Asal Usul Sebutan Kata “Jumbo”

Kata jumbo sudah sangat familier dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk memesan minuman seperti es teh saja sering ditawarkan dalam menu jumbo dengan porsi lebih banyak dari porsi biasa. Tahukah Anda ternyata ada yang menarik dengan terciptanya atau asal usul sebutan kata ‘jumbo’ ini.

asal-usul-sebutan-kata-jumbo
Ilustrasi (Gambar:  eehe.org.uk)

Memang bisa diakui sebutan jumbo sudah menjadi sebutan yang biasa bagi kita, kata jumbo lebih berkonotasi pada hal yang lebih besar dari biasanya. Seperti minuman ukuran jumbo, kaos ukuran jumbo, dan masih banyak produk yang disematkan dengan istilah ini.

Ternyata Lahirnya Sebutan Kata “Jumbo” Berasal dari Sirkus

Banyak sekali informasi tentang asal usul  kata jumbo ini, salah satunya yang bisa menjadi referensi adalah dari Majalah Intisari Edisi No. 553.

Meskipun  saat ini sudah jarang sirkus di Indonesia, namun siapa pun pasti mengenal keberadaan sirkus ini. Ada yang mengatakan keberadaan sirkus diawali dari P. Krete di Laut Mediterania, sekitar empat ribu tahun, saat itu atraksinya hanya melompati banteng.

Sirkus yang kita kenal sampai saat ini pun berasal dari Romawi Kuno. Pada saat itu telah dikenal circus maximus (circus = lingkaran, maximus = hebat, besar). Bangunan tempat diadakan sirkus pun berupa lingkaran dengan tempat duduk yang bisa menampung ribuan orang. Pertunjukan sirkus pun dimulai dengan parade yang megah. Selanjutnya masuk kereta-kereta perang yang ditarik dengan kuda. Para pemain akrobat pun beratraksi melemparkan barang ke udara. Bahkan kadang-kadang pertunjukan gladiator juga digelar disitu.

Baca juga: Lingerie dan Asal-Usulnya.

Bangsa Roma pun kemudian terlibat perang, sehingga sirkus mulai dikesampingkan. Hal ini membuat para pemain sirkus berkelana ke seluruh dataran Eropa. Dua atau tiga orang pemain sirkus akhirnya berpetualang secara bersama, dari ngamen di jalanan akhirnya mereka pun bisa menetap di perayaan-perayaan  orang suci di halaman gereja.

Ratusan tahun berlalu dan pesta perayaan seperti itu pun semakin bertambah besar dan para pemainnya pun semakin bertambah. Dan beberapa orang mulai membawa binatang-binatang aneh untuk dipertontonkan. 

Sampai akhirnya sekitar tahun 1771, Philip Atsley warga Inggris mencoba sesuatu yang baru, yang membuat lingkaran pertunjukan di London. Orang yang menonton pun duduk melingkar di seputar lapangan. Atraksi utamanya adalah berkuda. Setelah itu, ia menambah dengan badut, akrobat di atas tali dan permainan akrobat. Dan inilah yang menjadi lahirnya sirkus modern, yang menggabungkan beberapa permainan. Oleh karena itulah, Philip Astley disebut dengan Bapak Sirkus.

Seiring dengan kedatangan orang Eropa ke dunia baru “Amerika”, maka sirkus pun semakin berkembang di Amerika, namun masih hanya sebatas pertunjukan kecil. Binatang-binatang aneh pun masuk untuk mendukung sirkus. Singa masuk dipertontonkan pada tahun 1770.

Sirkus yang sebenarnya, baru muncul saat John Bill Ricketts membuka sirkus miliknya tanggal 3 April 1793. Konsep yang dibawa hampir sama dengan Philip Atsley, yaitu beraksi di atas kuda. Ada pula ketangkasan. John pun disebut sebagai Bapak Sirkus Amerika.

Perkembangan sirkus di Amerika juga dipicu dengan masuknya binatang gajah, yang menjadi patokan seberapa besar rombongan sirkus tersebut. Semakin banyak gajah yang dibawa , maka semakin besar rombongan sirkus tersebut.

Dari nama sebuah gajah, lahirlah kata “jumbo” untuk menggambarkasn sesuatu yang lebih besar dari biasanya. Jumbo, gajah terbesar di Amerika yang dibeli dari Kebun Binatang London memang bertubuh besar dan menjadi ikon sirkus Barnum dan Bailey. Binatang, badut dan Big Top (tenda bulat beratap runcing) menjadi ciri sebuah sirkus.

Jumbo Bag, Salah Satu Penggunaan Nama dari Kata ‘Jumbo”

Dari berbagai banyak penggunaan nama ‘jumbo’, maka ‘Jumbo Bag” menjadi salah satu yang digunakan.

Jumbo bag sendiri merupakan kantong besar dengan daya tampung sekitar 1000 kilo sampai 2000 kilo yang biasanya digunakan untuk memuat barang-barang atau produk untuk keperluan perusahaan perkebunan, tambang dan industri dalam pabrikasi.

Nama “Jumbo Bag” merupakan kemasan yang mudah dikenali dari namanya yang menggunakan nama jumbo yang berarti besar.

Itu dia sedikit informasi tentang asal usul sebutan kata “Jumbo”. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Asal Usul Sebutan Kata “Jumbo”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel