Tips agar Tidak Mudah Lupa

Pernahkah Anda sering merasakan lupa, sudah melakukan sesuatu namun serasa belum melakukan, makan misalnya? Kalau kadang-kadang, tentu lupa adalah masusiawi, namun kalau sudah menjadi kebiasaan, maka Anda perlu waspada. Tips agar tidak mudah lupa sengaja disampaikan pada kesempatan ini agar bisa mengingatkan dan memberi informasi tentang hal ini.

tips-agar-tidak-mudah-lupa
Ilustrasi (Gambar: liz-and-harvey.blogspot.com)

Kalau lupa sudah menjadi kebiasaan, maka dikhawatirkan ada yang bermasalah dengan kemampuan daya ingat. Oleh karena itu, terdapat cara untuk meningkatkan daya ingat dengan cara mengubah metode dalam membuat catatan.

Cara Mudah agar Tidak Menjadi Pelupa

Terdapat petunjuk praktis yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan daya ingat, yang pernah disampaikan oleh B.J. Susilo, dan pernah dimuat dalam Majalah Intisari Edisi No. 531, sebagai berikut:

  1. Bila ingin memasukkan sesuatu dalam ingtan, lakukan saat sedang istirahat. Jangan melakukannya saat lelah, karena semuanya akan kacau.
  2. Pecahlah daftar masalah yang akan diingat menjadi satuan-satuan atau kategori-kategori lebih kecil  sehingga lebih mudah dikelola dan dihafalkan.
  3. Lakukan kegiatan menghafal beberapa kali. Menuliskan bahan yang sedang dihafal juga sangat membantu.
  4. Sebelum menghafal hal baru, lakukanlah jeda beberapa saat. Tinjaulah kembali apa yang telah dihafalkan sebelumnya agar kokoh tertanam dalam ingatan.
  5. Susunlah gagasan yang akan diingat menjadi sebuah sistem perumusan atau kata-katan sandi yang akan membuat lebih mudah diingat.
  6. Gunakan waktu-waktu senggang, seperti saat menunggu ketemu dokter, untuk menghafal. Bawalah selalu kertas catatan untuk memudahkan Anda dalam mencari rujukan.

Baca juga: Tips Mengatasi Depresi Pada Anak.

Itu dia sedikit informasi dan tips agar tidak mudah lupa. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips agar Tidak Mudah Lupa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel