Resensi Buku “Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi”

Waktu terus berjalan dan berlalu, Anda yang pernah kuliah di Fakultas Ekonomi, tentu masih ingat dengan apa yang pernah dipelajari di bangku kuliah. Kali ini buku yang menjadi pembahasan kita kali ini adalah buku matematika yang menjadi salah satu mata kuliah wajib saat itu. Untuk itu sebagai pengingat kembali akan disampaikan tentang resensi buku “Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi”.

Matematika sendiri merupakan suatu alat untuk menyederhanakan penyajian dan pemahaman masalah. Dengan menggunakan bahasa matematik maka suatu masalah dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dipahami, dianalisa dan dipecahkan.

resensi-buku-matematika-terapan-untuk-bisnis-dan-ekonomi
(Gambar: Dokumen pribadi)

Sebagai sebuah ilmu yang senantiasa berkembang, ekonomi tidak luput dari hasrat untuk menerapkan matematika dalam bahasan-bahasannya. 

Identitas Buku:

  • Judul Buku: Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi.
  • Penulis: Dumairy.
  • Penerbit: BPFE - Yogyakarta.
  • Cetakan: Pertama, Juni 1983 dan Keenam, Nopember 1989.
  • Halaman: 375 halaman.

Resensi Buku Non Fiksi “Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi”

Buku Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi ini berisi tentang uraian mengenai penerapan konsep-konsep matematika dalam bidang bisnis dan ekonomi. 

Materinya disusun berdasarkan kebutuhan atau rencana kuliah matematika selama dua semester pada fakultas-fakultas ekonomi, sekolah tinggi ilmu ekonomi dan akademi-akademi yang mengajarkan ilmu yang berkaitan dengan bidang bisnis dan ekonomi.

Pada setiap bab diawali dengan uraian mengenai model-model matematika murni, yang disusul dengan penjelasan ringkas tentang togika dari konsep-konsep ekonomi yang menerapkan model tersebut, kemudian penerapan model matematika itu sendiri dalam konsep ekonomi yang bersangkutan beserta contoh-contoh praktisnya.

Baca juga: Resensi Buku “Dasar-dasar Administrasi Niaga”.

Dengan cara penyajian seperti yang disampaikan di atas, maka Anda yang mempelajari buku ini bisa secara bertahap dan secara sistematis  memahami konsep matematika murninya, logika ekonomi dan kemudian bisa menerapkan model atau konsep ekonomi matematika tersebut dalam bidang ekonomi.

Pada bagian pertama buku ini berisi konsep-konsep dasar matematika. Teori himpunan, deret, pangkat, akar dan logaritma disajikan dalam buku ini, beserta penerapan ekonominya seperti dalam analisis perkembangan usaha, analisis pertumbuhan penduduk dan juga teori nilai uang.

Pada bagian kedua menguraikan tentang fungsi. Berbagai model ekonomi baik yang linier maupun non linier digambarkan pada bagian ini, seperti model fungsi permintaan, fungsi penawaran, fungsi biaya, fungsi penerimaan, fungsi produksi, fungsi utilitas, fungsi konsumsi, fungsi tabungan, fungsi investasi, fungsi pajak, dan fungsi impor. Begitu juga berbagai analisis yang berhubungan dengan berbagai analisis, seperti analisis keseimbangan pasar, pengaruh pajak dan subsidi, analisi keuntungan maksimum dan analisis pendapatan nasional.

Pada bagian ketiga menguraikan tentang kalkulus, diferensial dan integral serta penerapan konsep kalkulus tersebut dalam berbagai analisis dan model pengambilan keputusan ekonomi.

Bagian keempat berisi tentang aljabar linier, konsep-konsep matriks serta penerapannya dalam analisis input-output dan programasi linier yang diurakan pada bagian ini,

Sedangkan pada bagian kelima membahas tentang soal jawab penerpan matematika dalam bidang bisnis dan ekonomi. Pada bagian ini bisa dijadikan sarana bagi para mahasiswa untuk memahami secara lebih lanujut tentang analisis ekonomi secara matematik.

Pada dasarnya buku ini sengaja dirancang sehingga tidak hanya bermanfaat untuk para mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah ekonomi mikro dan ekonomi makro saja, tapi juga untuk mereka yang berminat memahami kedua mata kuliah tersebut secara kuantitatif-matematis, bisa menggunakan buku ini sebagai pelengkap acuan, hal ini mengingat penerapan matematika dalam ekonomi sebenarnya untuk penerapan dalam ekonomi mikro dan ekonomi makro. 

Itu dia sedikit informasi dan resensi buku “Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi” ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.  

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel