Pisang Goreng dari Indonesia Menjadi Dessert Terbaik di Dunia

Indonesia adalah surganya kuliner, begitu banyak sajian kuliner yang bisa dinikmati. Bahkan saat ini banyak sekali food blogger dan food vlogger dari luar negeri yang tertarik dengan berbagai sajian kuliner Indonesia, salah satu kuliner yang saat ini menjadi favorit adalah pisang goreng. Dan tidak salah kalau pisang goreng menjadi favorit, karena baru-baru ini cemilan pisang goreng dari Indonesia menjadi dessert terbaik di dunia.

Pisang-goreng-dessert-terbaik-di-dunia
Pisang goreng dessert terbaik (Gambar: forums.hardwarezone.com.sg)

Kabar menggembirakan tersebut tentu saja membuat bangga seluruh pecinta kuliner Indonesia. Makanan atau cemilan yang dulunya hanya dianggap makanan sepele, karena banyak dijual di warung-warung dan juga warung kopi ternyata bisa naik kelas, dan disukai masyarakat mancanegara.

Dessert Terbaik di Dunia 2023

Kenikmatan pisang goreng memang tidak ada matinya, bahkan dengan berkembangnya dunia kuliner, pisang goreng memiliki variasi, dari yang hanya digoreng biasa dengan rasa original sampai dengan berbagai topping di atasnya, tidak hanya itu, sajian pisng goreng kipas yang disajikan dengan bentuk seperti kipas dengan dipotong tipis-tipis ini pun rasanya juga tidak kalah enak.

Kenikmatan pisang goreng ini bukan kaleng-kaleng, karena pisang goreng terpilih sebagai camilan gorengan dan juga makanan penutup terbaik nomor satu dunia untuk kategori “best deep-frying dessert”, yang dikeluarkan oleh Taste Atlas pada tanggal 14 Februari 2023 melalui website resmi ‘World Tourism and Culinaru Alloy’ (tasteatlas.com) dan juga media sosialnya. 

Dessert Terbaik di Dunia 2023
Gambar: tasteatlas.com

Taste Atlas juga menyebut dalam unggahan resminya tersebut dikatakan bahwa:

Bukan termasuk pilihan yang paling sehat, tetapi sangat populer di hampir setiap masakan dan budaya.”

Pisang goreng meraih posisi pertama dari total 50 makanan (kudapan) gorengan dari berbagai negara di dunia, bahkan makanan tradisional Indonesia mengalahkan churros dari Spanyol pada peringkat ke-9, dan juga donat dari Amerika Serikat pada peringkat ke-18.

Dessert Terbaik di Dunia di Gerai Pisang Goreng Terdekat

Penasaran dengan kelezatan pisang goreng? Anda bisa mendapatkannya di gerai atau warung terdekat yang menjual pisang goreng. Selain itu, kebanyakan dari kita pasti menyangka bahwa pisang goreng adalah makanan asli Indonesia, ternyata bukan.

Baca juga: Roti goreng, sajian kue yang pernah viral.

Fadly Rahman, seorang sejarawan makanan yang juga Dosen Prodi Sejarah dan Filologi Universitas Padjajaran, menyampaikan, bahwa “Munculnya pisang goreng  berawal dari orang Portugis yang datang ke kawasan Melayu (Malaysia, Singapura dan Indonesia) sekitar abad ke-16 atau sekitar tahun 1511”.

Orang Portugis ini memiliki kebiasaan mengolah makanan dengan menggunakan terigu yang diambil dari bahasa Portugis, yaitu ‘trigo’. Tentu saja kebiasaan ini akhirnya diperkenalkan kepada masyarakat pribumi, dan semenjak saat itu pisang goreng menjadi suguhan dalam menjamu tamu.

Tentunya rasa pisang goreng dari bangsa Portugis sangat berbeda dengan rasa pisang goreng khas Indonesia, resep pisang goreng dari Portugis ini dibuat dengan cara tepung terigu dan berbagai bumbu tambahan dimasukkan bersama pisang yang sudah dikupas dan dipotong ukuran kecil-kecil untuk digoreng.

Dan dahulu, tidak semua pribumi bisa merasakan nikmatnya pisang goreng. Pisang goreng hanya diperuntukkan bagi kaum bangsawan dan para ningrat saja. Para pribumi dari rakyat jelata tidak diperkenankan menikmati pisang goreng, yang diperbolehkan adalah para pribumi dari kalangan bangsawan yang datang dari kalangan ningrat dan memiliki kedekatan dengan orang Eropa.

Kini semua golongan bisa menikmati sajian pisang goreng ini, bahkan para ibu di rumah bisa memasak pisang goreng dengan mudah di rumah. Semoga informasi tentang “pisang goreng dari Indonesia menjadi dessert terbaik di dunia” ini bermanfaat dan menjadi kebanggaan bagi kita karena kuliner yang dahulunya dianggap remeh kini menjadi kuliner naik kelas.

Belum ada Komentar untuk "Pisang Goreng dari Indonesia Menjadi Dessert Terbaik di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel