Tips Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan? Sungguh menderita penyakit yang satu ini sangat tidak enak dan tidak nyaman. Siapa pun pasti pernah merasakan sakit yang satu ini, entah orang tua atau pun anak-anak. Saat sudah menyerang , tenggorokan terasa panas dan kering. Tentu saja, meskipun terlihat sepele namun tetap terasa tidak enak. Tips mengatasi radang tenggorokan di bawah ini, semoga bisa membantu Anda dalam mencegah dan mengatasi penyakit ini.

tips-mengatasi-radang-tenggorokan
Ilustrasi (Gambar: iStockphoto)

Banyak sekali referensi yang membahas tentang cara mencegah dan mengasti radang tenggorokan, salah satunya yang disampaikan A. Bimo Wijoseno, yang catatannya pernah disampaikan dalam Majalah Intisari Edisi No. 516, yang membahas bahwa radang tenggorokan ini sangat dibenci para diva.

Radang Tenggorokan adalah Iritasi yang Terjadi Pada Tenggorokan

Tentu banyak alasan mengapa Anda atau bahkan mereka yang mengalami sakit ini ingin segera sembuh, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, juga saat sudah menyerang, membuat tenggorokan terasa panas dan kering.

Radang tenggorokan sering menimbulkan keluhan suara serak hingga kesulitan bicara pada para penderitanya. Hal ini disebabkan karena radang sudah menyerang daerah pita suara. 

Baca juga: Tips Awet Muda dengan AAM (Anti-Aging Medicine).

Saat selaput lendir yang menutupi pangkal tenggorok bengkak, getaran pita suara menjadi tidak sempurna, meskipun otot-ototnya menggerakkan pita suara. Bila terjadi pembengkakan yang hebat , bahkan menelan makanan dan bernapas menjadi sulit. 

Radang atau inflamasi sebenarnya adalah suatu reaksi dari organ tubuh terhadap sesuatu yang mengenainya. Organ tubuh yang meradang biasanya akan memerah atau membengkak. Kalau radang terjadi pada tenggorokan, rasa tidak nyaman dirasakan pada organ tersebut.

Apakah Radang Tenggorakan Disebabkan Oleh Virus?

Menurut Dr. S. Faisa Abiratno, Sp.THT, M.Sc, yang merupakan dokter di Medikaloka Health Care, Jakarta, menyampaikan bahwa penyebab radang tenggorokan biasanya virus, bakteri dan jamur. Penyebab lainnya, polusi udara atau alergi, misalnya asap rokok atau alergi debu.

Radang tenggorokan ini juga bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam organ pencernaan. Misalnya, karena produksi asam lambungnya berlebihan, maka sering bersendawa, terkadang asam lambung ikut naik dan menimbulkan rasa tidak enak di tenggorokan. Bila hal ini terjadi secara terus menerus bisa menimbulkan iritasi pada selaput lendir di tenggorokan.

Radang tenggorokan juga tidak selalu penyakit primer, bisa jadi tanda adanya penyakit lain, maka seringkali dokter yang menerima kunjungan pasien radang tenggorokan juga memeriksa bagian tubuh lainnya.

Masih menurut Dokter Faisa, radang tenggorokan yang sering membawa masalah, yaitu radang yang disebabkan oleh infeksi virus, jamur atau bakteri. Pada kasus ini akan muncul gejala, seperti panas, demam tinggi atau sakit tenggorokan yang berat.

Daya tahan tubuh dan kekuatan daya serang virus atau bakteri akan mempengaruhi tingkat keparahan radang yang terjadi. Serangan virus yang hebat bisa menimbulkan pembengkakan, hal ini akan menimbulkan rasa sakit dan kesulitan untuk menelan karena lorong tempat masuknya makanan menyempit.

Kondisi tersebut semakin parah jika virus menembus jaringan didalamnya akibat longgarnya selaput lendir yang menjadi penghalang virus atau benda asing.

Virus yang sering menyerang tenggorokan diantaranya virus influenza. Gejala yang muncul biasanya berupa batuk dan pilek.

Batuk sebenarnya mekanisme saluran pernapasan untuk secara refleks menolak benda asing yang mengganggu pernapasan, mekanismenya adalah udara yang datang dari paru-paru dan melemparkan apa saja sepanjang jalurnya melalui mulut.

Fungsi pilek dalam hal ini sama dengan batuk, yaitu untuk mengeluarkan benda asing yang mengganggu. Dalam hal ini yang dijaga dari benda asing adalah selaput lendir pada saluran pernapasan. Saat ada virus masuk, selaput akan memproduksi lendir secara terus menerus untuk menghalau benda asing  keluar dari tubuh. Bila tidak ditangani segera, radang tenggorokan yang diakibatkan infeksi atau bakteri bisa berbahaya.

Radang Tenggorokan Obatnya Apa?

Penyembuhan radang tenggorokan sangat mudah, apalagi kalau penyebabnya bukan infeksi. Salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh dan berkumur obat kumur antiseptik. Radang tenggorokan bisa segera pergi.

Bila ingin obat tradisional, bisa dilakukan dengan cara mudah, cukup dengan air rebusan daun sirih  atau air kunyit. Untuk mengurangi pembengkakan bisa berkumur dengan air garam.

Agar tidak menderita radang tenggorokan maka Anda bisa mencegahnya, caranya dengan membersihkan rongga mulut menggunakan bahan antiseptik. 

Yang paling penting adalah menjaga agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi prima dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, cukup beristirahat dan berolah raga secara teratur.

Itu dia sedikit informasi dan tips mengatasi radang tenggorokan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Radang Tenggorokan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel