Saat Memilih Hippo Time Sejenak

Pernahkah Anda merasa badan sangat capek yang teramat sangat dan otak sudah tidak bisa diajak berpikir? Itu tandanya tubuh meminta Anda untuk beristirahat. Saat memilih hippo time sejenak. Saatnya Anda harus menikmati keadaan bahwa istirahat sejenak menjadi sebuah cara untuk memberikan kesempatan tubuh dan otak memulihkan kondisi tubuh.

hippo-time
Ilustrasi (Gambar: oreilly.com)

Izinkan dirimu merasakan secara mendalam perasaanmu, lalu meresponlah terhadap perasaan itu. Suatu ketika, rasa sakit yang kamu alami akan menjadi kekuatanmu.” - Milton Ward, The Brillian Function of Pain.

Hippo Time Meaning

Tentu Anda bertanya-tanya, apa itu ‘Hippo Time”? Mengapa istilah ini begitu populer saat ini, di tengah semakin sibuknya mereka yang bekerja tanpa kenal waktu ini.

Istilah ‘Hippo Time” ini diperkenalkan oleh Paul McGee, yang intinya berarti ‘waktu tenang’, yaitu waktu ketika Anda merenung, memikirkan ataupun menenangkan diri dari suatu pengalaman tidak menyenangkan yang baru saja dialami.

Baca juga: Sakit Kepala, Pencegahan dan Pengobatannya.

Yang menarik adalah istilah ‘hippo time’ ini diambil dari kebiasaan kuda nil yang merendam diri dalam air. Sesekali ia akan memasukkan seluruh tubuhnya ke dalam air. Dengan waktu yang cukup lama, setelah itu ia akan muncul lagi kepermukaan.

Sepertinya kita pun butuh untuk memasukkan diri ke dalam air yang tenang, merenungkan masalah kita sebelum akhirnya kembali ke dunia nyata.

Menurut Anthony Dio Martin, (seorang personal inspirator, trainer, dan penulis buku), secara psikologis, hippo time ini memiliki efek penyembuhan, karena kita belajar menerima, berdamai sekaligus melepaskan beban yang tidak menyenangkan.

Bahkan sebaliknya, orang yang tidak melakukan hippo time, terkadang bisa berakhir dengan situasi yang lebih buruk.

“Hippo time” bisa menjadi momen mencerahkan bahkan memberi makna mendalam. Eric Clapton, penyanyi dan gitaris terkenal tahun 1991 kehilangan putranya bernama Conor, 4 tahun, karena jatuh dari lantai 53 apartemen teman ibunya, ia begitu terpukul. Namun di masa sedihnya itu, lahir sebuah lagu yang termasuk Billboard Hot 100, Tears in Heaven.

Saat berada dalam kemalangan atau pengalaman yang secara emosional membuat kita terpuruk, “hippo time” bisa sangat bermanfaat asal jangan terlalu lama, karena bisa berbahaya, karena kita bisa sulit untuk bangkit kembali.

“Hippo time” memang sehat, tetapi tidak boleh berlama-lama. Selama masa itu, sebaiknya bicarakan dengan orang yang tepat, agar bisa mendapat perspektif lain. Juga sebaiknya jangan terlalu mendalam sehingga terperosok didalamnya, justru bisa berakibat frustasi, bahkan pada beberapa kasus berakhir dengan bunuh diri.

Putuskan berapa “hippo time” ini akan berlangsung dalam hidup Anda. Setelah itu katakan dengantegas, “Saya menerima kenyataan ini, dan sekarang ini, Saya memutuskan untuk melanjutkan kehidupan Saya.”

Ini menjadi masa ketika Anda belajar menerima sekaligus berdamai dengan pengalaman pahit Anda. Percayalah dengan cara demikian kita belajar untuk menjadi pribadi yang hebat.

Mereka yang hebat bukanlah mereka yang tidak pernah mengalamai masalah, tetapi bisa bangkit setelah menghadapi masalah.

Itu dia sedikit informasi dan catatan tentang “saat memilih hippo time sejanak”. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Saat Memilih Hippo Time Sejenak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel