Medical Check Up, Terlihat Sepele Namun Sangat Penting Dilakukan

Menurut Anda, apa yang paling berharga di dunia ini? Apakah uang, kendaraan, rumah atau hobi yang mahal? Ada satu yang sangat penting hingga seseorang rela melakukan apa pun agar terhindar dari rasa sakit. Apa itu? Ya... kesehatan. Siapa yang mau sakit, siapa yang mau selang masuk di perut atau apa pun keadaannya. Untuk itu, di era orang yang sudah sadar akan pentingnya kesehatan, melakukan medical check up, terlihat sepele, namun sangat penting dilakukan agar tubuh selalu sehat dan terjaga.

medical-check-up
Ilustrasi (Gambar: asiliahealthcare.com)

Maka sangat pantans bila banyak orang yang mengatakan bahwa kesehatan merupakan harta yang sangat berharga dan tidak ternilai. Bahkan para aktivis HAM (Hak Asasi Mnausia) menyebutnya sebagai bagian dari hak asasi manusia.

Medical Check Up Adalah Cara Mudah Untuk Memantau Kesehatan Lebih Dini

Anda yang pernah merasakan sakit bahkan sampai diopname di rumah sakit, pasti akan mengatakan bahwa nikmat sehat baru terasa indah saat mengalami sakit. Oleh karena itu, jangan menganggap medical check up sebagai beban. 

Bahkan Muhammad Sulhi dalam tulisannya yang berjudul “Rutinitas Menyehatkan dan Menyenangkan” yang pernah dimuat dalam Majalah Intisari, menyampaikan bahwa Anda pasti akan melakukan apa saja untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat (kecuali menukar dengan nyawa). Hal ini disebabkan:

  1. Dalam keadaan sakit, deposito miliaran rupiah di bank tidak akan bisa dinikmati, makanan enak menjadi pantang dan aktivitas menjadi sangat terbatas.
  2. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa melawan penyakit (jika sudah terlanjur) menjadi sangat mahal harganya. Kalau dulu banyak orang jatuh miskin karena judi, namun sekarang makin banyak orang jatuh miskin karena penyakit, apalagi harga obat dan biaya perawatan di rumah sakit pun semakin mahal.

Maka patut diakui bahwa kesadaran untuk lebih memperhatikan kesadaran akan kesehatan dalam berbagai aspek kehidupan saat ini semakin terlihat, khususnya pada masyarakat perkotaan yang rentan terkena serangan penyakit fisik dan psikis.

Baca juga: Pap Smear, Cara Deteksi Dini dari Kanker Leher Rahim.

Mengubah pola hidup yang saat ini disebut dengan memulai “gaya hidup sehat” sudah mulai dilakukan. Hal ini terbukti dengan kesadaran penuh dengan mulai menghentikan rokok, mengurangi minum kopi (karena sulit bila harus berhenti sama sekali) dan juga mulai teliti dalam memilih makanan yang sehat.

Dan di sisi yang lain, banyak yang mulai memaksakan diri (dengan meluangkan sedikit waktu) untuk berolahraga, sesibuk apa pun aktivitas yang sedang dijalaninya.

Selain rutinitas yang menyehatkan seperti berolahraga, aktivitas yang menarik lainnya adalah secara berkala dengan mulai rajin melakukan medical check up, tentu saja hal ini dulu sangat jarang dilakukan.

Menjalani gaya hidup sehat saat ini sudah tidak bisa ditawar lagi, dan tentu saja hal ini harus diiringi dengan medical check up yang rutin.

Bila sudah tahu akan kondisi tubuh kita, maka rutinitas menyehatkan yang selama ini dilakukan akan menjadi terasa sangat menyenangkan. Hal ini pula menunjukkan bahwa gaya hidup sehat sebenarnya bukan beban, apabila dilakukaan dengan penuh kesadaran, termasuk melakukan medical check up secara berkala. Karena sama halnya dengan jodoh dan rezeki, penyakit itu bisa datang kapan saja, tidak ada yang bisa memastikan termasuk dokter, berapa lama Anda harus dirawat di rumah sakit dan juga berapa rupiah dana yang harus dikucurkan agar bisa sembuh secara total.

Melakukan Medical Check Up Terdekat  

Untuk melakukan medical check up terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Persiapan yang harus dilakukan pun tergantung dari jenis pemeriksaan apa yang akan dilakukan.

Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Peserta biasanya diwajibkan berpuasa (hanya boleh minum air putih) antara 10 sampai 12 jam sebelum pemeriksaan.
  2. Persiapkan jalur pembuangan, karena medical check up biasanya mensyaratkan sampel air seni, bahkan ada pula yang mensyaratkan tinja. Kalau perlu siapkan wadah sampel dari rumah.
  3. Wanita yang sedang haid tidak dianjurkan menjalani medical check up. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan minimal 5 hari setelah haid selesai.

Manfaat Medical Check Up

Saat ini dengan semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya kesehatan, khususnya pada kaum muda, sudah banyak yang memandang medical check up sebagai kebutuhan mendasar khususnya bagi mereka yang berisiko tinggi terserang beragam penyakit.

Terdapat beberapa manfaat medical check up, antara lain:

  1. Menangkap gejala dini sebuah penyakit.
  2. Mencegah munculnya penyakit baru.
  3. Mengetahui kondisi kesehatan secara umum.
  4. Bisa langsung dirujuk keahlinya bila terjadi masalah serius.

Itu sedikit informasi tentang “medical check up, terlihat sepele, namun sangat penting dilakukan”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Medical Check Up, Terlihat Sepele Namun Sangat Penting Dilakukan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel