Pinjaman Rekening Koran

Beberapa waktu lalu sudah sempat dibahas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis utama perbankan, yaitu dari sisi kredit. Terdapat berbagai macam jenis kredit, mulai dari kredit komersial, kerdit investasi dan berbagai jenis kredit lainnya. Kali ini yang dibahas adalah bagian atau produk dari kredit komersial, yaitu pinjaman rekening koran.

Pinjaman Rekening Koran adalah Pinjaman Revolving Jangka Pendek

Apa itu pinjaman rekening koran? Menurut Jopie Jusuf dalam bukunya “Panduan Dasar untuk Account Officer”, maka pinjaman rekening koran (PRK) merupakan pinjaman revolving jangka pendek (satu tahun) yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada bank dengan mempergunakan cek, bilyet giro atau alat perintah pembayaran lainnya.

Pinjaman Rekening Koran
Ilustrasi (Gambar: blomretail.com)

Pinjaman rekening koran tidak lain adalah rekening giro yang memperoleh pinjaman dengan tujuan untuk membiayai modal kerja (modal kerja atau working capital yang merupakan modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha sehari-hari agar bisa berjalan lancar).

Dalam praktiknya debitur akan diberikan plafon atau limit tertentu yang menunjukkan jumlah dana maksimum yang dapat ditarik. Penarikan dilakukan seperti penarikan rekening giro biasa, pada setiap penrikan dan juga mutasi debet lainnya, secara otomatis akan meningkatkan outstanding pinjaman.

Baca juga: Klasifikasi Kredit Berdasarkan Tujuan Penggunaan Dana.

Untuk pengembalian atas pinjaman dilakukan berdasarkan (sesuai dengan) cash flow dari usaha debitur. Caranya dengan melakukan penyetoran, baik melalui setoran tunai, kliring, pemindahbukuan, maupun nota kredit ke rekeningnya.

Penyetoran juga mutasi kredit-kredit lainya secara otomatis menurunkan outstanding pinjaman dan penarikan pada mutasi debet akan otomatis meningkatkan outstanding pinjaman.

Untuk perhitungan bunga dilakukan secar harian berdasarkan saldo akhir harian. Total bunga yang dibayar selama satu bulan akan di debet ke rekening pada tanggal tertentu. Umumnya adalah pada akhir bukan.

Rumus yang digunakan untuk menghitung bunga yang dibayar setiap hari, adalah:

Keterangan:

  • Bunga = Bunga pinjaman yang dibayar pada tanggal tertentu.
  • Saldo = saldo debet tanggal yang bersangkutan.
  • Rate = suku bunga pinjaman dalam persen per tahun.

Itu dia sedikit informasi tentang “pinjaman rekening koran”. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Pinjaman Rekening Koran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel