Tips Mobil dengan “Hemat Bahan Bakar”

Setiap kendaraan pasti membutuhkan bahan bakar. Bahan bakar atau yang biasa disebut dengan BBM (Bahan Bakar Minyak) menjadi kebutuhan utama saat ini, apalagi 95% kendaraan di Indonesia kebanyakan masih menggunakan BBM. Begitu pula dengan penggunaan bahan bakar pada mobil, harus menjadi perhatian utama, selain harga per liternya semakin mahal, penggunaan dan pemakaian mobil secara sembrono akan membuat bahan bakar ini cepat habis. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan disampaikan tips mobil dengan hemat bahan bakar.

Sebenarnya mobil keluaran terbaru sudah banyak yang sudah memiliki teknologi eco-driving yang berfungsi untuk menghemat bahan bakar, namun untuk lebih menghemat penggunaan bahan bakar selain tambahan fitur eco-driving, terdapat hal yang menunjang agar bahan bakar menjadi hemat yaitu dengan cara menerapkan berkendara secara benar.

Tips Mobil dengan “Hemat Bahan Bakar”;Hemat Bahan Bakar Minyak, Trick Jitu Menghemat Uang;
Ilustrasi mengisi bahan bakar mobil (Sumber gambar: blog.tribunjualbeli.com)

Hemat Bahan Bakar Minyak, Trick Jitu Menghemat Uang

Sebenarnya Pemerintah sudah menggalakkan berbagai cara dan juga kebijakan untuk menghemat bahan bakar. Berbagai himbauan juga digalakkan, salah satunya dengan “Kampanye Hemat Energi”. Tentunya sebagai wujud kepedulian kita, kita harus mengapresiasi usaha pemerintah ini dengan cara yang kita bisa, salah satunya dengan melakukan cara seperti lebih care pada mobil dan cara berkendara yang baik.

Baca juga: Tips Mobil "Memeriksa Timing Belts".

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar sebagai solusi alternatif, yaitu dengan membawanya ke bengkel dan mengecheck beberapa komponen mobil, seperti:

  • Saringan udara. Saringan udara yang sudah rusak akan semakin memperbesar volume penggunaan bahan bakar.
  • Kinerja rem. Rem menjadi salah satu part yang harus diperhatikan, karena jika rem terganggu, maka hal ini akan memaksa mesin untuk bekerja lebih keras.
  • Kopling. Menyetel kopling dengan tepat akan berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Penyetelan yang salah akan membuat kopling tidak mengangkat tenaga secara sempurna.
  • Karburator. Mengganti karburator secara rutin akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Karburator yang sudah lama bisa mengakibatkan karat dan membuat penyumbatan pada saluran udara.

Selain cara-cara tersebut di atas, terdapat hal lain yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Isilah bahan bakar pada malam hari. Bahan bakar adalah salah satu zat yang mudah menguap, karena itu sangat disarankan mengisi BBM pada malam hari, karena penguapan relatif lebih kecil.
  • Selalu mengechek isi tangki mobil Anda. Hal ini disebabkan tangki yang hampir kosong sangat berpotensi menimbulkan penguapan, bila hal ini terjadi, bensin yang tercampur akan berkurang kualitasnya.
  • Mengemudi dengan cara yang benar dan baik. Mengemudilah dengan tertib dan sopan, seperti dengan tidak memainkan gas dan selalu mengemudikan mobil dengan batas kecepatan yang wajar. 

Semoga tips mobil dengan hemat bahan bakar diatas bermanfaat, dan menjadikan mobil yang selalu Anda kendarai lebih hemat bahan bakar.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mobil dengan “Hemat Bahan Bakar”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel