Tips Merangsang Penglihatan Bayi

Patut diketahui bahwa pada awalnya bayi hanya mampu melihat benda secara samar dalam jarak yang sangat dekat. Sehingga bisa jadi senyuman yang disampaikan si bayi bukan semata-mata ditujukan untuk Anda saja. Untuk itulah pada kesempatan akan disampaikan tentang tips merangsang penglihatan bayi.

Secara perlahan, bayi kemudian mulai bisa meihat garis-garis batas benda. misalnya bila Anda mendekatkan wajah padanya, maka si bayi bisa menangkap garis-garis tegas di wajah Anda, seperti batas antara rambut hitam dengan kulit wajah Anda.

tips-merangsang-penglihatan-bayi
Ilustrasi (Foto: babycenter.in)

Namun bukan berarti bayi Anda belum mengenal Anda. Sebagai orang yang paling dekat dengan bayi, Anda para bundalah yang pertama kali dikenalnya, hal ini bisa terlihat dari aroma tubuh dan juga suara Anda.

Cara Merangsang Indera Penglihatan Bayi

Menjelang usia satu bulan, bayi mulai senang memperhatikan dengan seksama wajah yang bergerak-gerak dan berbicara dihadapannya, meski tetap masih belum jelas benar. Maka berilah tanggapan pada yang dilakukan si bayi dengan mengajaknya berbicara

Menjelang usia dua bulan, indra penglihatan bayi semakin tajam, dan wajah Andalah yang menjadi objek pengamatan favoritnya. Selain itu, di usia 2 bulan, bayi tidak hanya mengenal warna hitam dan putih, tetapi juga pada warna lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Dot untuk Bayi.

Meskipun proses perkembangan indra penglihatan bayi umumnya berjalan secara alami, namun tidak ada salahnya bila Anda aktif merangsangnya. Rangsangan ini tidak hanya akan memicu proses perkembangan indra penglihatan, sehingga berjalan optimal, tetapi juga untuk mendeteksi seandainya terdapat gangguan dari fungsi indra penglihatan bayi.

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Menggantung mainan warna-warni yang bisa bergerak atau berputar serta memiliki alunan bunyi yang lembut di atas boks bayi. Perhatikan juga posisi meletakkannya, jangan sampai mengganggu wajah atau pandangan bayi
  • Meletakkan mainan lucu dengan warna cerah  di sudut boks bayi, dan juga perhatikan jangan sampai menggangu gerak tubuh bayi.
  • Berikan mainan berwarna merah yang bisa digenggam atau digerakkan bayi. Lebih menarik bila mainan itu bisa berbunyi gemerincing karena akan merangsang pendengarannya.
  • Berikan alas bermain berwara merah. Tengkurapkan bayi di alas bermainnya dan juga biarkan ia mengamati gambar-gambar yang ada di atas bermainnya itu.
  • Ajak bayi bermain sambil Anda menggerak-gerakkan mainan warna warni didekatnya. Arahkan mainan ke kanan lalu ke kiri. Perhatikan juga apakah bayi bisa mengikuti arah mainan yang Anda gerakkan tersebut.

Semoga sedikit catatan tentang tips merangsang penglihatan bayi ini bermanfaat bagi para bunda di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merangsang Penglihatan Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel