Resensi Buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2”

Setelah beberapa waktu lalu disampaikan tentang informasi buku “Dasar-dasar Akuntansi Jilid 1”, maka sebagai kelanjutan tentang buku tersebut, akan disampaikan resensi buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2”. Tentu Anda yang pernah mempelajari akuntansi sangat memahami di luar kepala isi buku ini. Namun tidak masalah, sebagai pengingat akan disampaikan poin-poin penting dalam buku jilid 2 ini.

resensi-buku-dasar-dasar-akuntansi-jilid-2
Gambar: Dokumentasi pribadi

Sama halnya pada jilid 1, maka buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2” ini juga ditulis oleh Drs. Al. Haryono Jusup, MBA Akuntan dengan bahasanya yang sederhana yang akan membuat Anda mudah untuk mempelajarinya lagi.

Identitas Buku:

  • Judul Buku: Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2.
  • Penulis: Drs. Al. Haryono Jusup, MBA Akuntan.
  • Penerbit: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
  • Cetakan: Edisi 4, Cetakan Pertama, Maret 1993.
  • Halaman: 452 halaman.
  • ISBN: 979-8146-30-1

Resensi Buku Non Fiksi “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2”

Pada buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 1” sudah dibahas tentang proses kegiatan pencatatan, sejak mulai transaksi dicatat untuk pertama kali dalam jurnal hingga menjadi laporan keuangan. Proses kegiatan yang terus berulang setiap tahun buku inilah yang disebut dengan siklus akuntansi.

Materi pembahasan dalam buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2”  ini adalah lanjutan dari materi pembahasan jilid 1 yang lalu. 

Baca juga: Resensi Buku “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1”.

Dalam buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2” dibahas secara lebih mendalam tentang masalah-masalah akuntansi untuk berbagai pos penting dalam laporan keuangan.

Secara singkat masing-masing bab disampaikan sebagai berikut:

Bab 1 – Sistem Pengendalian Intern dan Akuntansi untuk Kas. Bab ini tentu saja terdiri dari dua bagian. Pada bagian pertama membahas tentang arti penting dan prinsip-prinsip pengendalian intern. Prinsip pengendalian intern ini berlaku umum untuk setiap kegiatan perusahaan. Pada bagian kedua meliputi 3 sub bahasan tentang akuntansi untuk kas.

Bab 2 – Piutang Dagang dan Piutang Wesel. Bab ini terdiri dari dua bagian yang berhubungan, karena keduanya menyangkut masalah piutang. Masalah yang dibahas meliputi pengakuan, penilaian dan penyajian dalam laporan. Bagian pertama ditekankan pada pencatatan kerugian piutang, baik dengan menggunakan metoda langsung maupun dengan metode cadangan. Pada bagian kedua dibahas tentang seluk beluk piutang wesel, mulai dari saat terjadinya sampai wesel dilunasi atau didiskontokan sebelum tanggal jatuh tempo.

Bab 3 – Persediaan. Bab ini dimulai dengan memperkenalkan metode pencatatan persediaan perpetual, dan sekaligus membedakannya dengan metode fisik (periodik). Selajutnya diperkenalkan pula metode penentuan harga perolehan (cost) persediaan yang meliputi metode Identifikasi Khusus, FIFO, LIFO, dan metode Rata-rata. Metode penilaian persediaan lain yang juga dibahas pada bab ini adalah Metode Harga Terendah diantara Harga Perolehan dan Hraga Pasar.

Bab 4 – Aktiva Tetap – Perolehan dan Depresiasi. Bab ini adalah bagian pertama dari dua bab dalam buku ini yang membahas tentang aktiva tetap. Pertama yang dibahas tentang penentuan harga perolehan aktiva tetap untuk berbagai kelompok aktiva tetap. Pada bagian akhir dibahas tentang beberapa metode depresiasi yang meliputi: metode garis lurus, metode saldo menurun, metode angka-angka tahun dan metode satuan hasil.

Bab 5 – Aktiva Tetap – Penghentian, Sumber Alam dan Aktiva Tak Berwujud. Bab ini terdiri atas 3 bagian. Pada bagian pertama bab ini adalah lanjutan dari bab 4. Pada bagian ini dibahas tentang akuntansi jika terjadi penghentian aktiva tetap, baik karena tidak dipakai lagi, dijual atau ditukar dengan aktiva lain, baik sejenis maupun tidak sejenis. Pada bagian kedua dibahas tentang akuntansi untuk sumber-sumber alam, yang meliputi penentuan harga perolehan sumber alam dan diplesinya.

Bab 6 – Kewajiban Lancar dan Penggajian. Bab ini terdiri dari dua bagian. Pada bagian pertama membahas tentang akuntansi untuk kewajiban lancar. Pada bagian ini dibahas tentang wesel. Selain itu, pada bagian ini juga dibahas tentang berbagai jenis kewajiban lancar lainnya, seperti utang pajak, pendapatan diterima dimuka, dan bagian utang jangka panjang yang akan jatuh tempo.

Bab 7 – Kewajiban Jangka Panjang. Pada bab ini membahas tentang dua jenis utang jangka panjang yang paling banyak dijumpai dalam praktik, yaitu utang wesel jangka panjang dan utang obligasi. Pada bagian pertama diuraikan tentang utang wesel jangka panjang yang pelunasannya dilakukan secara angsuran. Pada bagian kedua diuraikan tentang seluk beluk utang obligasi mulai dari obligasi diterbitkan sampai pelunasannya, baik pelunasannya dilakukan pada tanggal jatuh tempo maupun pelunasan sebelum jatuh tempo. Pada bagian ini juga dibahas tentang metode amortisasi diskonto dan premi, baik dengan menggunakan metode garis lurus maupun metode tingkat bunga efektif.

Bab 8 – Modal Saham dan Laba Ditaahan. Bab ini dimulai dengan membahas modal saham yang meliputi pengeluaran saham dengan harga pari atau harga yang ditetapkan, maupun pengeluaran saham yang menimbulkan agio dan disagio. Pada bagian ini pula dibahas tentang penarikan kembali saham (treasury stock) beserta penyajiannya dalam neraca. Pada bagian kedua membahas tentang berbagai hal yang mempengaruhi rekening Laba Ditahan, termasuk penyisihan laba ditahan serta pelaporannya dalam neraca dan laporan laba ditahan.

Bab 9 – Investasi Sementara dan Investasi Jangka Panjang. Bab ini membahas investasi yang dilakukan perusahaan dalam sekuritas obligasi dan saham. Pada bagian pertama diuraikan tentang cara pencatatan dan pelaporan investasi sementara dalam obligasi dan investasi sementara dalam saham. Pada bagian kedua dibahas tentang investasi jangka panjang dalam obligasi dan investasi jangka panjang dalam saham baik dengan menggunakan metode harga perolehan maupun metode equity.

Bab 10 – Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Pada bab ini mulai diperkenalkan tentang akuntansi yang dilakukan pada perusahaan manufaktur.

Itu dia sedikit informasi dan resensi buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “Dasar-Dasar Akuntasi Jilid 2”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel