Antioksidan

Apa itu antioksidan yang sering digembar-gemborkan banyak orang? Tentu saja menjadi tua dengan kondisi tubuh prima dan tetap tampil sehat menarik adalah dambaan setiap orang, Kondisi tersebut tidak akan tercapai begitu saja tanpa tindakan dan usaha sejak dini. Namun sayang proses penuaan ini baru disadari setelah tubuh mengalami perubahan fisik. Dan yang menyedihkan berbagai upaya yang dilakukan seolah tidak membuahkan hasil.

Menjadi tua memang tidak bisa dihindari, tetapi memperlambat timbulnya penuaan bisa diusahakan mulai dari sekarang.

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama timbulnya penuaan. Yang sial, radikal bebas ini tersebar di lingkungan tempat kita kita hidup, misalnya udara yang terpolusi oleh asap kendaraan bermotor, asap rokok, air yang terpolusi, radiasi sinar ultraviolet dari sinar maahari dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Antioksidan
Ilustrasi (Gambar: goqii.com)

Radikan bebas merupakan atom atau molekul yang sifatnya sangat tidak stabil dan sangat reaktif, serta merusak jaringan. Senyawa radikal bebas ini bisa terbentuk akibat dari proses kimia yang terjadi di dalam tubuh, seperti proses oksidasi, metabolisme sel, olahraga berlebihan, dan juga peradangan atau bisa juga akibat polusi lingkungan.

Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab berbagai penyakit, seperti pengerasan pembuluh darah, jantung koroner, stroke, kanker, dan juga penuaan dini.

Antioksidan dan Perannya

Untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan juga meredam dari dampak negatif dari senyawa ini, maka tubuh memerlukan antioksidan. Antioksidan terdiri dari betakaroten, vitamin E, vitamin C, zinc dan selenium.

Secara alamiah beta karoten banyak terdapat pada wortel, apricot, peach, bayam, brokoli, asparagus. Vitamin E banyak terdapat pada biji-bijian, ikan, daging, serta sayur dan buah-buahan.

Baca juga: Serat yang Diremehkan, tetapi Dibutuhkan.

Sumber alamiah vitamin C adalah jeruk, lemon, stroberi, melon, brokoli, kembang kol, dan sayuran berwarna hijau lainnya.

Selenium dan zinc banyak terdapat dalam kerang dan daging, serta kacang-kacangan. Memang benar alam sudah menyediakan antioksidan, namun sayang antioksidan alamiah tersebut belum dalam satu kesatuan antioksidan yang lengkap. Padahal untuk melindungi dari serangan radikal bebas dibutuhkan antioksidan yang lengkap. Untuk itu kunjungi dokter kepercayaan Anda untuk bisa mendapatkan informasi tentang antikosidan ini.

Semoga sedikit informasi tentang antioksidan ini bermanfaat bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Antioksidan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel