Tips Bermain Aman bagi Anak

Tema tentang tips bermain aman bagi anak sangat banyak di media sosial saat ini, apalagi sejak semakin mudahnya anak bermain gadget,  tentu orang tua harus turut mengawasi. Tidak hanya itu, bermain bersama teman dengan menggunakan permainan edukatif pun harus terus diawasi dan didampingi agar anak bisa mendapatkan manfaat pembelajaran tentang permainan tersebut.

tips-bermain-aman-bagi-anak
Ilustrasi (Gambar: universitas123.com)

Terdapat berbagai informasi tentang tips bermain yang aman untuk anak, salah satunya yang disampaikan oleh Tammy Sri Utami Dewi, yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 510.

Bagaimana Bermain yang Aman untuk Anak?

Dunia anak-anak memang dunia bermain. Namun sayang, meskipun bisa melatih motorik kasar dan halus, semua permainan juga berpeluang mencederai si anak.

Maka hanya dengan pemilihan mainan yang tepat dan dengan pengawasan orang tua, anak-anak bisa bermain dengan aman.

Baca juga: Tips Meningkatkan Keterampilan Bicara Anak.

Ini dia tips agar anak-anak bisa bermain dengan aman, sebagai berikut:

  1. Ajari anak membereskan mainan setelah selesai menggunakan. Mainan yang berserakan dapat mencederainya, bila terinjak, tersedak (pada balita) bagian-bagian kecil mainan, atau terluka oleh ujung-ujung mainan yang tajam.
  2. Periksa mainan secara teratur untuk memastikan tidak ada bagian yang rusak atau membahayakan. Singkirkan pula mainan yang rusak atau segera perbaiki. Periksa pula mainan dari kayu, apakah ada serpihan yang bisa melukai anak. Periksa juga mainan yang biasa dimainkan di luar rumah, seperti sepeda atau ayunan, apakah ada bagian-bagian yang kendur. Hindarkan mainan seperti itu dari cuaca panas dan hujan, agar tidak cepat rusak.
  3. Bersihkan mainan dari tanah atau pasir sebelum disimpan.
  4. Untuk menyimpan mainan, gunakan wadah atau kontainer dari bahan plastik yang tutupnya terpisah, agar tidak mencederai leher atau kepala anak.
  5. Pastikan mainan anak bebas dari bahan-bahan beracun dan berbahaya. Hindari membelikan petasan, kembang api, gunting atau balon tanpa pengawasan orang dewasa.
  6. Luangkan waktu untuk bermain bersama anak. Dengan demikian, Anda memiliki kesempatan mengajarkan bagaimana bermain dengan baik, dan Anda bisa lebih dekat dengan si kecil.

Itu dia sedikit informasi dan tips bermain aman bagi anak. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Bermain Aman bagi Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel