Resensi Buku “Analisis Kredit untuk Account Officer”

Anda seorang Account Officer? Tentu tidak asing dengan buku-buku karya Jopie Jusuf yang sering mengeluarkan berbagai buku tentang masalah perkreditan, khususnya buku-buku dasar dalam proses pemberian kredit di bank. Setelah beberapa waktu di blog firmankasan.com ini sudah membahas tentang berbagai hal yang harus dilakukan dalam proses pemberian kredit, juga resensi buku untuk pemula dalam menganalisis kredit, kini akan disampaikan tentang resensi buku “Analisis Kredit untuk Account Officer”.

resensi-buku-analisis-kredit-untuk-account-officer
(Gambar: Dokumentasi pribadi)

Semua orang, khususnya yang pernah berkecimpung di bank, pasti memahami bahwa bisnis bank adalah berbisnis risiko (bank is a risk business). Ungkapan ini memang sengaja disampaikan sebagian orang yang menggambarkan karakteristik bisnis bank.

Identitas Buku:

  • Judul Buku: Analisis Kredit untuk Account Officer.
  • Penulis: Jopie Jusuf.
  • Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  • Cetakan: Kedelapan, Juni 2007.
  • Jumlah Halaman: 289.
  • ISBN: 978-979-605-187-8.

Resensi Buku Non Fiksi “Analisis Kredit untuk Account Officer”

Sesuai dengan yang disampaikan di atas, maka bank adalah suatu institusi yang berbisnis risiko. Hal ini disebabkan dalam kegiatannya ia menyalurkan dana ke pihak tertentu (dalam bentuk kredit) dengan menggunakan dana dari pihak lain.

Dan salah satu faktor yang menentukan kelancaran bisnis bank adalah keberhasilannya dalam mengelola kredit yang disalurkannya tersebut.

Untuk menjaga agar kredit yang disalurkan tersebut, maka kredit tersebut harus layak, dalam hal ini bank mengembangkan suatu proses seleksi atas seluruh proposal kredit, salah satu komponen penting dlam proses tersebut adalah “Analisis Kredit”.

Baca juga: Resensi Buku “Panduan Dasar untuk Account Officer”.

Tentu saja sangat mutlak bagi seorang Account Officer untuk menguasai teknik Analisis Kredit agar bisa memberikan rekomendasi yang tepat.

Untuk itulah, buku ini senagja disajikan oleh penulis (Jopie Jusuf) yang menguraikan berbagai teknik analisis kredit yang berkaitan dengan analisis terhadap data kualitatif dan analisis terhadap data kuantitatif.

Untuk lebih menfokuskan pada pembahasan, maka buku ini hanya memfokuskan pada Analisis Kredit.

Pada dasarnya analisis kredit, dibagi menjadi dua aspek, yaitu:

  • Aspek kuantitatif, yaitu analisis terhadap angka-angka yang ditunjukkan oleh Laporan Keuangan (Financial Statement), yang tujuannya adalah untuk memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan.
  • Aspek kualitatif, yaitu analisis terhadap berbagai faktor non-angka, dengan tujuan untuk mengidentifikasi hal-hal yang mendukung dan yang membahayakan bisnis debitur.

Buku berjudul Analisis Kredit untuk Account Officer ini terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  • Bagian pertama berupa pembahasan mengenai Laporan Keuangan secara singkat, dengan tujuan untuk menyamakan bahasa bagi yang telah tidak asing dengan masalah accounting. Untuk pembaca yang masih awam mengenai masalah laporan keuangan, bagian ini merupakan pengantar yang harus dibaca dan dimengerti karena merupakan dasar bagi pemahaman sebagian besar isi buku.
  • Pembahasan tentang Analisis Laporan Keuangan nasabah. Teknik ini mencakup analisis rasio keuangan, common size, analisis kecenderungan serta analisis sumber dan penggunaan dana. Dari analisis ini bisa diketahui kondisi keuangan perusahaan pada masa lalu dan masa sekarang.
  • Dalam pemberian kredit, harus dicoba mengetahui kondisi perusahaan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, perlu dilakukan proyeksi keuangan, antara lain dengan menggunakan metode pro-forma statement dan metode cash budget (cashflow).
  • Selain itu juga dibahas teknik untuk menentukan struktur kredit yang tepat. Dengan struktur kredit yang tepat, bank bisa memperkecil risiko kredit, dan bagi nasabah, struktur kredit yang tepat akan memberikan neraca yang lebih sehat.
  • Pembahasan analisis kualitatif juga dibahas disini, yang meliputi analisis terhadap faktor-faktor intern dan ekstern perusahaan. Hal tersebut dirangkum dalam analisis yang disebut SWOT analysis.
  • Selain berbagai analisis di atas, juga diuraikan tentang prinsip dasar yang harus diperhatikan oleh para Account Officer dalam proses pemberian kredit.

Selain berbagai pendekatan, buku ini juga dilengkapi dengan banyak contoh dan studi kasus, sehingga buku ini bisa dipergunakan dan dipelajari oleh mereka yang berhubungan dengan perkreditan, seperti Account Officer, Loan Officer, Credit Analyst, dan juga untuk Anda yang tertarik dengan Analisis Kredit.

Itu dia sedikit informasi tentang resensi buku “Analisis Kredit untuk Account Officer”. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Resensi Buku “Analisis Kredit untuk Account Officer”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel