Resensi Buku “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1”

Masih ingat dengan buku yang satu ini? Anda yang saat itu pernah menempuh mata kuliah akuntansi di jurusan akuntansi, manajemen atau jurusan lainnya yang ada hubungannya dengan akuntansi pasti pernah menggunakan buku karya Al. Haryono Jusup ini. Sebagai pengingat kembali atas buku ini, maka di bawah ini akan disampaikan tentang resensi buku “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1”.

resensi-buku-dasar-dasar-akuntansi-jilid-1
Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Buku ini memang sangat disarankan bagi Anda yang ingin mempelajari akuntansi lebih dalam, karena buku karya Al. Haryono Yusuf ini sangat mudah dipahami dengan bahasanya yang sederhana, sehingga cocok sebagai buku pedoman untuk mahasiswa atau pun Anda yang sudah bekerja. 

Identitas Buku:

  • Judul Buku: Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1.
  • Penulis: Al. Haryono Yusuf.
  • Penerbit: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
  • Cetakan: Edisi 4.
  • Halaman: 457 halaman.

Resensi Buku Non Fiksi “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1”

Buku “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid “1 ini berisi tentang materi pelajaran akuntansi tingkat dasar yang dirancang untuk mahasiswa tahun pertama, atau siapa saja yang berminat untuk memahami akuntansi.

Mengingat banyaknya topik yang dibahas, maka penulis membagi buku “Dasar-Dasar Akuntansi” ini menjadi dua jilid

Buku Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1  ini terdiri atas 9 bab. Pada enam bab pertama adalah satu rangkaian yang berkaitan satu dengan lainnya yang disebut dengan “siklus akuntansi”, yaitu pemahaman tentang proses akuntansi yang membentuk siklus akuntansi dan menjadi syarat untuk membahas masalah-masalah lain di bidang akuntansi.

Baca juga: Resensi Buku “Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi”.

Ada pun secara singkat isi masing-masing bab adalah sebagai berikut:

Bab 1 – Akuntansi dan Lingkungannya. Bab ini terdiri atas dua bagian. Pada bagian pertama diuraikan tentang berbagai pengertian dasar dan istilah akuntansi seperti definisi akuntansi, bidang-bidang akuntansi, fungsi dan tujuan akuntansi, dan pengenalan atas lingkungan akuntansi. Pada bagian akhir bab ini dibahas tentang persamaan akuntansi disertai contoh-contoh bagaimana menerjemahkan pengaruh transaksi atas persamaan akuntansi.

Bab 2 – Dasar-dasar Prosedur Pembukuan. Pada bab ini mulai diperkenalkan penggunaan rekening sebagai alat pencatatan. Pembahasan dimulai dari pengelompokan rekening dan sifat masing-masing kelompok rekening, yang diakhiri dengan penyusunan neraca saldo.

Bab 3 – Jurnal dan Posting. Bab ini menerangkan mengenai penggunaan jurnal sebagai alat pencatatan transaksi yang pertama. Penerapan penggunaan jurnal diberikan berupa contoh pencatatan serangkaian transaksi dalam buku jurnal.

Bab 4 – Penyesuaian Pembukuan. Membahas tentang pembuatan jurnal penyesuaian. Pada awal, dibahas mengenai alasan mengapa diperlukan penyesuaian pembukuan. Dan selanjutnya diberikan contoh tentang jenis-jenis penyesuaian pembukuan. Selanjutnya diberikan contoh tentang jenis-jenis penyesuaian yang sering dijumpai dalam praktik pembukuan. Pada bab ini diakhiri dengan uraian tentang penyusunan neraca saldo setelah penyesuaian. 

Bab 5 – Neraca Lajur. Pada bab ini diuraikan tentang proses pembuatan neraca lajur sepuluh kolom. Pembahasan ini dilakukan tahap demi tahap mulai dari pembuatan kolom-kolom kertas kerja dan dilanjutkan dengan cara memasukkan data ke dalam masing-masing kolom. Bab ini diakhiri dengan menunjukkan laporan keuangan yang disusun melalui pemakaian neraca lajur.

Bab 6 - Penutupan Buku dan Penyesuaian Kembali. Bab ini adalah bab terakhir yang membahas proses akuntansi dalam perusahaan jasa. Pada bab ini diterangkan tentang pembuatan jurnal penutup yang dimulai dengan alasan pembuatan jurnal penutup dan kelompok rekening yang membutuhkan penutupan buku. Bab ini diakhiri dengan pembuatan neraca saldo setelah penutupan buku.

Bab 7 - Akuntansi untuk Perusahaan Dagang. Bab ini khusus membahas mengenai akuntansi dalam perusahaan dagang. Penekanan diberikan pada transaksi-transaksi yang merupakan ciri perusahaan dagang, yaitu transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan, berikut cara pencatatannya dalam jurnal dan rekening-rekening yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang. Bab ini diakhiri dengan penyusunan laporan keuangan dan penutupan buku pada perusahaan dagang.

Bab 8 – Sistem Akuntansi. Bab ini membahas tentang sistem akuntansi secara manual. Pada awal bab ini secara sederhana diperkenalkan mengenai sistem akuntansi yang elemen-elemennya telah diterangkan pada bab-bab sebelumnya.

Bab 9 – Akuntansi dengan Komputer. Pada bab terakhir ini diterangkan tentang sistem akuntansi dengan komputer. Pada bab ini diakhiri dengan ilustrasi penggunaan program spreadsheet yang sangat banyak digunakan dalam praktik.

Itu dia sedikit informasi dan resensi buku “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel