Tauwa, Si Wedang Tahu yang Menyehatkan

Apa kabar kawan? Ada apa dengan hari ini? Menjaga kesehatan selalu menjadi topik menarik, apalagi saat ini banyak orang sakit yang disebabkan karena makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Kalau Anda mEnyukai kuliner tradisional Indonesia, maka ada satu makanan atau minuman yang bisa membuat tubuh Anda sehat, yaitu “Tauwa”, si wedang tahu yang menyehatkan.

tauwa-wedang-tahu
Tauwa

Dapat diakui minuman tradisional yang dibuat dari berbagai bahan rempah terkenal akan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Begitu pula dengn sajian tauwa, yang menarik adalah kuahnya yang menyegarkan karena terdapat campuran jahe yang membuat tubuh menjadi sehat dan menyegarkan.

Tauwa adalah Kembang Tahu yang Enak dan Menyegarkan

Bagi Anda anak muda kekinian mungkin agak asing dengan nama sajian makanan atau minuman ini. Memang agak membingungkan, termasuk golongan makanankah atau minuman tauwa ini.

Mengambil informasi dari wikipedia.org, tauwa atau tahwa atau disebut juga dengan kembang tahu, merupakan camilan kecil tradisional dari Tiongok, dengan sebutan asalnya Tauhue atau Tauhua.

Baca juga: Pisang Goreng dari Indonesia Menjadi Dessert Terbaik di Dunia.

Tauhue merupakan sebutan dari dialek Hokkian yang menjadi sebutan warga Tionghoa-Indonesia, sedangkan sebutan Tauhue menjadi sebutan yang paling populer di Tainan, Taiwan.

Tauhue ini memang memiliki hubungan yang sangat erat dengan tahu karena bahan dan cara pembuatannya yang hampir sama, makanan ini disebut juga puding tahu atau puding kedelai.

Selain itu, tauhue sangat populer di Tiongkok Selatan dan biasanya dihidangkan bersama dengan air gula, sedangkan di Taiwan, Tauhue biasanya disajikan dengan kacang merah, air jeruk nipis untuk menambah rasa.

Sejarah Hadirnya Tauwa Kacang Kuah

Membicarakan tauwa berarti membicarakan kemunculan tahu, yang diperkirakan berasal dari Tiongkok pada masa Dinasti Han.

Tauwa Kacang Kuah
“Tauwa”, si wedang tahu

Bangsa Tiongkok telah berhasil mengembangkan dan juga memperkaya keanekaragaman resep masakan yang berasal atau berbahan dari tahu ini, seperti tahu busuk, tahu mapa, tahu acar dan juga puding tahu.

Kehadiran Tauwa Kacang Kuah di Indonesia

Di Indonesia sendiri sajian kuliner tauwa juga sudah sangat dikenal dan juga sering disebut dengan kembang tahu. Di berbagai daerah, Anda bisa menemukan penjual kembang tahu yang menjualnya di jalanan protokol atau di area yang dekat dengan perkantoran.

Tauwa ini disajikan dengan keadaan hangat atau bisa dingin dengan sirup jahe dan diberikan tambahan daun pandan.

Selain disajikan dengan larutan jahe, tauwa ini dalam penyajiannya juga ditambahkan dengan santan agar kuah menjadi lebih gurih. Selain itu juga terdapat tambahan kacang tanah dan pasta kacang hijau sebagai tambahan

Itu dia sedikit sajian nikmat “Tauwa, Si Wedang Tahu yang Menyehatkan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tauwa, Si Wedang Tahu yang Menyehatkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel