Tips Menyuburkan Rambut dengan Akupunktur

Anda sering mengalami kerontokan rambut? Dan juga bingung untuk mengatasinya? Sepertinya tips menyuburkan rambut dengan akupunktur ini tepat untuk Anda yang ingin mencegah dan mengatasi kerontokan rambut.

Banyak sekali referensi dan informasi yang membahas cara menyuburkan rambut. Salah satunya yang di bahas oleh M. Sholekhudin yang catatannya pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 516.

tips-menyuburkan-rambut-dengan-akupunktur
Ilustrasi (Gambar: tribunpekanbarutravel.tribunnews.com)

Tidak dapat dipungkiri, tusuk jarum memang sangat identik dengan terapi pengobatan alternatif. Namun saat ini teknik pengobatan dengan tusuk jarum juga mulai banyak digunakan dalam urusan kosmetik, mulai dari mengatasi kegemukan hingga masalah kerontokan rambut yang menimbulkan kebotakan.

Mengapa Menggunakan Teknik Akupunktur untuk Menyuburkan Rambut Rontok?

Sampai saat ini kebanyakan orang masih menganggap bahwa rambut jarang dan ubanan menjadikan rambut menjadi kurang indah, apalagi bila sampai mengarah pada kebotakan.

Akhir-akhir ini, sejumlah klinik akupunktur mulai banyak yang menawarkan program perawatan untuk mengatasi masalah rambut ini.

Bila dibandingkan dengan metode kedokteran barat, maka teknik akupunktur menggunakan pendekatan yang berbeda. Dalam tradisional Chinese Medicine (TCM, ilmu pengobtan tradisional Cina) rambut rontok disebabkan oleh gangguan pada qi dan xue. Qi berarti energi dan xue berarti darah.

Baca juga: Tips Rambut Cantik untuk Wanita Berhijab.

Keseimbangan kedua unsur ini akan terganggu jika organ hati dan ginjal tidak sehat. Disini terdapat perbedaan pengertian ginjal dan hati yang tidak 100% sama menurut pengertian dokter.

Ginjal dalam TCM berfungsi menyimpan sari makanan, sedangkan hati berfungsi menyimpan darah. JIka ginjal dan hati tidak sehat, maka gangguan pada kedua organ ini akan menyebabkan aliran darah dan sari makanan ke akar rambut menjadi ikut terganggu. Hal ini mengakibatkan proses pertumbuhan dan regenerasi rambut menjadi ikut terganggu. Selalu mengalami kerontokan, tetapi jarang tumbuh rambut baru.

Pada kondisi normal, rambut yang jatuh akan diganti oleh tunas rambut baru. Dalam waktu satu bulan, rambut tumbuh 1 sampai 2 cm. Fungsi akupunktur disini untuk membuat mekanisme normal tetap terjaga,

Proses Terapi Akupunktur untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Seperti halnya terapi akupuntur biasanya, sebelum dilakukan terapi, akan dilakukan empat tahap pemeriksaan. Selain riwayat kesehatan pasien, juga akan diperiksa denyut nadi, roman muka, suara, hingga bau keringat pasien. Pemeriksaan ini penting untuk menentukan masalah utama penyebab kerontokan rambut. Juga untuk menentukan unsur apa yang dominan di dalam diri pasien, apakah yin ataukah yang. Hasil pemeriksaan ini berguna untuk menentukan titik-titik mana yang akan ditusuk jarum. Tentu saja masing-masing pasien diberlakukan secara individual tidak disamaratakan.

Mengambil informasi dari Lilis Christine, seorang akupunturis di Klinik Vikrist, proses akupuntur, dilakukan dengan proses, sebagai berikut:

  • Melakukan terlebih dahulu stimulasi kulit kepala pasien dengan jarum bintang tujuh. Bentuknya mirip alat ketuk kecil, yang berfungsi untuk memberikan tekanan-tekanan lembut di kulit kepala. Pemberian tekanan ini bertujuan untuk merangsang aliran darah ke daerah kulit kepala.
  • Tusuk jarum dimulai, dengan jarum sekali pakai. Pensusukan ini dilakukan sesuai dengan pemeriksaan awal. Biasanya yang ditusuk adalah bagian kepala, wajah, tangan atau kaki. Jangan khawatir rasa tusukan tersebut tidak sakit. 
  • Jarum-jarum tersebut dibiarkan tertancap sekitar 15 sampai 2 menit untuk merangsang titik akupunktur. Berbicara tentang kerontokan rambut, berdasarkan ilmu TCM, maka setiap bagian kulit kepala mewakili bagian organ tubuh tertentu.
  • Kerontokan atau kebotakan di satu bagian kepala biasanya memiliki hubungan dengan organ-organ tertentu. Botak depan, tengah, atau belakang mengindikasikan masalah yang berbeda. Misalnya saja kebotakan dengan bentuk “M” (di bagian dahi) biasanya disebabkan oleh gangguan pada indra penglihatan. Bisa jadi karena mata terlalu capek bekerja, kurang istirahat, atau kurang mendapat nutrisi. 
  • Masalah rambut selalu terkait dengan masalah kesehatan lainnya. Bila ingin masalah rambut selesai, maka gangguan utama harus diselesaikan. Akupunktur ini harus selalu dibarengi dengan perubahan pola hidup.
  • Bila kerontokan disebabkan oleh masalah gangguan cerna, maka masalah utama harus diselesaikan terlebih dahulu. Bila kerontokan disebabkan oleh stress yang berlebihan, maka stresnya harus dikelola lebih dulu.

Tips Menyuburkan Rambut Secara Alami Agar Rambut Sehat dan Bebas Masalah

Terdapat beberapa tips agar rambut tetap sehat dan bebas masalah, antara lain:

  1. Selalu menjaga kebersihan rambut. Saran ini khusus untiuk Anda yang sering memakai penutup kepala seperti helm, topi atau wig. Dalam keadaan tertutup rapat, kulit kepala mudah berkeringat dan lembab. Bila dibiarkan saja, maka kondisi lembab ini bisa menimbulkan masalah ketombe atau jamur.
  2. Bila harus sering keramas, karena aktivitas di luar ruang, pilihlah shampo yang cocok dengan rambut.
  3. Sebisa mungkin hindari melakukan rekayasa rambut yang berpotensi merusak, misalnya hair extension (penyambungan rambut), gonta ganti cat warna, hair rebonding dan sejenisnya.

Itu dia sedikit informasi dan tips menyuburkan rambut dengan akupunktur. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.  

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyuburkan Rambut dengan Akupunktur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel