Tips Menghemat Uang dengan Menghemat Air

Judul kali ini sedikit unik, yaitu dengan tema berhemat, namun keunikannya terletak pada cara dalam berhemat, yaitu dengan ide tips menghemat uang dengan menghemat air. Memang seperti terkesan tidak penting, namun ternyata dengan hemat air ini merupakan bagian dari penghematan anggaran keluarga. Informasi tentang cara menghemat air juga sempat dibahas oleh Andy Indrayanto dari Bandung yang juga pernah dimuat di Majalah Intisari.

tips-menghemat-uang-dengan-menghemat-air
Ilustrasi (Gambar: rainharvest.co.za)

Kalau kebutuhan air dipasok dari sumur dengan menggunakan pompa air, maka penghematan air akan mengurangi biaya listrik. Kalau air dipasok oleh PDAM, maka nilai tagihan yang diterima akan lebih kecil.

Cara Menghemat Uang dengan Menghemat Air

Penasaran ingin menghemat air? Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  1. Mulai dari hal kecil tapi penting.
  2. Gunakan air bekas mencuci untuk mengerjakan hal lainnya,
  3. Optimalkan penggunaan mesin cuci.

Baca juga: Tips Mobil dengan “Hemat Bahan Bakar”.

1. Mulai dari hal kecil tapi penting.

Jangan membiarkan air tetap mengucur saat kita sedang menggosok gigi atau mencuci peralatan makan atau memasak. Buka keran hanya bila diperlukan, dan tutup kembali bila tidak digunakan. 

Untuk memcuci mobil, gunakan ember dan lap. Pengggunaan selang air justru menyulitkan pengontrolan penggunaan air.

2. Gunakan air bekas mencuci untuk mengerjakan hal lainnya,

Cara paling mudah, misalnya menggunakan air bekas membilas cucian untuk membersihkan kamar mandi; bagian kotor dari mobil seperti ban atau rumah rodanya; dan mengguyur kloset setelah buang air besar atau kecing.

3. Optimalkan penggunaan mesin cuci.

Bila terbiasa menggunakan mesin cuci, usahakan untuk mencuci baju dalam jumlah banyak sekaligus. Misalnya seminggu sekali.

Jika belum memiliki mesin cuci dan di kemudian hari membutuhkan, maka pilihlah mesin cuci dengan bukaan di atas. Mesin cuci dengan bukaan di depan relatif boros air.

Semoga sedikit informasi tentang tips menghemat uang dengan menghemat air ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghemat Uang dengan Menghemat Air"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel