Tips Merawat Rambut

Rambut merupakan mahkota yang selalu menjadi kebanggaan seorang wanita. Selain itu, rambut selalu menjadi perhatian utama agar selalu terlihat cantik. Untuk itulah, mengapa terlihat cantik dengan rambut berkilau, panjang, tebal dan indah menjadi dambaan setiap wanita. Coba lihat iklan shampo di televisi yang selalu menonjolkan keindahan rambut para modelnya. Di balik kecantikan rambut yang dimiliki model shampo tersebut pasti mereka memiliki tips merawat rambut yang tepat dan juga perawatan agar rambut tetap sehat dan selalu terlihat cantik.

Tips Merawat Rambut;Cara Merawat Rambut agar Sehat dan Tebal;
Foto: weddinghairstyle.

Banyak sekali informasi yang membahas cara merawat rambut agar rambut tidak mudah rontok dan selalu terlihat cantik menawan, bahkan banyak diantaranya yang rela mengeluarkan uang untuk merawat rambutnya di salon-salon mahal. Seperti layaknya kulit, yang harus diperhatikan dalam merawat rambut yang benar dan tepat bukanlah dengan selalu menggunakan produk mahal atau pergi ke salon kecantikan, yang paling penting dari sebuah perawatan rambut adalah kebiasaan yang dilakukan dalam merawat rambut tersebut.

Cara Merawat Rambut agar Sehat dan Tebal

Terdapat banyak cara dalam merawat rambut dan yang perlu diperhatikan adalah cara merawat rambut teryata menentukan kesehatan rambut. Dengan rambut sehat, Anda bisa mendapatkan gaya rambut yang diinginkan tanpa khawatir akan terkena masalah pada rambut.

Merawat rambut tidak hanya dengan mencuci rambut secara rutin saja, namun terdapat banyak hal yang harus diperhatikan, terdapat 14 cara yang tepat dalam merawat rambut (Sumber: Tabloid Nyata), antara lain:

  1. Memijat kulit kepala.
  2. Menyisir rambut sebelum mencucinya.
  3. Jangan sering keramas.
  4. Gunakanlah air dingin.
  5. Menyaring air.
  6. Gunakan handuk yang lembut.
  7. Pakailah kondisioner.
  8. Gunakan sisir bergigi jarang.
  9. Gunakan masker rambut.
  10. Potonglah ujung rambutnya.
  11. Gunakan shampo kering.
  12. Lindungi rambut.
  13. Jangan terlalu ketat memakai hijab.
  14. Gunakan bantal sutera.

Baca juga: Hair Spray dan Manfaatnya.

1 | Memijat kulit kepala.

Siapa yang mengira memijat kulit kepala bisa menjadi salah satu cara atau bagian untuk merawat rambut? Memijat kulit kepala selama 5 menit setiap mandi pagi, ternyata penting untuk melancarkan aliran darah di kulit kepala, hal ini bisa merangsang pertumbuhan rambut juga menguatkan akar rambut. Selain itu, bisa mengurangi stres dan sakit kepala.

2 | Menyisir rambut sebelum mencucinya.

Anda pernah kehilangan beberapa helai rambut? Bagaimana kalau yang hilang tidak lagi beberapa namun 100 helai per harinya, namun kalau dibiarkan lama-lama rambut bisa habis. Untuk itu, agar bisa mengurangi rambut yang hilang, alangkah sebaiknya bila menyisir rambut terlebih dahulu sebelum mencucinya. Langkah ini bisa mengurai rambut yang kusut dan bahkan bisa membuka energi pada kulit kepala.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan menyisir rambut setelah mandi apalagi saat kondisi rambut basah, karena rambut yang basah berada pada kondisi yang paling lemah, sehingga bisa menyebabkan rontok yang berlebihan.

3 | Jangan sering keramas.

Lakukanlah mencuci rambut setidaknya 2 hari sekali, dan jangan terlalu sering, karena pada beberapa jenis rambut akan rusak apabila dicuci setiap hari. Sedangkan untuk rambut yang sangat tebal bisa dicuci setiap 3 hari sekali.

4 | Gunakanlah air dingin.

Membilas rambut dengan air hangat setelah keramas memang nyaman dan biasa dilakukan, namun setelah membilas dengan air hangat segera bilas dengan air dingin, hal ini sangat penting untuk menutup pori-pori kulit kepala. Langkah ini akan membuat rambut tetap berkilau.

5 | Menyaring air.

Apabila Anda akan mencuci rambut dan harus menggunakan air PDAM, alangkah sebaiknya bila menyaring terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini disebabkan air PDAM mengandung berbagai bahan kimia, seperti fluorin, klorin, mineral lain dan juga bahan karat yang bisa merusak rambut.

6 | Gunakan handuk yang lembut.

Untuk mengeringkan rambut setelah mencucinya, gunakan handuk yang benar-benar lembut. Jangan menggunakan handuk yang kasar karena bisa menyebabkan  rambut menjadi kasar. Dan yang penting juga adalah jangan menggosok rambut dengan kasar, namun cukup dengan meremas-remas rambut secara perlahan. Apabila tidak ada handuk yang lembut, Anda bisa menggunakan kaos lembut yang sudah tidak dipakai.

7 | Pakailah kondisioner.

Mengoleskan kondisioner setelah keramas sangat berguna untuk menjaga rambut tetap lembut dan lembab. Yang perlu diperhatikan adalah oleskanlah kondisioner hanya pada batang rambut saja, dan jangan sampai mengenai kulit kepala, karena bisa menyebabkan semakin berminyak, karena kulit kepala secara alami menghasilkan minyak setiap hari.

8 | Gunakan sisir bergigi jarang.

Gunakanlah sisir dengan gigi jarang setelah mencuci rambut untuk mengurai rambut yang kusut. Pastikanlah menyisir rambut mulai dari ujung rambut, kemudian berangsur ke tengah dan pada akhirnya sampai ke akar rambut, langkah ini akan membuat rambut yang basah tidak banyak yang rontok.

Apabila rambut mudah kusut, sebaiknya sisir rambut setelah Anda mengoleskan kondisioner, cara ini untuk mengurai kekusutan rambut.

9 | Gunakan masker rambut.

Rawatlah rambut dengan masker setidaknya 2 minggu sekali untuk mencegah rambut kering dan pecah-pecah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami, yaitu campuran satu kuning telur, tiga sendok makan minyak zaitun dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada ujung rambut dan biarkan selama 1 jam, baru kemudian dikeramasi seperti biasa.

10 |Potonglah ujung rambutnya.

Lakukan langkah mudah dalam merawat rambut, yaitu dengan memotong ujung-ujug rambut secara berkala, setidaknya 6 sampai 8 minggu sekali agar rambut tetap sehat. Potonglah sekitar 1 inchi.

11 | Gunakan shampoo kering.

Apabila rambut Anda sangat lepek, karena kulit kepala terlalu berminyak, alangkah sebaiknya menggunakan shampoo kering atau bisa bedak bayi, karena mencuci rambut setiap hari ternyata bukan solusi yang pas. 

Baca juga: Bahan Alami Untuk Menebalkan Alis.

Taburkan shampo kering atau bedak bayi tersebut pada kulit kepala untuk menyerap minyak yang lebih tersebut, dengan begitu rambut menjadi lebih bersih dan lebih sehat.

12 | Lindungi rambut.

Sebelum menggunakan alat untuk menata rambut, semprotkan pelindung panas, seperti minyak atau serum, hal ini untuk melindungi rambut agar tidak rusak.

13 | Jangan terlalu ketat memakai hijab.

Untuk Anda yang berhijab, alangkah sebaiknya  tidak memakai hijab terlalu ketat, karena bisa menyebabkan kulit kepala menjadi panas, yang membuat rambut menjadi rontok. Alangkah sebaiknya membungkus rambut dengan ringan agar akar rambut tetap bisa bernapas.

14 | Gunakan bantal sutera.

Anda bisa menggunakan sprei dan sarung bantal sutera atau satin, karena bahan tersebut bagus untuk kulit dan juga untuk rambut. Bahan dari sutra dan satin akan membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga rambut tidak kering dan ujungnya tidak pecah.

Itu dia sedikit informasi dan tips merawat rambut. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang ingin selalu menjaga rambut agar selalu cantik dan menawan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel