Manfaat Silaturahmi Untuk Anak

Lebaran sudah berlalu beberapa waktu lalu, meskipun sudah berlalu, namun hikmah positif dari lebaran harus tetap dilakukan, salah satunya dengan menjaga tali silaturahmi. Tidak hanya untuk orang dewasa, ternyata mengajak anak bersilaturahmi juga membawa makna positif, tentu saja terdapat manfaat silaturahmi untuk anak, meskipun belum bisa dirasakan saat ini.

Sering mengajak anak bersilaturahmi ke rumah saudara, sahabat, tokoh masyarakat dan juga tokoh agama ternyata menjadi hal yang sangat berguna. Dengan silaturahmi maka diharapkan bisa membuat hubungan anak lebih akrab dengan orang-orang yang dikunjungi.

manfaat-silaturahmi-untuk-anak
Ilustrasi (Gambar: Shutterstock)

Bahkan yang menarik dari silaturahmi apalagi dengan mengajak anak adalah anak kelak akan menjadi orang yang luwes atau mudah bergaul saat berhubungan dengan siapa saja.

Silaturahmi adalah Amalan untuk Menyambung Tali Persaudaraan

Banyak sekali keutamaan yang didapatkan dari silaturahmi. Selain itu, silaturahmi merupakan salah satu ajaran yang diperintahkan Alloh SWT.

Sama halnya saat lebaran kemarin, yang menjadi waktu terbaik untuk bisa terhubung dengan keluarga dan orang-orang terkasih yang sudah lama tidak bertemu.

Baca juga: Saat Ujian dan Musibah Melanda.

Bahkan silaturahmi juga bisa mengajarkan anak untuk menghormati mereka yang lebih tua, yang membuat mereka tahu makna silaturahmi yang sebenarnya.

Terdapat manfaat silaturahmi bagi anak, antara lain:

1. Mendapat pesan positif

Bagi anak yang sudah cukup besar, maka anak akan sering mendapat nasehat dari orang yang dikunjunginya. Atau minimal, mendapat pesan-pesan positif, seperti agar menjadi anak yang baik, harus rajin belajar, mulai menyayangi saudaranya baik kakak dan adiknya. Meskipun hanya sekedar basa basi, namun akan memberikan manfaat bagi sang anak.

2. Menjadi studi banding bagi anak

Dengan silaturahmi bisa dikatakan anak akan melakukan studi banding. Banyak hal yang bisa diajarkan dari keluarga yang dikunjungi kepada anak-anak kita.

Misalnya, saat berkunjung ke rumah saudara yang anaknya rapi mengatur mainan, tentu anak bisa diingatkan untuk melakukan hal yang sama.

3. Sebagai rekreasi

Silaturahmi bisa menjadi sebuah ajang rekreasi bagi anak. Anak akan mendapatkan pengalaman berharga, baik dalam perjalanan maupun saat sampai di rumah yang dituju.

Silaturahmi dalam Islam

Secara bahasa, kata silaturahmi ini berasal dari kata ‘shilah’ yang berarti hubungan, dan ‘rahim’ yang berarti kerabat. Kata rahim juga berasal dari kara Ar Rahmah yang berarti kasih sayang atau kekeluargaan.

Terdapat beberapa manfaat silaturahmi menurut Islam, antara lain (gramedia.com):

  1. Bisa mendekatkan diri kepada Alloh SWT.
  2. Menjaga keharmonisan dan kerukunan antar saudara.
  3. Dijauhkan dari api neraka.
  4. Menjadi mahluk yang mulia.
  5. Memperpanjang umur dan juga melapangkan rezeki.
  6. Mendapatkan rahmat.
  7. Masuk surga.
  8. Menghibur kerabat.
  9. Menggugurkan dosa.
  10. Memperluas ilmu dan hikmah hidup.

Tidak hanya itu, ternyata silaturahmi juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental, antara lain:

  1. Bisa membantu mengurangi rasa cemas dan stress.
  2. Meningkatkan daya ingat dan terhindar dari demensia.
  3. Meningkatkan imun tubuh dan memperpanjang usia.
  4. Membantu memecahkan masalah.
  5. Menjaga kesehatan mental.

Itu dia sedikit informasi tentang “manfaat silaturahmi untuk anak’. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Silaturahmi Untuk Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel