KULINER PROBOLINGGO: “TAHU TEK TELUR BRAK”

Kuliner Probolinggo – Menikmati sajian kuliner adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan bagi para pecinta kuliner. Apalagi menikmatinya berada di tempat yang belum pernah dikunjungi. Salah satu kota yang sengaja telah kita eksplore dengan berbagai sajian kulinernya adalah Kota Probolinggo.  Kota ini termasuk menarik, karena meskipun kota ini tidak seramai kota-kota lainnya, namun untuk kuliner, bisa dikatakan memiliki berbagai macam variasi yang bisa menjadi pilihan untuk dinkmati apabila berkunjung di Kota Probolinggo.

Mengapa bisa dikatakan Kota Probolinggo ini menarik?. Karena Kota Probolinggo memiliki obyek wisata alam yang bisa menarik para turis dalam negeri dan mancanegara untuk datang ke Kota Probolinggo. Apalagi kalau dilihat banyak sekali turis yang kebetulan datang dari Yogyakarta dengan kereta api, mereka lebih banyak menginap di Kota Probolinggo. Sehingga menimbulkan lahan bisnis baru bagi masyarakat, dengan munculnya guest house dan berbagai tempat kuliner yang menarik. Dan bahkan turis mancanegara yang datang sering terlihat mencoba beberapa tempat kuliner yang ada.

Kuliner di Kota Probolingo – Tahu Tek Telur Brak

Salah satu tempat kuliner yang bisa dicoba adalah sebuah tempat kuliner di pusat Kota Probolinggo, lokasinya sangat mudah dijangkau, namun sederhana, berada di perempatan lampu lalu lintas Brak Probolinggo. Sebut saja, “Tahu Tek Telur Brak”, tepatnya berada di Jl. Soekarno Hatta No. 19, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, 67219. Dan buka mulai pukul 18.30 sampai dengan pukul 00.00 WIB.

KULINER PROBOLINGGO: “TAHU TEK TELUR BRAK”
Tahu Tek Telur Brak
Tempat berjualan tahu tek telur ini terbilang sederhana, karena menggunakan gerobak dorong berwarna coklat dan bertuliskan “Tahu Tek Telur”, bersebelahan dengan Tahu Kikil Pak Kayun. Disebut tahu tek telur Brak, karena lokasinya berada di Perempatan Brak, sehingga disebut dengan tahu tek telur Brak. Penerangannya pun berasal dari listrik yang tersambung dengan tempat makan tahu kikil Pak Kayun.

Kuliner Murah di Probolinggo

Meskipun tempatnya sederhana, namun tentang rasa dijamin enak dan murah, apalagi dengan porsinya yang lumayan banyak. Kalau tidak salah harganya saat itu sebesar Rp. 9.000,- per porsi belum termasuk minum. Meskipun hanya buka malam, namun tahu tek ini memiliki banyak penggemar.

Kuliner Murah di Probolinggo
Tampak depan tahu tek telor
Bagi para pecinta dan penikmat kuliner, meskipun tempatnya sederhana dan belum bisa menampung banyak pembeli, hal ini tidak menjadi masalah, karena kebanyakan pembeli lebih memilih untuk membungkus dan dibawa untuk dimakan di rumah.

Kuliner Enak Probolinggo – Nikmatnya Tahu Tek Telur Brak

Sebagai penikmat kuliner, jangan khawatir tentang rasa tahu tek telur ini, karena rasanya lumayan enak. Cocok dengan lidah kita sebagai orang Jawa Timur. Sebenanrnya tahu tek ini adalah makanan khas dari Surabaya, Jawa Timur. Pada intinya, makanan ini adalah tahu bumbu dengan berbagai aneka macam menu tambahan di atasnya. Sedangkan nama ”tek”, adalah nama panggilan, saat pembeli memanggil penjual tahu tek ini, yang diambil dari suara gunting yang digunakan untuk memotong makanan, hingga menghasilkan bunyi “tek .. tek ..tek”. Selain itu juga berasal suara ketukan tangan penjual ke wajan penggorengan saat berjalan menjajakan tahu tek.

Baca Juga:
Sedangkan nama “tahu tek telur”, sebenarya adalah tahu tek yang ditambahi dengan telur yang digoreng, biasanya adalah telur dadar. Satu porsi tahu tek terdiri atas irisan tahu goreng setengah matang dan lontong yang telah dipotong kecil-kecil, kentang goreng, sedikit taoge atau kecambah dan irisan ketimun, lalu disiram dengan bumbu yang sangat enak, baru kemudian diberi kerupuk udang yang bentuknya kecil. Dan yang pasti tatanan dan baunya sangat menggugah selera.

Potongan tahu dan lontong kemudian disiram dengan bumbu yang dibuat dari petis (semacam bumbu berwarna hitam yang berasal dari udang), air matang, kacang tanah dan bawang putih kemudian diaduk dalam tempat pengaduk bumbu berbentuk cekung sampai bumbu ini mengental. Rahasia tahu tek telur, terletak pada pemilihan petis yang digunakan. Namun sepajang menikmati tahu tek dimana saja, rasanya sepertinya hampir sama, dengan porsi makanan yang banyak.

Kalau dilihat, memang pembuatan bumbu tahu tek ini sepintas hampir sama dengan “rujak uleg”, meskipun sebenarnya sangat berbeda. Kalau pada “Rujak Uleg”, bumbu yang dibuat berasal dari olahan petis udang, sedikit air matang untuk mengencerkan bumbu, gula merah, cabai, kacang tanah yang telah digoreng, bawang goreng, garam dan irisan pisang biji hijau yang masih muda (biasanya disebut dengan pisang klutuk). Namun pada tahu tek, lebih sederhana, yaitu petis, cabai, bawang putih dan air matang saja.

Kuliner Malam Probolinggo

Menjelang malam dan di saat perut lapar, dan ingin menikmati makanan, pastinya agak bingung juga untuk mencari tempat makan yang enak. Karena di Probolinggo, tempat makan yang ada biasanya tutup pukul 22.00. Kecuali beberapa tempat makan yang juga menjadi satu dengan cafe.
Namun kali ini anda tidak perlu khawatir karena “Tahu Tek Telur – Brak” ini buka sampai pukul 12 malam. Namun kalau bisa bertanya dulu melalui nomor telepon yang ada, karena dikhawatirkan sebelum jam 12 malam sudah habis.

Kuliner Malam Probolinggo
Penjual tahu tek telor sedang membungkus tahu tek
Sekian dulu kawan. Semoga artikel singkat tersebut bisa menjadi referensi pilihan menikmati “Kuliner Probolinggo”.

CULLINARY SUMMARY :
  • Budget Aman : Rp. 9.000 – Rp. 15.000 per orang.
  • Tempat Parkir : Tidak Tersedia (Hanya di sepanjang Jalan Soekarno Hatta)
  • Wifi : Tidak Ada
  • Cara pembayaran : Cash
  • Alamat :Jalan Soekarno Hatta No. 19, Kota Probolinggo, Jawa Timur.
  • Jam buka : Pukul 18.30 sampai dengan 00.00 WIB.
  • Contact Person: 0823-3707-4092.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel