WISATA KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA NASI GORENG KHAS KEDIRI

Kali ini kita akan berbincang santai tentang kuliner, dan masih di sekitar Kota Probolinggo. Kuliner yang akan dibahas adalah kuliner yang biasa kita lihat di sekitar kita. Yang pasti merupakan kuliner murah dan bisa disebut sebagai street food karena berada di pinggir jalan, di pojok gang dan ada yang menetap di warung kecil sederhana.

Ya, bahasan wisata kuliner Probolinggo kita saat ini memang membahas kuliner murah, nasi goreng, mie goreng dan mie rebus. Namun yang ini terdapat sesuatu yang berbeda, sebagai bagian dari wisata kuliner Probolinggo, nikmatnya Nasi Goreng Khas Kediri menjadi salah satu pilihan kuliner di Kota Probolinggo. Memang terdapat pembeda antara nasi goreng khas Kediri dengan nasi goreng yang biasanya dimasak dengan menggunakan kompor gas, kalau nasi goreng khas Kediri menggunakan arang sebagai bahan bakarnya dan nasinya juga tidak menggunakan penyedap sehingga hal ini menjadikan nasi goreng khas Kediri selalu disuka.


WISATA KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA NASI GORENG KHAS KEDIRI
Nasi & Mie Goreng Khas Kediri


Tempat Wisata Kuliner Probolinggo

Untuk lokasi “Nasi Goreng dan Mie Goreng Khas Kediri” ini sangat mudah dijangkau dan berada di Jalan Cokroaminoto, sebelah kanan jalan sebelum Kantor Pembangkit Listrik Negara Kota Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Berbicara tentang tempat dan lokasinya memang cenderung sederhana, berbeda dengan tempat makan modern, namun yang membedakan adalah kualitas dan rasanya yang membuat kuliner ini disukai pecinta kuliner di Kota Probolinggo. 

WISATA KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA NASI GORENG KHAS KEDIRI
Mie Kuah


Wisata Kuliner Khas Probolinggo

Berbicara tentang ciri khas kuliner di sebuah kota tentunya selalu dipengaruhi kuliner yang ada di kota lain, begitu juga dengan nasi goreng khas Kediri ini yang akhirnya menambah referensi dan kekayaan kuliner Kota Probolinggo. Dengan kekhasannya yang berbeda dibanding dengan Nasi dan Mie Goreng kebanyakan, yaitu cara dalam memasaknya. Karena untuk memasaknya memang hampir sama dengan kebanyakan penjual nasi dan mie goreng, yang membedakan hanya bahan bakar yang digunakan untuk menggoreng, yaitu menggunakan arang, yang dipercaya sangat mempengaruhi pada sedapnya makanan yang digoreng, hal ini dikarenakan, dengan menggunakan arang, panas yang ditimbulkan menjadi stabil dan panasnya pun lebih merata. Ditambah lagi nasi yang dimasak, tidak diberi penyedap, namun menggunakan bumbu yang murni diracik dari berbagai rempah, garam, kecap dan daging ayam yang berasal dari ayam kampung.


WISATA KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA NASI GORENG KHAS KEDIRI
Memasukkan arang ke anglo


Wisata Kuliner Kota Probolinggo

Kuliner, saat ini tidak berbicara tentang makanan yag mengenyangkan, namun juga menjadi sebuah tujuan yang dinikmati, sehingga timbul istilah wisata dalam kuliner. Begitu juga dengan menu di tempat makan enak ini, pada saat kami datang, kami segera memesan dua buah menu mie, yaitu mie kuah (“kuah”, memiliki arti direbus) dan mie goreng. 

Baca Juga:
Dari baunya sudah cukup menggoda, dan bumbunya memang sudah membuat perut menjadi lapar dan ingin segera makan, hal ini dikarenakan rangsangan dari bumbu utama, yaitu bawang putih yang sudah dihaluskan, dan umumnya dicampur minyak goreng yang membuat aroma harum, gurih pada waktu digoreng. Selain itu yang membuat berbeda adalah mienya menggunakan mie lebar, didaerah lain dinamakan Kwetiau. Harganya pun cukup murah per porsi untuk nasi goreng, mie goreng ataupun mie rebus hanya sebesar Rp. 10.000,-.


WISATA KULINER PROBOLINGGO: NIKMATNYA NASI GORENG KHAS KEDIRI
Mie goreng khas Kediri
Selain itu terdapat banyak cara dalam menyebut kuliner ini dan juga banyak sebutan untuk “Nasi dan Mie Goreng Kediri” ini, di daerah lain juga disebut Mie Anglo (“Anglo”, dalam tradisi Jawa, merupakan alat untuk memasak yang terbuat dari tanah liat), karena masaknya menggunakan anglo. Dan bisa juga disebut mie arang karena menggunakan bahan bakar arang.

Secara keseluruhan, rasa tidak pernah berbohong, dengan kenikmatannya, “Nasi Goreng dan Mie Goreng Khas Kediri” bisa menambah referensi wisata kuliner Probolinggo dan semoga bisa menjadi referensi wisata kuliner khas Probolinggo bagi kawan-kawan yang datang ke Kota Probolinggo untuk menikmati wisata dan sajian kuliner. 

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel