 oleh Bupati Mojokerto, R.A.A Kromodjojo, yang bekerjasama dengan arsitek Belanda, yaitu Henry Maclaine, saat itu menggunakan gudang kecil, baru tahun 1926 dibangun dengan nama Museum Trowulan.

Museum Majapahit ;Destinasi Wisata Mojokerto
Museum Majapahit (Sumber gambar: jurnalmojo.com)
Museum majapahit ini berada di Jalan Pendopo, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, yang berdiri di atas lahan dengan luas 57 hektar. Yang menarik adalah adanya penambahan ikon restrukturasi rumah masyarakat di masa Kerajaan Majapahit.

17. Petirtaan Jolotundo.

Petirtaan Jolotundo adalah sebuah kisah tentang jejak perjuangan Prabu Airlangga, yang merupakan pendiri Wangsa Isyana. Tempat wisata ini berada di Dusun Seloliman, Trawas, Mojokerto, di lereng Gunung Penanggungan. Jolotundo memiliki makna jaring bagi keinginan atau sebuah hajat yang tertunda dan dengan kebersihan hati setelah membersihkan jiwa dan raga dengan air suci dan memanjatkan doa kepada Tuhan maka doa akan terkabul.

Petirtaan Jolotundo;Destinasi Wisata Mojokerto
Petirtaan Jolotundo (Sumber gambag: instagram.com/panji_trengginas/)
Petirtaan Jolotundo merupakan sebuah monumen tanda cinta Raja Udayana kepada istri tercinta untuk menyambut kelahiran putranya, Airlangga. Terdapat pembagian kolam untuk mandi, yaitu untuk wanita dan pria, yang masih berlaku sampai sekarang.

18. Religi Makam Troloyo.

Religi Makam Troloyo adalah sebuah komplek pemakaman Islam kuno di Kerajaan Majapahit, lokasinya berada di Dusun Sidodadi, Desa Sentonorejo, Trowulan, Mojokerto. Kata Troloyo sendiri memiliki arti tanah luas untuk orang yang telah meninggal. Di dalam komplek makam Troloyo juga terdapat makam Syech Maulana Jumadil Kubro, Syech Maulana Ibrahim, Syech Maulana Sekhah dan Syech Abdul Kadir Jaelani Assyni yang dikenal dengan makam telu. Selain itu juga terdapat petilasan walisongo untuk bermusyawarah dalam menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa.

Religi Makam Troloyo;Destinasi Wisata Mojokerto
Religi Makam Troloyo (Sumber gambag: tipswisatamurah.com)
Makam Troloyo menjadi makam yang banyak dikunjungi para peziarah dari Pulau Jawa dan juga dari luar Pulau Jawa.

19. Religi Siti Hinggil.

Religi Siti Hinggil adalah sebuah situs keramat yang merupakan pertapaan Raden Wijaya yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Sebagai tempat wisata pertapaan Siti Inggil adalah bangunan cungkup makam yang terletak di atas tanah yang memilki posisi lebih tinggi dari tanah disekitanya.

Religi Siti Hinggil ;Destinasi Wisata Mojokerto
Religi Siti Hinggil (Sumber gambag: desawisatabejijong.blogspot.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Jombang.

Obyek wisata ini menjadi salah satu wisata edukasi yang harus diketahui oleh anak-anak dan generasi muda untuk mengetahui sejarah Indonesia.

20. Ubalan Waterpark.

Ini dia salah satu wisata Mojokerto  yang selalu menarik untuk didatangi yaitu Ubalan Waterpark. Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana air, seperti kolam renang yang didalamnya terdapat air mancur, ember tumpah, seluncuran dan berbagai fasilitas menarik lainnya.

Ubalan Waterpark;Destinasi Wisata Mojokerto
Ubalan Waterpark (Sumber gambag: dowes29.com)
Lokasi wisata Ubalan Waterpark ini berada di Desa Made, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Dengan suasananya yang asri dan rimbunnya pepohonan menjadikan suasana sejuk yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

21. Wana Wisata Air Panas.

Wana Wisata Air Panas ini berada di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Mojokerto. Wisata air panas ini menyajikan pemandangan indah dengan pegunungan sebagai background alami, yaitu Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang. Sesuai judul sub tema, maka fasilitas yang ada di tempat wisata ini adalah pemandian air hangat alami dan juga kolam renang yang terletak dalam satu lokasi.

Wana Wisata Air Panas;Destinasi Wisata Mojokerto
Wana Wisata Air Panas (Sumber gambag: timesindonesia.co.id)
Tertarik untuk menikmati destinasi wisata Mojokerto?. Dengan banyaknya wisata alam yang menarik dan beraneka ragam sangat pas menjadi referensi untuk anda yang ingin menikmati keindahan alam di Mojokerto.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel