Asal Usul Sisir Rambut

Alat yang satu ini pasti sudah sangat Anda kenal, karena sudah menjadi kebutuhan untuk membuat rambut menjadi rapi, sehingga penampilan Anda menjadi mempesona. Anda pasti bisa menebaknya. Kali ini, kita tidak akan membahas tentang detail pembuatan sisir, namun hanya membahas tentang asal usul sisir rambut secara sekilas.

sisir-rambut-jaman-dahulu
Ilustrasi (Gambar: Andreas Praefcke via bobo.grid.id)

Saat ini meskipun jaman sudah modern, keberadaan sisir rambut masih sangat dibutuhkan. Meskipun bentuknya sangat sederhana, namun keberadaannya bisa membuat para perempuan marah bila tidak ada alat ini, alat untuk merapikan rambut.

Sejarah Terciptanya Sisir Rambut Wanita

Berdasarkan informasi, sisir sudah menjadi bagian dari peradaban manusia sejak 6.000 tahun SM. Salah satu buktinya, dapat ditemukan diberbagai makam-makan kuno di Mesir yang berusia 6.000 tahun SM dengan ditemukannya sisir tua, bahkan dengan desain yang bagus.

Sisir yang ditemukan di Mesir memiliki bentuk yang beraneka macam, ada sisir dengan hanya satu jajar gerigi lurus, ada yang dengan dua baris.

Baca juga: Tips Merawat Rambut.

Sisir kuno ini umumnya terbuat dari tulang binatang, gading gajah, kayu, perak, kuningan atau timah.

Sisir mewah dengan berbagai hiasan yang dipakai para bangsawan pada abad ke14 hingga ke-16. Pada abad ke-17 dan sesudahnya saat para wanita memelihara rambut panjang, sisir terkadang digunakan sebagai ornamen. Misalnya pada wanita Spanyol yang mengunakan sisir kulit penyu untuk menahan kain penutup kepala.

Sampai pertengahan abad ke-19 kulit penyu dan tanduk sapi mulai banyak digunakan karena bisa dibentuk dengan cara dipanaskan.

Pada akhir abad ke-18 sisir menjadi komoditas industri rumahan yang menguntungkan. Di Leminster, Amerika Serikat, pada tahun 1793 terdapat 70 pengrajin sisir.

Hal ini berkat keberhasilan Enoch Noyes, yang bekerja sama dengan William Clealand yang berasal dari Jerman, yang memperkenalkan keahliannya membuat sisir dengan alat-alat khusus.

Enoch juga berhasil membuka toko sisir kecil dari tanduk sapi pada tahun 1795, bahkan sampai saat ini tempat tersebut masih menjadi pusat sisir di Amerika Serikat.

Pada tahun 1869 menjadi sebuah titik awal pemakaian plastik untukmembuat sisir. Saat itu dua kakak beradik, Isaiah dan John Hyatt, warga Amerika Serikat, mencoba membuat bola biliar dengan seluloida nitrat dan kamper yang merupakan bahan utama pembuatan plastik, tentu saja hal ini berdampak yang menjadikan seluloida menjadi tonggak perubahan sejarah pada sisir.

Berkat penggunaan plastik, pembuatan sisir menjadi lebih mudah dan murah, hingga terjadilah sebuah industri sisir. Alat untuk merapikan rambut ini tidak lagi dibuat di rumah tetapi di pabrik-pabrik.

Pada dasarnya saat itu tidak terdapat perkembangan yang berarti dalam hal desain, hingga pada tahun 1920, Walter Sammons, seorang warga Philadelphia, Amerika Serikat, kemudian mematenkan sisir baru yang bisa dipanaskan hingga bisa meluruskan dan menghilangkan kekusutan rambut.

Sisir buatan Sammons ini menggunakan tenaga listrik yang disertai dengan pengatur panas dan bisa disetel derajat panasnya sesuai yang diinginkan. Temuan ini tentu saja mempercepat proses pelurusan rambut yang sebelumnya membutuhkan waktu yang lama. Saat ini sisir temuan Sammons masih tetap dipakai, namun yang membedakan adalah peralatan listriknya lebih maju dan menggunakan rangka plastik.

Dengan berkembangnya waktu, sisir kemudian dimanfaatkan sebagai terapi, seperti untuk memperlambat tumbuhnya uban, mencegah ketombe, dan juga merangsang pertumbuhan.

Tersebutlah Dr. George Satarr White, yaitu yang memiliki peran besar di balik penemuan sisir yang bisa berfungsi sebagai obat.

Sisir pintar ini ditemukan pada awal tahun 1900 dengan menggunakan tenaga baterai. Sejak saat itu berbagai sisir sejenis bermunculan dengan model dan teknologi yang terus berkembang.

Bahkan sejak tahun 1965 penggunaan sisir baterai kemudian diganti oleh model sisir-isi-udara-panas (hand-held-hot-air styling comb)

Yang paling terbaru adalah sisir yang menggunakan laser, yang berfungsi untuk menumbuhkan rambut botak.

Ini dia sedikit informasi tentang “asal usul sisir rambut”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Sisir Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel