Resensi Buku: Harta Haram – Muamalat Kontemporer

Berbagai persoalan yang terjadi dalam dunia bisnis disebabkan karena ketidakpahaman pelaku bisnis terhadap muamalat yang harus dipahami sebelum berdagang atau melakukan aktivitas bisnis. Bahkan Khalifah Umar bin Khathab Radhiyallahu ‘anhu pernah mengatakan, “Jangan berjualan di pasar ini, para pedagang yang tidak mengerti dien (muamalat)”. Dan hal ini terbukti dengan kenyataan yang terjadi saat ini, banyaknya transaksi haram yang terjadi dalam bentuk riba baik dilembaga keuangan, misalnya bank, asuransi, pegadaian dan pasar modal. Hal inilah yang mendasari munculnya buku penting ini untuk dipahami, sehingga sengaja resensi buku “Harta Haram – Muamalat Kontemporer”, menjadi sedikit informasi untuk anda yang akan memasuki dunia bisnis atau perdagangan.

Berbagai problematika yang terjadi, khususnya dalam dunia bisnis, memang banyak terjadi karena kurang mengertinya para pelaku bisnis atas aturan yang harus ditaati, khususnya halal haram dan juga hal penting lainnya. Untuk itulah Dr. Erwandi Tarmizi, MA, seorang pakar fikih muamalah kontemporer, menulis buku ini bagi kita agar memahami aturan sebelum menjalankannya.

buku “Harta Haram – Muamalat Kontemporer”;Resensi Buku: Harta Haram – Muamalat Kontemporer
Buku “Harta Haram – Muamalat Kontemporer”

Resensi Buku Tentang Harta Haram

Buku ini membahas tentang segala transaksi haram di berbagai lembaga keuangan, mulai dari bank, asuransi, dan juga bursa, termasuk hal haram yang terjadi pada Instansi Pemerintahan, misalnya korupsi dan penerimaan hadiah. Bahkan juga membahas tentang fakta kontrak haram di dunia perdagangan, proses marketing, misalnya MLM, promosi, iklan, hak cipta dan juga penjualan produk makanan. Termasuk juga membahas hal gharar yang terjadi misalnya, leasing, gadai emas, kartu kredit, short sale, dana talangan haji, bahkan juga muamalat haram di institusi, seperti BPJS dan juga grab car dan gojek juga dibahas dalam buku ini.

Baca juga: Blogger Ternama.

Selain itu, buku ini juga menjelaskan tentang sikap terhadap bentuk olah raga dan juga seni dan profesi yang menggeluti aktivitas tersebut.

Resensi Buku Non Fiksi tentang Muamalat Kontemporer

Sebagai buku yang menjelaskan muamalah kontemporer, otomatis buku dipaparkan dengan konsep metode ilmiah fiqih perbandingan yang dilengkapi dengan dalil Al Quran dan Sunnah ditambah dengan fatwa lembaga fiqih nasional dan juga internasional.

Resensi Buku Non Fiksi tentang Muamalat Kontemporer;Resensi Buku: Harta Haram – Muamalat Kontemporer

Dan pada akhir buku, juga disampaikan himbauan agar umat Islam dalam menjalankan aktivitas bisnis selalu membersihkan harta dari hasil usaha haram dan juga menjelaskan cara mencuci harta haram.

Semoga resensi buku “Harta Haram – Muamalat Kontemporer” ini bermanfaat untuk anda, dan anda bisa membeli bukunya dan mempelajari sebelum berbisnis.



Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel