Mengenal RTGS

Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan perbankan adalah hal yang penting, khususnya Anda yang berbisnis dan tidak lepas dengan berbagai sarana perbankan, RTGS salah satunya. Untuk itulah kali ini akan disampaikan tentang mengenal RTGS.

RTGS adalah Sistem Transfer Dana Elektronik

Mengambil istilah yang disampaikan Jopie Jusuf dalam bukunya “Panduan Dasar untuk Account Officer”, maka RTGS atau yang disebut dengan Sistem Bank Indonesia (Real Time Gross Settlement) atau sering juga disebut dengan Sistem BI-RTGS atau disingkat RTGS merupakan suatu sistem tranfer dana elektronik antar Peserta dalam mata uang Rupiah yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara individual.

Mengenal RTGS
Ilustrasi (Gambar: uptobrain.com)

RTGS ini juga ditetapkan dalam Peraturan Bank Indonesia No. 6/8/PBI/2004 tentang Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement.

RTGS ini tidak lain adalah transfer dana antar bank dalam satu wilayah kliring secara real time (seketika) dan on line (terkoneksi secara terus menerus melalui komputer).

Baca juga: Transfer Sebagai Salah Satu Jasa Perbankan.

Seperti disampaikan sebelumnya, maka pada proses kliring biasa, maka bank akan menerbitkan nota kredit untuk bank lain bila ingin mengirim dana. Nota ini pun dibawa secara fisik oleh petugas untuk diserahkan kepada bank tujuan.

Proses penyelesaian transaksi ini membutuhkan waktu kira-kira satu hari. Sehingga penerima dana (nasabah) baru dapat menikmati dana pada keesokan harinya.

Pada RTGS maka semua hal tersebut dilakukan melalui jaringan komputer yang terkoneksi ke RTGS Central Computer (RCC) yang terdapat di Bank Indonesia.

Dalam hal ini, bank pengirim cukup memasukkan data lewat RTGS terminal yang ada di bank yang bersangkutan. Begitu tombol eksekusi ditekan, maka perintah pengiriman dana tersebut akan dikirim secara elektronik ke RCC untuk diproses. Hanya dalam waktu sebentar, bank penrima sudah menerima dana, dan nasabah bisa langsung menerima manfaatnya.

Itu dia sedikit informasi tentang “mengenal RTGS”. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal RTGS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel