Karnaval 17 Agustus Wujud Spirit Kemerdekaan

Ada apa dengan bulan Agustus? Yang pasti bulan Agustus adalah bulan dimana Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan. Dan setiap tanggal 17 Agustus dirayakan sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Banyak sekali kemeriahan yang dilakukan dalam menyambut ulang tahun negara kita, mulai diselenggarakannya lomba, hingga yang selalu ditunggu adalah kemeriahan karnaval yang dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat. Maka tidak salah kalau disebut “Karnaval 17 Agustus wujud spirit kemerdekaan”.

Beda dahulu beda sekarang, kalau dahulu acara karnaval dilakukan hanya di pusat kota, namun saat ini acara karnaval diperbolehkan diselenggarakan di daerah-daerah, selain sebagai ajang hiburan bagi masyarakat, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menunjukkan kekreativitasannya.

Karnaval 17 Agustus Wujud Spirit Kemerdekaan
Karnaval 17 Agustus

Karnaval 17 Agustus menjadi salah satu kegiatan perayaaan hari kemerdekaan Indonesia yang biasa dilakukan.

Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus Sebagai Wujud Pesta Rakyat

Ini yang menarik, selain menjadi hiburan, karnaval yang diselenggrakan di berbagai daerah seperti di desa yang diikuti seluruh anggota masyarakat desa yang dibagi per RT atau per RW atau bisa per dusun, membuat masyarakat bersemangat untuk mengikutinya.

Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus Sebagai Wujud Pesta Rakyat
Iring-iringan pawai karnaval

Karnaval ini juga menjadi sebuah pesta rakyat yang menghibur dan menyenangkan dengan menampilkan arak-arakan budaya nusantara yang merepresentasikan keragaman suku dan budaya tanah air.

Selain itu karnaval juga sebagai bentuk upaya dan spirit mengisi semangat kemerdekaan, agar semangat membela tanah air tidak pernah luntur.

Baca juga: Kampung Dinamo Surabaya, Riwayatmu Kini.

Bahkan di salah satu desa yang ada sebuah kabupaten di Jawa Tmur, menunjukkan kemeriahan yang ditunjukkan dua RT, meskipun sederhana namun sebagai salah satu peserta karnaval menampilkan replika sederhana yang menujukkan perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah.

Semangat para peserta karnaval

Bahkan dalam karnaval juga dimeriahkan dengan pawai budaya yang bertujuan untuk menghidupkan kembali budaya lokal yang sudah mulai luntur untuk dikenalkan kembali kepada masyarakat, khsususnya pada kaum muda.

Yang menarik adalah ajang karnaval ini juga menjadi momen yang berkesan salah satunya sebagai ajang silaturahmi antara warga sehingga selalu tercipta kerukunan antar warga desa.

Ide Kostum Karnaval 17 Agustus

Selain menggunakan kostum budaya Indonesia dan berbagai kostum perjuangan, tidak ada salahnya Anda memunculkan kostum yang menarik, antara lain:

1. Kostum Daur Ulang Plastik.

Kostum ini digunakan dengan tema yang menyangkut tema lingkungan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti mengkreasikan sampah daur ulang plastik atau kertas bekas menjadi pakaian adat, gaun cantik dan juga pakaian karnaval lainnya.

2. Kostum Budaya dan Kesenian 

Tema keberagaman dan budaya bisa menjadi salah satu ide dalam karnaval. Misalnya kostum kesenian yang dipadukan dengan seni budaya lokal.

Kostum budaya tradisional

3. Kostum Pahlawan

Kostum pahlawan yang digunakan pada jaman perang dengan pakaian khasnya, yaitu berwarna coklat atau warna krem bisa digunakan sehingga bisa menjadi ide menarik.

Para peserta karnaval antusias

4. Kostum Tema Lingkungan

Tema lingkungan menjadi ide yang mengemuka saat ini. Tema ini bisa dipadukan dengan tema daur ulang.

5. Kostum Budaya

Kostum budaya misalnya kostum penari tradisional bisa menjadi ide menarik untuk mengikuti karnaval. Bahkan ide bertemakan wayang juga menarik untuk digunakan dalam karnaval 17 Agustus.

Para peserta dengan ide kostum budaya

Manfaat dari Kegiatan Karnaval 17 Agustus

Kegiatan karnaval 17 Agustus ini tentu saja memberikan manfaat positif, diantaranya:

1. Sebagai sarana edukasi. 

Sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak tentang aneka budaya yang ada di Indonesia. Misalnya dari pakaian adat, rumah adat dan ragam pernak pernik dalam karnaval. Sehingga anak tahu dan melihat langsung keanekaragaman secara nyata dan dengan tampilan yang menarik. 

2. Sebagai sarana penyaluran kreatifitas.

Dengan kebebasan dalam berkreasi ternyata bisa disalurkan saat pelaksanaan karnaval.

3. Sebagai sarana silaturahmi.

Pertemuan di ajang menyenangkan ini bisa menjadi silaturahmi antara masyarakat, dan hal ini menjadi hal menarik dari dilaksanakannya karnaval.

4. Menumbukan rasa nasionalisme.

Karnaval ternyata bisa menumbuhkan dan memunculkan rasa kebangsaan dan rasa nasionalisme, hal ini terlihat dari kebanggaan dalam mengikuti acara karnaval.

Semoga informasi tentang “Karnaval 17 Agustus, wujud spirit kemerdekaan” ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Karnaval 17 Agustus Wujud Spirit Kemerdekaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel