Tips Rambut Cantik untuk Wanita Berhijab

Menjadi cantik pasti menjadi harapan dan impian setiap wanita. Bahkan dengan berkembangnya waktu sudah banyak cara perawatan untuk merawat tubuh dan rambut bagi para wanita, begitu juga untuk Anda yang saat ini berhijab. Bisa diakui bahwa dengan menggunakan hijab akan melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan berbagai polutan lainnya. Namun meskipun sudah berhijab, Anda tetap harus merawat rambut cantik Anda. Untuk itu, di bawah ini akan disampaikan beberapa tips rambut cantik untuk wanita berhijab.

tips rambut cantik untuk wanita berhijab
Tips rambut cantik untuk wanita berhijab (Foto: outfittrends.)

Banyak orang berpikir bahwa dengan berhijab akan menjadi lebih mudah dengan beranggapan mereka tidak perlu capek-capek memotong, mewarnai, bahkan melakukan perawatan rambut lainnya. Namun meskipun rambut cantik Anda tidak bisa diperlihatkan, perawatan rambut bagi Anda yang berhijab menjadi hal yang penting, apalagi untuk Anda yang terbiasa menutup rambut lebih dari 8 jam sehari, karena rambut juga membutuhkan sinar matahari agar bisa memperoleh vitamin.

Cara Membuat Rambut Cantik Bagi Hijaber

Hijab adalah kebanggaan bagi wanita muslim, selain menutup aurat, menggunakan hijab membuat para wanita ini menjadi lebih anggun. Namun meskipun, menggunakan hijab, merawat rambut juga menjadi kebutuhan, karena berhijab  bisa membuat area kepala menjadi lembab, yang membuat rambut mudah rontok dan berketombe.

Untuk itu, terdapat beberapa cara merawat rambut berhijab dengan bersumber dari Tabloid Nyata, sebagai berikut:

  1. Jangan terlalu kuat mengikat rambut.
  2. Pijatlah kulit kepala secara teratur.
  3. Rutin keramas.
  4. Menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang.
  5. Gunakan shampo lembut.
  6. Mengeringkan rambut secara alami.
  7. Mengeringkan rambut sampai benar-benar kering.
  8. Jangan terlalu kencang memakai hijab.
  9. Gunakan bahan hijab yang menyerap keringat.
  10. Hindarilah hijab dengan warna gelap.
  11. Gunakan hijab yang simpel.
  12. Jangan lupa untuk menyisir rambut.
  13. Berikan kebebasan rambut.
  14. Lakukan diet sehat.

Baca juga: Tips Merawat Rambut.

1 | Jangan terlalu kuat mengikat rambut.

Untuk menjaga rambut tetap cantik, salah satu yang bisa dilakukan adalah jangan mengikat rambut terlalu kuat atau terlalu kencang. Yang perlu diingat adalah rambut juga perlu bernapas secara bebas, karena menarik rambut terlalu kencang bisa melemahkan helai rambut dan bisa menyebabkan rambut rusak dan rapuh bahkan bisa membuatnya mudah patah. 

Selain itu, jangan mengikat rambut saat rambut masih basah, karena bisa menyebabkan rambut rusak, seperti kering dan mudah pecah atau bahkan rambut menjadi bercabang.

2 | Pijatlah kulit kepala secara teratur.

Memijat kulit kepala secara teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut . Hal ini dikarenakan bisa merangsang sirkulasi darah dan mencegah rambut menjadi kering.

Pastikanlah memijat kulit kepala dengan gerakan melingkar dengan menggunakan minyak alami setiap hari selama 5 menit. Yang perlu dipertimbangkan adalah merawat rambut dengn menggunakan masker setidaknya seminggu sekali, hal ini akan membantu meremajakan rambut sekaligus membuatnya tampak bercahaya.

3 | Rutin keramas.

Salah satu penyebab rambut masalah pada wanita berhijab adalah karena tidak rajin keramas. Hal ini menyebabkan area kepala menjadi lembab sehingga muncul masalah seperti ketombe.

Oleh karena itu, rajinlah untuk kermas. Apabila rambut berminyak, keramaslah 3 sampai 4 kali seminggu. Jangan lupa untuk memakai kondisioner untuk melembabkan rambut . Apabila rambut kering, sebaiknya keramaslah seminggu sekali. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner secara terpisah untuk melembutkan rambut.

4 | Menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang.

Untuk membuat rambut cantik bagi hijaber bisa dilakukan dengan menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang sebelum keramas untuk mengurai atau melepaskan simpul-simpul apabila ada. Hal ini penting karena biasanya para wanita yang berhijab senang menggulung rambut, maka dengan menyisir rambut sebelum keramas, rambut tersebut tidak banyak yang rontok saat keramas.

5 | Gunakan shampo lembut.

Gunakanlah shampo yang lembut atau memilih shampo yang tidak langsung mengandung kondisioner agar rambut bisa cantik, hal ini disebabkan rambut yang tertutup cenderung berminyak dan juga lembab. Dengan menggunakan shampo ringan, hal ini akan menstabilkan kulit kepala dan juga mencegah ketombe yang bisa memicu rambut menjadi rontok. Untuk itu, sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan dan mengoleskan minyak rambut 2 sampai 3 kali seminggu.

6 | Mengeringkan rambut secara alami.

Setelah mencuci rambut, maka biarkan rambu menjdi kering secara alami. Boleh saja menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, namun setelah pada temperatur rendah sampai dengan medium. Dan yang perlu diperhatikan adalah hindarilah menggunakan temperatur tinggi, karena bisa merusak rambut.

7 | Mengeringkan rambut sampai benar-benar kering.

Untuk menjadikan rambut menjadi cantik, maka salah satu yag harus dilakukan adalah mengeringkan rambut sampai benar-benar kering sebelum memakai hijab. Hal ini sangat penting agar tidak menimbulkan masalah pada kulit rambut, seperti munculnya ketombe atau kulit menjadi gatal karena kulit kepala yang lembab.

8 | Jangan terlalu kencang memakai hijab.

Jangan terlaku kencang saat mengenakan hijab, hal ini bertujuan agar kulit kepala masih bernapas sehingga rambut menjadi lebih sehat. Memakai hijab yang terlalu kencang akan membuat kulit kepala tidak bisa bernapas, sehingga rambut menjadi kering, gatal dan pada akhirnya bisa muncul ketombe.

9 | Gunakan bahan hijab yang menyerap keringat.

Pilihlah hijab yang dibuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti kain alami (sutra dan katun). Kain seperti itu sangat aman bagi rambut. Hal ini berbeda dengan kain yang terbuat dari bahan sintetis yang bisa menyebabkan rasa panas yang mengakibatkan dampak buruk pada rambut.

Baca juga: Hair Spray dan Manfaatnya.

Apabila memakai hijab dari bahan sintetis (nilon atau poliester) pastikanlah Anda menggunakan bandana di bawah hijab, hal ini bertujuan agar ada yang melindungi rambut dari gesekan hijab dengan kain.

10 | Hindarilah hijab dengan warna gelap.

Salah satu cara membuat rambut menjadi cantik adalah dengan menghindari menggunakan hijab berwarna gelap, apalagi bila sering melakukan aktivitas di bawah terik matahari. Karena hijab dengan warna gelap lebih cepat menyerap sinar matahari, sehingga mudah menyebabkan area kepala menjadi lembab.

11 | Gunakan hijab yang simpel.

Satu lagi cara untuk membuat rambut tetap cantik adalah dengan menggunakan hijab yang simpel dan longgar . Hal ini disebabkan gaya hijab simpel memungkinkan sirkulasi udara di kepala tetap terjaga sehingga tidak menimbulkan masalah.

12 | Jangan lupa untuk menyisir rambut.

Setelah menggunakan hijab dalam waktu lama, jangan lupa untuk menyikat atau menyisir rambut. Lakukanlah menyisir rambut setidaknya 2 kali sehari agar sirkulasi darah di kulit kepala menjadi lebih baik dan lebih sehat. Gunakanlah sisir rambut bergigi jarang.

13 | Berikan kebebasan rambut.

Setelah berhijab selama seharian, dan sudah sampai di rumah alangkah baiknya bila segera melepas hijab dan biarkan rambut tergerai agar kulit kepala bisa bernapas dengan baik, sehingga tidak muncul ketombe.

14 | Lakukan diet sehat.

Tetap hidup sehat menjadi salah satu cara agar rambut menjadi cantik, maka memilih diet sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, khususnya yang banyak mengandung protein dan zat besi menjadi satu pilihan. Hal ini akan menguatkan dan memberi makan pada setiap helai rambut yang membuatnya tetap sehat.

Itu dia informasi dan tips rambut cantik untuk wanita berhijab, semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Rambut Cantik untuk Wanita Berhijab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel